DAMPAK PERKEBUNAN TEBU PADA PENDAPATAN RUMAH TANGGA PETANI PADI SAWAH DI KECAMATAN TOLANGOHULA KABUPATEN GORONTALO

Riwan Saputri Itani, Mahludin H Baruwadi, Ria Indriani

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah 1) Menganalisis pendapatan rumah tangga petani padi sawah di Kecamatan Tolangohula Kabupaten Gorontalo, 2) Mengetahui dampak perkebunan tebu pada pendapatan rumah tangga petani padi sawah di Kecamatan Tolangohula Kabupaten Gorontalo, dengan menggunakan Metode Survei. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli-September 2020. Analisis data yang digunakan adalah analisis pendapatan rumah tangga dan analisis deskriptif kuantitatif untuk menjelaskan dampak perkebunan tebu pada pendapatan rumah tangga petani padi sawah di Kecamatan Tolangohula, Kabupaten Gorontalo. Hasil penelitian menunjukkan: 1.) rata-rata pendapatan rumah tangga di Desa Sukamakmur Utara pendapatan yang berasal usahatani padi sawah sebesar Rp. 22.820.380/tahun, pendapatan dari luar usahatani padi sawah yang diperoleh dari buruh tani perkebunan tebu sebesar Rp. 4.710.588/tahun, dan pendapatan dari luar sektor pertanian sebesar Rp. 3.832.941. dan di Desa Bina Jaya yang berasal dari usahatani padi sawah sebesar Rp. 15.465.836/tahun, pendapatan dari buruh tani perkebunan tebu sebesar Rp. 6.155.558/tahun, dan pendapatan dari luar sektor pertanian sebesar Rp. 4.261.176/tahun. Pendapatan rumah tangga petani padi sawah di Kecamatan Tolangohula Kabupaten Gorontalo sebesar Rp. 57.246.509/tahun 2) Perkebunan tebu berdampak positif pada pendapatan rumah tangga petani padi sawah di Kecamatan Tolangohula Kabupaten Gorontalo.

Keywords


Usahatani, Pendapatan RT, dan Dampak Perkebunan Tebu

References


Anton, G. dan Mahartawi. 2016. Kontribusi Usahatani Padi Sawah Terhadap Pendapatan Usahatani Keluarga Di Desa Ogoamas di Kecamatan Sojol Utara Kabupaten Donggala. Jurnal e-j. agrokbis 4.

Arsyad, S. dan E. Rustiadi. 2008. Urgensi Lahan Pertanian Pangan Abadi Dalam Perspektif Ketahanan Pangan.

Aulia, A.N. 2008. Analisis Pendapatan Usahatani Padi Dan Kelayakan Vanili Pada Ketinggian Lahan 350-800 m dpl Di Kabupaten Tasikmalaya (Studi Kasus Di Desa Cibongas, Kecamatan Pancatengah,Kabupaten Tasikmalaya). Skripsi. Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor.

Balai Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan Kecamatan Tolangohula Kabupaten Gorontalo, 2020.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Gorontalo. Dalam Angka 2018. Dinas Perkebunan Gorontalo. 2014.

Baruwadi, M., F.Y. Akib, dan Y. Saleh. 2019. Alokasi Waktu Kerja. Dalam Aspek Pada Model Ekonomi Rumah Tangga Petani Jagung. UNG Press Gorontalo.

Damayanti, A.S.R. 2013. Analisis Pengaruh Komoditi Jagung Terhadap Pengembangan Wilaya di Kabupaten Dairi. Jurnal Ekonomi, Vol 16, No 2.

Datau, E. F., Y. Saleh, dan A. Murtisari 2017. Analisis Ekonomi Rumah Tangga Petani Jagung di Desa Tolotio Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo. Jurnal Agrenesia. Vol. 2 No. 1.

Djiwandi, 1980. Penyuluhan Pertanian. universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Firmansyah, M., 2011. Peraturan Tentang Pupuk, Klasifikasi Pupuk Alternatif Dan Peranan Pupuk Organic Dalam Peningkatan Produksi Pertanian. Makalah Disampaikan Pada Apresiasi Pengembangan Pupuk Organik, Di Dinas Pertanian Dan Perternakan Provinsi Kalimantan Tengah, Palangka Raya.

Gustiana, E. 2017 Analisis pendapatan dan distribusi pendapatan usahatani tebu rakyat di Kecamatan Bungawayang Kabupaten Lampung Utara. Skripsi. Fakultas Pertanian Universitas Lampung.

Masni, Y. Boekoesoe, dan Y. Saleh, 2016. Analisis Pendapatan Petani Kakao di Desa Pancakarsa II Kecamatan Taluditi Kabupaten Pohuwato.Jurnal Agrenesia. Vol. 1 No. 1 November.

Mawarni, E., M. Baruwadi, I. Bempah, 2017. Peran Kelompok Tani Dalam Peningkatan Pendapatan Petani Padi Sawah Di Desa Iloheluma Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Jurnal Agrenesia. Vol. 2 No. 1 November.

Rahman.2014. Kontribusi Pendapatan Petani Karet Terhadap Pendapatan Petani Di Kampung Mencimai. Jurnal EPP. Vol. 3 No.1.

Sakina, A.F., 2018. Analisis pendapatan rumah tangga petani tebu mitra mandiri PT pemukasakti manisindah di Kabupaten Waykanan. Skripsi. Fakultas Pertanian Universitas Lampung.

Suratiyah, K. 2015. Ilmu Usahatani. Edisi Revisi. Penebar Swadaya. Jakarta Timur.

Wibowo, L., 2012. Analisis Efisiensi Alokatif Faktor-faktor Produksi dan Pendapatan Usahatani Padi Di Desa Sumbirejo Kecamatan Saradan Kabupaten Madiun. Skripsi. Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya.




DOI: https://doi.org/10.37046/agr.v5i3.12277

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis (P-ISSN: 2597-7075, E-ISSN: 2541-6847) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS