ANALISIS EFISIENSI USAHATANI JAGUNG DI DESA BONGOTUA KECAMATAN PAGUYAMAN

Fitriyanti Pioke, Ria Indriani, Yuriko Boekoesoe

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis pengaruh penggunaan faktor produksi pada usahatani jagung di Desa Bongotua. Penelitian ini dilakukan di Desa Bongotua Kecamatan Paguyaman pada bulan Oktober sampai Desember 2020 dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 56 orang. Metode penelitian ini menggunakan analisis fungsi produksi cobb douglas. Hasil penelitian menunjukan berdasarkan analisis menggunakan fungsi produksi cobb douglas diperoleh hasil uji F hitung lebih besar dari f tabel yaitu 50.270 > 2.40 dan diperoleh nilai signifikan 0.000 < 0.05, yang berarti bahwa variabel dependen (Luas Lahan, Benih, Pupuk, Pestisida dan Tenaga Kerja) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap hasil produksi jagung. Sedangkan hasil uji t menunjukan pupuk dan tenaga kerja perpengaruh nyata terhadap hasil produksi jagung sedangkan faktor produksi luas lahan, benih dan pestiaida tidak berpengaruh secara nyata. Berdasarkan hasil perhitungan pada program SPSS diperoleh nilai koefisien determinasi  yaitu 0.892 yang menunjukan bahwa pengaruh luas lahan, benih, pupuk, pestisida dan tenaga kerja adalah sebesar 89,2 % . nilai tersebut menunjukan bahwa variabel dependent dapat dijelaskan oleh variabel independent. Sedangkan sisanya 10,8 % di jelaskan oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam model persamaan regresi pada penelitian ini.

Keywords


Fungsi, Jagung, Produksi, Usahatani

References


Azrai Muhammad dkk. 2018. Teknologi Produksi Benih Jagung Hibrida. Jakarta: IAARD Press.

Badan Pusat Statistik Provinsi Gorontalo. 2019.

Dinas Pertanian Kabupaten Boalemo. 2019. Produksi Jagung. Kabupaten Boalemo

Kasryono, dkk. 2007. Gambaran Umum Ekonomi Jagung Indonesia. Pusat Penelitian dan Pengembangan tanaman pangan,

Bogor.

Rifni Mobi. 2016. “Analisis Efisiensi Penggunaan input produksi pada usahatani padi sawah dan pengaruhnya terhadap pendapatan petani. Skripsi. Fakultas pertanian. Universitas Negeri Gorontalo.

Rukmana, R. 2011. Usahatani Jagung. Kasinus. Yogyakarta.

Sriyadi. 2014. Resiko Usahatani. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Masyarakat.

Suratiyah, K. 2015. Ilmu Usahatani edisi revisi. Penebar Swadaya. Jakarta.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta : Bandung.

Sukirno Sudono. 2016. Mikro Ekonomi Teori Pengantar. Rajawali Pers. Jakarta.

Soekartawi. 2002. Teori Ekonomi Produksi dalam Bahasannya Analisis Fungsi Produski Cobb Douglass. Jakarta. PT. Raja Grafindo.

Suwahyono Untung. 2013. Membuat Biopestisida. Penebar Swadaya. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.37046/agr.v5i3.12273

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis (P-ISSN: 2597-7075, E-ISSN: 2541-6847) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS