FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PETANI PADI SAWAH DALAM MENERAPKAN SISTEM TANAM JAJAR LEGOWO DI KECAMATAN LIMBOTO BARAT KABUPATEN GORONTALO

Mohamad Zulkarnain Usman, Asda Rauf, Yuriko Boekoesoe

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan petani padi untuk menerapkan sistem tanam jajar legowo di Kecamatan Limboto Barat. Manfaat penelitian bagi Pemerintah dan Petani di Kecamatan Limboto Barat Kecamatan Limboto Barat, sebagai bahan informasi dan bahan pertimbangan dalam meningkatkan produksi padi menggunakan sistem tanam jajar legowo. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2020 di Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo dengan sampel Petani padi sawah. Jenis penelitian survey, data yang digunakandalam penelitian ini data yang dibutuhkan terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer adalah data yang diperoleh langsung dari konsumen melalui observasi, wawancara dan studi pustaka, sedangkan data sekunder adalah data yang dikumpulkan oleh pihak yang berwenang seperti perangkat desa dan lain-lain.Hasil analisis secara parsial diperoleh faktor variabel Umur (X1), Pendidikan (X2) berpengaruh tidak signifikaan, serta Luas Lahan (X3), Lama Bertani (X4), Peran Penyuluh (X5), dan peran Kelompok Tani (X6) berpengaruh positif signifikan. Kemudiandianalisis secara simultan untuk Umur, Pendidikan, Luas Lahan, Lama Bertani, Peran Penyuluh (X5), dan Peran Kelompok Tani (X6) berpengaruh signifikan.

Keywords


Keputusan Petani, Sistem legowo, Padi

References


Abdulrachman Sarlan, Karsono Sumarno, Samaullah Mohamad Yamin, Nor Entis sutisna. 2012. Prosedur Operasional Standar (POS) Budi Daya Padi Sawah.Balai Besar Penelitian Tanaman Padi.

Ambarita, J. P., Kartika, I. N. (2015). Pengaruh Luas Lahan, Penggunaan Pestisida, Tenaga Kerja , Pupuk Terhadap Produksi Kopi di Kecamatan Pekutatan Kabupaten Jembrana. E-Jurnal EP Unud, 4 (7), 776–793.

Arini, Ade Ayusri., Putu Arimbawa., S. A. (2018). Peran Kelompok Tani Dalam Usahatani Padi Sawah ( Oryza Sativa L ) Di Desa Belatu Kecamatan Pondidaha Kabupaten Konawe. Jurnal Ilmiah Membangun Desa Dan Pertanian3(1), 16–22.

Badan Pusat StatistikProvinsi Gorontalo. 2015

Badan Pusat Statistik Kabupaten Gorontalo. 2017

Berlian, M. (2014). Peran Penyuluh Pertanian Lapangan dan Partisipasi Petani dalam Program Feati Serta Pengaruhnya Terhadap Pendapatan Petani Di Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin. Jurnal Matematika, Saint, Dan Teknologi, 15(1), 52–62.

Damanik, J. A., & April, D. (2014). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Petani Padi Di Kecamatan Masaran, Kabupaten Sragen. Economics Development Analysis Journal3(1), 212–224.

Fatra, M. 2018. Analisis Preferensi Konsumen Berbelanja di Pasar Tradisional dan Pasar Moderen di Kota Makassar. Universitas Islam Negeri Alaudin Makassar.

Gaib, Y Siswan, Asda Rauf, Yanti Saleh. 2017. Startegi Penyuluhan Dan Kominikasi Pertanian Dalam Merubah Paradigma Petani Pada Penerapan Sistem Jajar Legowo Di Kecamatan Dungaliyo Kabupaten Gorontalo. Jurnal Agrinesia Vol. 2 No. 1: Hlm. 43-55.

Ikhwani, Gagad Restu Pratiwi, Eman Paturrohman, A.K. Makarim. 2013. Peningkatan Produktivitas Padi Melalui Jajar Legowo. Iptek TanamanPangan. Vol 8 No 2.

Salusu, J. 2013. Pengambilan Keputusan Stratejik Untuk Organisasi Publik dan Organisasi Nonprofit. Grasindo : Jakarta

Suprihono, B., 2012, Analisis Efisiensi Usahatani Padi Lahan Sawah di Kabupaten Demak (Studi Kasus di Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak), Semarang: Universitas Diponegoro.Yogyakarta. Skripsi Fakultas Pertanian. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Soekartawi, 2011. Analisis Usahatani. Jakarta: Universitas Indonesia.

Wardani, Dani. 2010. 7 Langkah Membuat KeputusanTerbaik. Yokyakarta: Leutika.




DOI: https://doi.org/10.37046/agr.v5i3.12317

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis (P-ISSN: 2597-7075, E-ISSN: 2541-6847) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS