ANALISIS SALURAN PEMASARAN KOMODITAS BAWANG MERAH DI PROVINSI GORONTALO

Riskawati Olabu, Yuliana Bakari, Agustinus Moonti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis saluran atau distribusi pemasaran bawang merah di Provinsi Gorontalo. Penelitian ini dilaksanakan di Provinsi Gorontalo dari bulan September sampai dengan bulan Oktober Tahun 2021. Metode yang digunakan adalah metode survei yaitu pengumpulan data berdasarkan wawancara dan observasi. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode snowball sampling dengan jumlah total 96 responden yaitu 35 petani, 15 pedagang pengumpul dan 46 pedagang pengecer. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer. Analisis data yang digunakan yaitu analisis lembaga saluran pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saluran pemasaran untuk Cabai bawang merah di Provinsi Gorontalo terdiri dari 3 pola saluran pemasaran yaitu saluran pertama (I); petani-pedagang pengecer-konsumen. Saluran kedua (II); petani-pedagang pengumpul-pedagang pengecer-konsumen. Saluran ketiga (III); pedagang luar daerah-pedagang pengumpul-pedagang pengecer-konsumen. Petani selalu memperoleh harga jual yang rendah karena petani menjual bawang merah kepada pedagang pengumpul berdasarkan harga yang ditetapkan oleh pedagang pengumpul. Kemudian pedagang pengumpul menjual kepada pedagang pengecer dengan harga yang lebih tinggi dari harga pembelian dari petani (produsen) karena besarnya biaya yang dikeluarkan saat menyalurkan barang, sedangkan pedagang pengecer menjual kepada konsumen dengan harga yang lebih tinggi karena besarnya biaya yang di keluarkan saat membeli dari pedagang pengumpul.


Keywords


Bawang Merah, Saluran Pemasaran

References


BPS Indonesia 2015, Distribusi Perdagangan Komoditas Bawang Merah di Indonesia, 2015. https://www.bps.go.id/publication.

BPS, 2020, Statistik Harga Produsen Pertanian 2020. Harga Produsen https://www.bps.go.id/publication.html?Publikasi%.

Darmanto., Sri, Wardaya. 2016. Manajemen Pemasaran.Yogyakarta: Grub Penerbitan Cv Budi Utama.

Istina, Ida. Nur. 2016. Peningkatan Produksi Bawang Merah Melalui Teknik Pemupukan NPK. Jurnal Agro, Lll,(1), Juli, 37. Balai Pengakaji Teknologi Pertanian Riau.

Indriani Ria., Rahim Darman., Mahyudin. 2019. Rantai Pasok Aplikasi Pada Komoditas Cabe Rawit di Provinsi Gorontalo. Kota Gorontalo: Ideas Publishing.

Lisanty Nina., Sutiknjo., Artini Widi Dwi Tutut., dan Agutia Dwi Pamujiati (2020). Saluran Pemasaran Bawang Merah di Desa Sentra Produksi Kabupaten Nganjuk. Jurnal Ilmiah Management Agribisnis, 1(2) Desember 2020, 69-86. Fakultas Pertanian Universitas Kadiri.

Putri Budi. Rahayu Tanama. 2017. Manajemen Pemasaran. Denpasar.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif Dan RdanD. Bandung: Alfabeta.

Sofanudin Ahmad., Eko Wahyu Budiman. 2017. Analisis Saluran Pemasaran Cabai Rawit (Capsicum Frutescens. L) (Study kasus di kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar). Jurnal Viabel Pertanian, Volume. 11,(1), Mei, 49. Jurusan Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Islam Balitar.




DOI: https://doi.org/10.37046/agr.v6i2.15912

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis (P-ISSN: 2597-7075, E-ISSN: 2541-6847) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS