STRATEGI PENGEMBANGAN AGRIBISNIS BUAH NAGA MERAH DI DESA BANUROJA KECAMATAN RANDANGAN KABUPATEN POHUWATO

Fitri Nur Hasanah, Yanti Saleh, Yuliana Bakari

Abstract


Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengidentifikasi faktor-faktor internal dan eksternal pengembangan agribisnis buah naga merah di Desa Banuroja Kecamatan Randangan Kabupaten Pohuwato, 2) Untuk mengetahui strategi pengembangan agribisnis buah naga merah di Desa Banuroja Kecamatan Randangan Kabupaten Pohuwato. Penelitian dilakukan di Provinsi Gorontalo, yaitu  Desa Banuroja Kecamatan Randangan Kabupaten Pohuwato. dari bulan Maret sampai April dengan sampel 50 orang. Metode yang digunakan adalah metode survey yaitu pengumpulan data berdasarkan wawancara dan observasi dengan menggunakan analisis SWOT. Jenis dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukan 1) Pada kondisi Internal kekuatan paling besar Pengembangan agribisnis buah naga merah yang bias meningkatkan pendapatan petani adalah petani mudah dalam pemanenan buah naga, sedangkan kelemahan paling besar adalah modal dalam usahatani buah naga terbatas. Sementara itu pada kondisi Eksternal peluang paling besar Pengembangan agribisnis buah naga merah yang bias meningkatkan pendapatan petani adalah tersedianya pupuk organik dan ancaman yang paling besar adalah sering terjadi hama atau penyakit yang mengganggu pembudidayaan tanaman buah naga merah. 2)  Menggunakan pengalaman sebagai mencegah hama dan penyakit, Meningkatkan pelatihan atau penyuluh agribisnis buah naga yang bertujuan untuk menghadapi pesaing, Melakukan demplot dengan memanfaatkan hasil produk buah naga kualitas besar untuk menarik perhatian pemerintah.

Keywords


Buah Naga, Strategi Agribisnis, Analisis SWOT

References


Mangopo, H.Saiful. Darman, dan Hadayani. 2016. Strategi Pengembangan Agribisnis Jambu Mete Di Kecamatan Bulagi Kabupaten Banggai Kepulauan. Fakultas Pertanian, Universitas Tadulako.

Muhammad, M. 2018. Analisis SWOT sebagai Strategi Pengembangan Usahatani Buah Naga Merah (Hylocereus costaricensis) Kecamatan Wasile Timur Kabupaten Halmahera Timur. Jurnal. Universitas Muhammadiyah Maluku Utara, Indonesia.

Rivai. 2001. Ilmu Usahatani. Jurnal Jakarta: Erlangga.

Muhammad. 2012. Manajemen Agribisnis. Jurnal Jakarta: Bumi Aksara

Sihaloho,T. M. 2009. Strategi Pengembangan Agribisnis Kopi Di Kabupaten Humbang Hasundutan Sumatra Utara. Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Universitas Pertanian Bogor.




DOI: https://doi.org/10.37046/agr.v5i2.11946

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis (P-ISSN: 2597-7075, E-ISSN: 2541-6847) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS