KARAKTERISTIK PETANI DAN UPAYA PENGEMBANGAN USAHA KELAPA DALAM DI DESA LAMU KECAMATAN TILAMUTA KABUPATEN BOALEMO

Abdul Mahris Bakue, Yanti Saleh, Yuriko Boekoesoe

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Bagimana karakteristik petani kelapa dalam di Desa Lamu Kecamatan Tilamuta Kabupaten Boalemo. 2) Apa yang menjadi faktor internal dan eksternal usaha kelapa dalam di Desa Lamu Kecamatan Tilamuta Kabupaten Boalemo. 3) Bagaimana strategi pengembangan usaha kelapa dalam yang baik untuk diterapkan di Desa Lamu Kecamatan Tilamuta Kabupaten Boalemo. Metode penelitian yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan Kuisioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis SWOT. Hasil penelitian menujukkan bahwa 1) Aspek lingkungan internal, yaitu; (a) Kualitas bahan baku, (b) Harga jual kelapa, (c) Fasilitas fisik, sarana dan prasarana penunjang, (d) Pelayanan supplier/konsumen, dan 2) Aspek lingkungan eksternal, yaitu; (a) Ketersediaan bahan baku, (b) Persaingan usaha, (c) Kondisi ligkungan sosial, ekonomi dan budaya, (d) Perkembangan teknologi (e) Kebijakan pemerintah dan ketersediaan lembaga permodalan. 2) Strategi SO; dengan melakukan promosi yang lebih intensif dengan memperkenalkan berbagai keunggulan yang dimiliki para petani kelapa yang ada di Desa Lamu agar dapat dikenal oleh masyarakat luas, Strategi WO yaitu; menjaga ketersediaan menu dengan memanfaatkan hubungan kerja sama dengan produsen, pemasok dan distributor bahan baku, serta memperbaiki kualitas manajemen petani kelapa, Strategi ST yaitu; Mengatasi tingkat persaingan dengan meningkatkan lagi kualitas produk, Strategi WT antara lain; Memperbaiki kualitas manajemen petani.

Keywords


Kelapa, Internal, Eksternal, dan SWOT

References


Amirullah. 2015. Manajemen Strategi: Teori Konsep Kinerja, Jakarta: Mitra Wacana Media.

Badan Pusat Statistik Provinsi Gorontalo. 2015. Kabupaten Gorontalo dalam angka 2015

BPS Provinsi Gorontalo. 2012. Provinsi Gorontalo Dalam Angka 2012. Provinsi Gorontalo. Gorontalo.

Dinas Pertanian Kabupaten Boalemo, 2020. Data Kopra

Kotler, Philip And Gary Amstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi 13.Jilid1, Jakarta: Erlangga.

Kriswiyati, Enick. 2013. Karakteristik Ragam Kultivar Kelapa dalam dalam (Cocos Nucifera L) Yang Digunakan Sebagai Bahan Upakara Padudusan Alit di Bali. Jurnal Berita Biologi Volume 11 Nomor 3. Universitas Udayana.

Negosino. 2013. Reinventing Agribisnis Perkelapa dalam dalaman Nasional Ditjen Bina Produksi. Jakarta:Erlangga

Rangkuti, Frenddy. 2016, Teknik Membedah Kasus Bisnis ANALISIS SWOT, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sadili, Samsudin 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Pustaka Setia.

Soekartawi, 2012. Teori Ekonomi Produksi dengan pokok bahasan Analisis Fungsi Produksi. Jakarta: PT. Raja Frafindo Persada.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Widarti. S dan Sunarli. L. E. 2014. Analisis Pendapatan Petani Kelapa Dalam Di Desa Jeruju Besar Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya. Jurnal Ilmiah Agr IBA. Vol. 2 Nomor 2. Universitas Panca Bhakti Pontianak




DOI: https://doi.org/10.37046/agr.v6i1.13636

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis (P-ISSN: 2597-7075, E-ISSN: 2541-6847) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS