PRODUKTIVITAS DAN PENDAPATAN USAHATANI JAGUNG DI DESA PADENGO KECAMATAN DENGILO KABUPATEN POHUWATO

Farlan Rauf, Supriyo Imran, Ria Indriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menganalisis Produktivitas lahan usahatani jagung di Desa Padengo Kecamatan Dengilo. 2) Menganalisis pendapatan usahatani jagung di Desa Padengo Kecamatan Dengilo. Metode penelitian yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan kuisioner.Analisis data yang digunakan adalah analisis produktivitas dan fungsi keuntungan.Hasil penelitian menunjukan bahwa. 1) Produktivitaspada usahatani jagung di Desa Padengo Kecamatan Dengilo Kabupaten Pohuwato mengalami fluktuasi selama 5 tahun terakhir. Yaitu nilai tertinggi berada pada tahun 2019 sebesar 7.687.5 Ton/Ha dan nilai terendah pada tahun 2016 sebesar 6.115,5 Ton/Ha. 2) Tingkat pendapatan usahatani jagung di Desa Padengo Kecamatan Dengilo Kabupaten Pohuwato dengan total pendapatan usahatani jagung rata-rata per petani sebesar Rp. 15.581.279 dan pendapatan usahatani jagung untuk rata-rata per hektar sebesar Rp. 8.903.588.

Keywords


Produktivitas, Pendapatan, Usahatani, Jagung

References


Mahdiad, 2010. Analisis Pengaruh Penggunaan Faktor Produksi Usahatani. Jurnal Fakultas Pertanian Institut Pertanian Malang.

Pali, 2016.Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Usahatani Di Desa Bontokasi Kecamatan Galesong Selatan Kabupaten Takalar. Skripsi Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Rahim dan Diyah, 2008.Ekonomi Pertanian (Pengantar, Teori dan Kasus) Penebar Swadaya. Jakarta.

Remedy, 2015. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produksi Usahatani (Studi Kausus Di Kecamatan Mraggen Kabupaten Demak). Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Di Ponegor. Semarang

Soekartawi, 2012.Teori Ekonomi Produksi Dengan Pokok Bahasan Analisis Fungsi Produksi Cob-Doglas, PT. Raja Grafindo Pesada, Jakarta.

Soekartawi, 2010.Ilmu Usahatani dan Penelitian Untuk Pengembangan Petani Kecil. Jakarta: Universitas Indonesia.

Sujarweni, V. Wiratna. 2015. Akuntansi Manajemen. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Suratiyah, Ken. 2006. Ilmu Usaha Tani. Penebar Swadaya : Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.37046/agr.v6i1.13639

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis (P-ISSN: 2597-7075, E-ISSN: 2541-6847) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS