PENERAPAN SISTEM LATIHAN DAN KUNJUNGAN (LAKU) PENYULUH PERTANIAN TERHADAP PENGEMBANGAN KELOMPOK TANI PADI SAWAH DI MASA PANDEMI COVID-19 DI KECAMATAN LIMBOTO KABUPATEN GORONTALO

Suci Puji Rahma Ahmad, Irwan Bempah, Yanti Saleh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Karakteristik penyuluh pertanian di Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo, 2) Mengetahui Penerapan Sistem Latihan Dan Kunjungan (LAKU) Penyuluh Pertanian Terhadap Pengembangan Kelompok Tani Padi Sawah Dimasa Pandemi Covid-19 di Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari sampai dengan Februari 2021. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis skala likert. Hasil penelitian menunjukan 1) Berdasarkan analisis deskriptif kualitatif dapat dilihat bahwa karakteristik penyuluh pertanian di Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo dilihat dari umur yaitu umur <45 tahun berjumlah 6 orang dan 45-60 tahun berjumlah 5 orang. Karakteristik penyuluh berdasarkan jenis kelamin yaitu 4 orang berjenis kelamin laki-laki dan 7 orang berjenis kelamin perempuan. Karakteristik penyuluh berdasarkan pendidikan yaitu SMA 5 orang dan Sarjana 6 orang. Karakteristik penyulu berdasarkan lama bekerja yaitu 7-17 tahun sebanyak 8 orang penyuluh dan 18-28 berjumlah 3 orang penyuluh pertanian. 2) Pada analisis kedua menggunakan skala likert dapat dilihat bahwa penerapan Sistem Latihan dan Kunjungan (LAKU) penyuluh pertanian terhadap pengembangan kelompok tani padi sawah dimasa Pandemi Covid-19 di Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo menggunakan indikator jadwal pelaksanaan Sistem kerja Latihan dan Kunjungan, Materi, Metode, Supervise dan Pendampingan berada dalam kategori sangat berperan. Hal ini berarti walaupun dalam masa pandemi Covid-19 di Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo penyuluh tetap menerapkan sistem latihan dan kunjungan dengan mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Keywords


Penerapan Sistem LAKU, Covid-19

References


Badan Pusat Statistik Kabupaten Gorontalo.2020. Kecamatan Limboto Dalam Angka 2019.

Isdisusilo.2012.PanduanLengkapMenyusun Silabus Dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.Ciputat:Gaung Persada Press.

Karim, Irlan dan Kadir, Jusrin. 2018. Pembinaan Kelompok Tani Oleh Penyuluh Pertanian Di Desa Bualo Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik. Vol V. No 2. Hal 130.

Peraturan Menteri Pertanian No.82 tahun 2013. Pembinaan Kelompok Petani. Jakarta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&B. Bandung: Alfabeta

Sundari, Yusra. A. H. A dan Nurliza. 2015. Peran Penyuluh Pertanian Terhadap Peningkatan Produksi Usahatani di Kabupaten Pontianak. Jurnal Social Economic Of Agricultur. Vol 4. No 1. Hal 26-31.

Suprapto, Edy. 2010. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Usahatani Padi Organik Di Kabupaten Sragen. Tesis. Surakarta: Agribisnis Fakultas Pertanian Ekonomi. Surakarta.

Wina, Sanjaya. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media, 147




DOI: https://doi.org/10.37046/agr.v6i1.13645

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis (P-ISSN: 2597-7075, E-ISSN: 2541-6847) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS