PERAN PENYULUH PERTANIAN TERHADAP MENINGKATKAN PARTISIPASI PETANI DI DESA ILOMANGGA KECAMATAN TABONGO

Angela Apriliany Abdullah, Dwi Rahmawati, Muhammad Abrar Panigoro, Rafiq Ramdan Syukur, Jihan Khali

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara peran penyuluh dengan partisipasi petani pada kelompok tani padi sawah. Penyuluh mentransfer inovasi teknologi pertanian kepada kelompok tani melalui komunikasi yang efektif dan efisien. Peran penyuluh yang digunakan dalam penelitian ini adalah penyuluh sebagai motivator, inovator, fasilitator dan komunikator. Penelitian ini dilakukan pada kelompok tani Suka Makmur di Desa Ilomangga Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo. Adapun waktu penelitian pada bulan Mei 2021 – Juni 2021, dengan sampel 5 anggota kelompok tani. Metode penelitian yang digunakan adalah metode angket (kuesioner), analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran penyuluh sebagai motivator, inovator, fasilitator dan komunikator sudah termasuk dalam kategori cukup peran penyuluh dalam proses peningkatan partisipasi petani dalam kelompok sejahtera. Peran penyuluh sebagai motivator dan komunikator masih kurang sehingga perlu ditingkatkan lagi karena tugas dan peran penyuluh tidak hanya sebagai inovator dan penyuluh. fasilitator tetapi juga sebagai inovator dan memberikan motivasi dan informasi yang dibutuhkan petani agar petani bisa lebih mandiri.

Keywords


Peran penyuluh, Partisipasi petani, Penyuluh pertanian, Kelompok tani

References


Suryana, N. K., & Ningsih, D. S. (2018). Peran Penyuluh Pertanian Dalam Pemberdayaan Kelompok Tani (Studi Kasus Kelompok Tani Subur Di Desa Karang Agung Kabupaten Bulungan). Jurnal Borneo Humaniora, 1(1), 01-06.

Bahua, M. I. (2016). Kinerja Penyuluh Pertanian. Deepublish.

Hutajulu, M. (2017).Pengaruh Peran Penyuluh Pertanian Terhadap Tingkat Partisipasi Petani Sayuran Organik Di P4s Tranggulasi, Selongisor Desa Batur, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Doctoral Dissertation, Ps S1 Agribisnis Departemen Pertanian Fakultas Peternakan Dan Pertanian).

Kementerian Pertanian RI. 2007. Peraturan Menteri Pertanian Nomor :273/ Kpts/ Ot.160/4/2007 Tentang Pedoman Pembinaan Kelembagaan Petani. Diunduh pada tanggal 2 Juni 2021

Pertanian, D. (2007). Prospek dan Arah Pengembangan Agribisnis Bawang Merah. Deptan. Jakarta.

Deptan, 2007:56. Fungsi kelompok tani. Bumi Aksara, Jakarta

Rogers, E,M, Shoemaker. 1995. Diffusions Of Innovations Forth Edition. Tree Press. New York.

Kartasapoetra, A.G. 1991. Teknologi Penyuluhan Pertanian. Bumi Aksara. Jakarta

Media Penyuluhan Pertanian. Agronomi pertanian. blogspot.co.id. Diakses pada tanggal 2 Juni 2021

Yuhana Ida, 2008. Dasar-Dasar Komunikasi: Bahan kuliah. IPB.

Saparini, Dewi. "Pengaruh Penyuluhan Tentang Hipertensi Terhadap Tingkat Kecukupan kalium, Natrium, Cairandan Tekanan Darah pada Penderita Hipertensi Peserta Prolanis Bina Sehat Di Puskesmas Pringsurat Kabupaten Temanggung." PhD diss., Muhammadiyah University of Semarang, 2017.

Rusdiana, Aip, Dedi Herdiansah Sujaya, and Tito Hardiyanto. "Partisipasi Petani dalam Kegiatan Kelompok tani (Studi Kasus pada Kelompok tani Irmas Jaya di Desa Karyamukti Kecamatan Pataruman Kota Banjar)." Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh 2, no. 2 (2017): 75-80.

Simanjuntak, O. V., Subejo, S., &Witjaksono, R. (2016). Partisipasi petani dalam program gerakan penerapan pengelolaan tanaman terpadu padi di Kecamatan Kalasan Kabupaten Sleman. Agro Ekonomi, 27(1), 20-37.




DOI: https://doi.org/10.37046/agr.v5i2.11951

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis (P-ISSN: 2597-7075, E-ISSN: 2541-6847) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS