ANALISIS PENDAPATAN USAHATANI CENGKEH DI DESA ILOHELUMA KECAMATAN POSIGADAN KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW SELATAN

Aril Mooduto, Yuriko Boekoesoe, Yuliana Bakari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) biaya usahatani cengkeh di Desa Iloheluma Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. 2) Menghitung biaya Penerimaan dan Pendapatan usahatani cengkeh di Desa Iloheluma Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Penilitian dilaksanakan di Desa Iloheluma Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selataan diawali pada bulan juli tahun 2020 sampai bulan september 2020. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode survey dimana pengumpulan data empiris melalui kuesioner, interview dan observasi. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini menerapkan simpel random dimana untuk penarikan sample dalam populasi dilakukan secara random atau acak sederhana tanpa harus memerhatikan strata yang terdapat pada populasi itu sendiri. Data primer dan data sekunder merupakan jenis data yang digunakan dalam penelitian. Data di analisis dengan menggunakan analisis pendapatan analisis deskriptif Hasil dari penelitian ini menunjukan biaya-biaya pada usahatani cengkeh di Desa Iloheluma Meliputi biaya tetap dan biaya variabel. Adapun untuk jenis biaya terdiri dari pajak lahan dan penyusutan alat, dengan total biaya tetap rata-rata /petani sebesar Rp. 67.905 sedangkan untuk biaya variable terdiri dari biaya obat-obatan dan biaya tenaga kerja luar keluarga dengan total biaya variabel rata-rata/petani yaitu sebesar  Rp. 26.671.670. Untuk jumlah pendaptan yang diperoleh petani cengkeh di Desa Iloheluma  rata-rata/petani sebesar Rp.44.782.206.


Keywords


Biaya, Penerimaan, Pendapatan,, Usahatani Cengkeh

References


Ahmadi, A., Uhbiyati, N. 2001. Ilmu Pendidikan. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Badan Pusat StatistikProvinsi Gorontalo. 2018.

Abas H, A. Murtisari , Y Boekoesoe. 2018. Analisis Efisiensi Usahatani Padi Sawah Dengan Penerapan Sistem Di Desa Iloheluma Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Jurnal Agrenesia, Vol. 2 No. 2 : 124

Aulia A.N. 2008. Analisis Pendapatan Usahatani Padi dan Kelayakan Usahatani Vanili Pada Ketinggian Lahan 350-800 m dpl di Kabupaten Tasikmalaya (Studi Kasus Desa Cibongas, Kecamatan Pancatengah, kabupaten Tasikmalaya). Skripsi. Program Study Ekonomi Pertanian Sumberdaya Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor.

BPS Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, 2018. Laporan Hasil Sensus Pertanian 2018, Badan Pusat Statistik.

Dolo K, Nangameka Y. 2015. Analisa Produksi dana Pendapatan Usahatani Cengkeh dan Kontribusinya Terhadap Pendpatan Keluarga Petani di aDesa Takatungan Kecamatan aGelewa Kabupaten Ngada Nusa Tenggara Timur. Jurnala Agri Bios aISSN : 0215 – 0637 Volume 16, Nomor 1.

Lamusu, Fitriyanti. 2015. Analisis Produktivitas dan Pengaruh Luas Lahan Terhadap Pendapatan Usahatani Kelapa di Desa Libungo Kecamatan Suwawa Selatan Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Jurusan Agribisnis Fakultas Ilmu-ilmu Pertanian Universitas Negeri Gorontalo.

Malahika, Yeri. 2017. Kontribusi Usahatani Jagung aTerhadap aPendapatan Rumah Tanggaa di Desaa Momalia 1 Kecamatan Posigadan aKabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Skripsi. Fakultas Pertanian Universitas Negeri Gorontalo.

Masruroh, A. 2015. Kontribusi Usahatani Tembakau Terhadap Pendapatan Rumah Tangga di Desa Salamrejo Kecamatan Selopampang Kabupaten Temanggung Jawa Tengah. Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Nurdjannah, N. 2007. Diversifikasi Penggunaan Cengkeh, Bogor: Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pasca Panen Pertanian Indonesian Center for Agricultural Postharvest Research and Development.

Porajouw, Oktavianu., Risky Mirah. (2011). Pendapatan Usahatani Kacang Tanah di Desa Kanonang Kecamatan Kawangkoan. Jurnal. Pendapatan Usahatani. Volume 7- No 2. Sulawesi Tengah

Shinta, Agustina. 2011 Ilmu Usahatani. Universitas Brawijaya Press. Malang

Sridianti, Adi. 2016. Analisis Pendapatan Petani Tomat di Desa Kanreapia Kecamatan Tombolo Pao Kabupaten Gowa. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin.

Suparman, Nurhasanah, Papuangan N. 2017 Analisis Pengelompokan Varietas Cengkeh (Syzygiumaromaticum (L.) Merrill & Perry) Berdasarkan Kemiripan Morfomotrik di Pulau Ternate. Jurnal Biologi & Pembelajarannya, Vol.4, No.2, Oktober 2017, pp. 41-52 e-ISSN: 2406 – 8659.

Suratiyah, K. Ilmu Usaha Tani. Jakarta: Penebar Swadaya 2015. h.8.




DOI: https://doi.org/10.37046/agr.v5i2.11944

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis (P-ISSN: 2597-7075, E-ISSN: 2541-6847) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS