ANALISIS SALURAN PEMASARAN CABAI RAWIT (Capsicum sp) DI DESA OMBULODATA KECAMATAN KWANDANG KABUPATEN GORONTALO UTARA

Maryam H Mukmin, Supriyo Imran, Ria Indriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan: 1) Menganalisis pemasaran petani cabai rawit di Desa Ombulodata Kecamatan
Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. 2) Mengetahui margin pemasaran cabai rawit di Desa Ombulodata
Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Metode penelitian yang digunakan yaitu; Wawancara,
Kuisioner, dan Observasi. Analisis data yang digunakan adalah Analisis deskriptif dan Analisis Margin Pemasaran.
Hasil penelitian menunjukan bahwa; 1) Dari semua responden 2 petani responden yang menggunakan saluran
pemasaran langsung sedangkan pemasaran tidak langsung 6 responden. Saluran pemasaran cabai rawit di Desa
Ombulodata terdapat dua saluran yaitu saluran pemasaran langsung dan tidak langsung. Pada Saluran Pemasaran II
yaitu dari Petani ke pedagang pengecer dengan harga jual Rp 20.000/kg dan dari Pedagang pengecer ke Konsumen
dengan harga Jual Rp 25.000/kg sehingga Margin pemasaran pada saluran pemasaran II adalah Rp 5.000. Dan pada
saluran pemasaran IIII yaitu dari Petani ke Pedagang pengumpul dengan harga jual Rp 20.000/kg dan dari Pedagang
Pengumpul ke pedagang Besar Manado dengan harga Jual Rp 27.000/kg sehingga Margin Pemasaran pada saluran
pemasaran III yaitu senilai Rp 7.000/kg.


Keywords


Cabai, Saluran Pemasaran, Margin

References


Assauri, S. 2014. Manajemen Pemasaran. PT.Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Asmayanti. 2012. Sistem Pemasaran Cabai Rawit Merah di Desa Cigedug Kecamatan Cigedug Kabupaten Garut.Skripsi, Fakultas Ekonomi da Manajemen Institut Pertanian Bogor.

Harpenas dan R. Dermawan. 2010. Budiday Cabai Unggul. Penebar Swadaya. Jakarta.

Hanafiah, K. A. 2006. Dasar – Dasar Ilmu Tanah. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada 386 Halaman.

Kotler, P dan Amstrong, G. 2002. Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 1 alih bahasa Alexander Sindoro dan Bengamin Penhalinda. Jakarta.

Mubyarto. 2009. Pengantar Ekonomi Pertanian. Jakarta :Edisi Ke-tiga, LP3S.

Nasution, A. H., Sudarsi, I. 2006. Manajemen Pemasaran Untuk Engineering. Yogyakarta. Andi Offset.

Syahyunan, 2008. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Konsumen Terhadap Keputusan Menggunakan Dua Ponsel (GSM dan CDMA) pada Mahasiswa Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi USU. Vol 1 Nomor 3. JurnalEkonomi Bisnis. Fakultas Ekonomi. Universitas Sumatra Utara. Medan.

Widitananto et al., 2012. Analisis Pemasaran Ternak Sapi Potong Di Kecamatan Playen Kabupaten Gunung Kidul. Vol 1 Nomor 11. Hal 7-32. Jurnal. Ekonomi Bisnis. Fakultas Pertanian. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.




DOI: https://doi.org/10.37046/agr.v6i1.13642

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis (P-ISSN: 2597-7075, E-ISSN: 2541-6847) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS