PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PELESTARIAN HUTAN MANGROVE (Studi Kasus Hutan Mangrove Desa Langge Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara)

Dahlan Podungge, Irwan Bempah, Yuriko Boekoesoe

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui tingkat partisipasi masyarakat dalam pelestarian hutan mangrove di Desa Langge Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara. Analisis data yang digunakan adalah skala likert. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Partisipasi masyarakat yang terbagi atas 4 indikator diantaranya meliputi partisipasi penanaman, partisipasi pemanfaatan hutan mangrove, partisipasi pelestarian, serta partisipasi kegiatan penyuluhan dan pelatihan. Total persentase untuk keempat indikator tersebut yaitu sebesar 73, 4% atau dalam  kategori Setuju. Artinya sebagian besar masyarakat memiliki tanggapan setuju untuk berpartisipasi dalam pelestarian hutan mangrove yang ada di desa Langge. Kegiatan penanaman hutan mangrove sangat penting bagi masyarakat karena mangrove dapat menahan air pasang, mangrove juga dapat dijadikan ekowisata yang bermanfaat bagimasyarakat karena dapat menghasilkan pendapatan masyarakat setempat serta dapat dijadikan tambak ikan sehingga mangrove harus dijaga dengan baik. Dan dukungan pemerintah juga sangat perlu bagimasyarakat seperti diadakannyan kegiatan program pembinaan dan sosialisasi agar masyarakat lebih paham tentang manfaat hutan mangrove sehingga mereka dapat melestarikan hutan mangrove dengan baik.


Keywords


Partisipasi Masyarakat, Pelestarian, Hutan Mangrove

References


Badan Pusat Statistik Provinsi Gorontalo.2016.

Banita, Dian. 2013. Analisis ketersediaan Pangan Pokok dan Pola Konsumsi Pada Rumah Tangga Petani Di Kabupaten Wonorigo. Skripsi. Fakultas Pertanian Universitas Selebes Maret Surakarta, Surakarta

Dahuri, R, J. Rais, Sp. Ginting, M. Sitepu. 2001. PengelolaanSumberdayaPesisir Dan LautanSecaraTerpadu. (Jakarta: Pradya Publishing).

Isbandi R. A. 2007. Perencanaan Partisipasi Berbasis Aset Komunitas: Dari Pemikiran Menuju Penerapan. (Depok: Fisip Ui Press).

Peraturan Menteri Kehutanan Republik Indonesia Nomor: P.9/Menhut-Ii/2013 Tentang Tata Cara Pelaksanaan, Kegiatan Pendukung Dan Pemberian Insentif Kegiatan Rehabilitasi Hutan Dan Lahan.

Sugiarto. 2003. Teknik Sampling. Penerbit Gramedia Pusataka Utama. Jakarta Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2012 Tentang Pangan.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Suryanto. 2018. Persepsi Dan Partisipasi Masyarakat Dalam Pelestarian Hutan Mangrove (Studi Di Desa Margasari Kecamatan Labuhan Maringgai Kabupaten Lampung Timur). Skripsi. Fakultas IlmuSosial Dan Ilmu Politik Universitas Lampung, Bandar Lampung.

Yuliani, Shahiba dan Nova Scorviana Herminasari. 2017. Partisipasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Hutan Mangrove Di Desa Segarajaya, Kecamatan Tarumajaya Kabupaten Bekasi. Jurnal Green Growth Dan Manajemen Lingkungan. Volume 6 – No. 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.