STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA SAMBAL ROA DI UKM FLAMBOYAN KOTA GORONTALO

Nahriyati Usman, Amir Halid, Irwan Bempah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal pada pengembangan usaha sambal Roa di UKM Flamboyan Kota Gorontalo dan menyusun strategi pengembangan usaha sambal Roa di UKM Flamboyan kota Gorontalo. Penelitian ini dilaksanakan di UKM Flamboyan di Kelurahan Moodu, Kecamatan Kota Timur, Kota Gorontalo dari bulan September-Oktober 2019. Penelitian ini menggunakan analisis SWOT (strengths. weaknesses, opportunities, threats). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan : (1) Faktor Internal meliputi: Kekuatan yang ada di UKM Flamboyan yaitu 1) memiliki pelanggan tetap, 2) lokasi usaha strategis, 3) Promosi online 4) kualitas produk. Kelemahan di UKM Flamboyan diantaranya: 1) Kurangnya stok bahan baku, 2) Kurangnya jumlah tenaga kerja, 3) Pencatatan keuangan masih manual. Faktor terdiri dari peluang dan ancaman. Peluang yang dimiliki diantaranya 1) Permintaan cenderung meningkat 2) Kebijakan pemerintah mendukung UKM Flamboyan 3) Perkembangan teknologi informasi 4) Hubungan yang baik dengan distributor. Ancaman yang dimiliki diantaranya 1) Adanya pendatang baru, 2) Selera Konsumen berubah, 3) Kenaikan harga bahan baku dan bahan pelengkap/pendukung 4) Persaingan antar UKM. (2) Strategi pengembangan usaha sambal Roa di UKM Flamboyan yaitu berada pada kuadran I mendukung strategi agresif atau S-O 1) Mempertahankan kualitas dan rasa produk sambal Roa dengan menangkap peluang permintaan yang cenderung meningkat. 2) Mempertahankan strategi promosi saat ini yang memanfaatkan media internet internet dan memanfaatkan peluang promosi yang bisa dilakukan dengan mengikuti pameran yang diadakan oleh pemerintah agar produk lebih dikenal oleh konsumen.

Keywords


Strategi Pengembangan, Sambal Roa, Analisis Swot

References


Abduh, T. 2017. Strategi Internasionalisasi UMKM. Makassar: CV Sah Media.

David F. R. 2009. Strategic Management: Concepts (Dono Sunardi. Pentj.). Jakarta: PT. Salemba Empat.

Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan. 2017. Jumlah UMKM di Provinsi Gorontalo. Gorontalo. Koperindag UMKM. Provinsi Gorontalo

Frisdiantara, C dan I. Mukhklis. 2016. Ekonomi Pembangunan Sebuah Kajian Teoritis Dan Empiris. Malang: Universitas Kanjuruhan Malang.

Hunger, J.D, Dan Thomas, I., Whleen, 2003. Manajemen Strategis. Erlangga. Jakarta

Malinda, H. 2017. Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Ukm Guna Meningkatkan Pendapatan Karyawan Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Usaha Bakso Ikan Cahaya Bahari Desa Linggar Jati Kecamatan Merbau Mataram Kabupaten Lampung Selatan).




DOI: https://doi.org/10.37046/agr.v5i2.11916

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis (P-ISSN: 2597-7075, E-ISSN: 2541-6847) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS