ANALISIS PENDAPATAN PETANI PENGGARAP USAHATANI JAGUNG DESA POTANGA KECAMATAN BOTUMOITO KABUPATEN BOALEMO

Febrianti Tambio, Mahludin H Baruwadi, Amir Halid

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Mengetahui Sistem Bagi hasil yang diperoleh Petani Penggarap pada usahatani jagung di Desa Potanga Kecamatan Botumoito Kabupaten Boalemo, 2) Mengetahui  tingkat pendapatan petani penggarap usahatani jagung di Desa Potanga Kecamatan Botumoito Kabupaten Boalemo, dengan menggunakan Metode Survei. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April-Juni 2020.  Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis usahatani yakni Keuntungan (π), Total Penerimaan (TR), Total Biaya (TC). Hasil penelitian ini adalah 1) Sistem bagi hasil Usahatani Jagung di Desa Potanga terbagi menjadi dua sistem, pertama 1/3  untuk petani pemilik adalah 2/3 dari hasil keseluruhan dan sistem bagi hasil kedua yaitu 1/4  untuk pemilik dan 3/4 untuk petani penggarap lahan . Sistem bagi hasil ini terjadi karena adanya factor yang mendasari antara petani pemilik lahan dengan petani penggarap lahan. 2) Rata-rata Pendapatan Usahatani jagung petani penggarap di Desa Potanga Kecamatan Botumoito Kabupaten Boalemo cukup Perspektif.


Keywords


Biaya, Pendapatan, Sistem Bagi Hasil

References


Badan Pusat Statistik. 2013-2018. Provinsi Gorontalo dalam Angka. Provinsi Gorontalo

Baruwadi., Fitri Hadi Yulia Akib, dan Yanti Saleh. 2019. Alokasi Waktu Kerja. Dalam Aspek Pada Model Ekonomi Rumah Tangga Petani Jagung. UNG Press Gorontalo.

BP3K Kecamatan Botumoito, 2019 Kabupaten Boalemo

Irmayanti. 2010. Sistem Bagi Hasil antara Pemilik Lahan dengan Petani Penggarap Usahatani Lahan Sawah di Desa Bontotallasa, Kecamatan Simbang, Kabupaten Maros. Skripsi. Fakultas Pertanian Universitas Hasanudin.

Isyanto, AY. 2012. Faktor-faktor yang Berpengaruh Terhadap Produksi Pada Usahatani Padi di Kabupaten Ciamis. Jurnal CAKRAWALA GALUH Vol. I. No. 8. Maret 2012. Pertanian Universitas Galuh.

Suratiyah. 2008. Ilmu Usahatani. Penebar Swadaya. Jakarta

Wibowo, Larasati, 2012. Analisis Efisiensi Alokatif Faktor-faktor Produksi dan Pendapatan Usahatani Padi Di Desa Sumbirejo Kecamatan Saradan Kabupaten Madiun. Skripsi : Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya.

Yuliana Bakari , 2019 Analisis Karakteristik Biaya Dan Pendapatan Usahatani Padi Sawah (Studi Kasus di Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo). Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian. Vol 15. No 3 Hal 265-277.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.