ANALISIS FARMER’S SHARE PETANI JAGUNG DI DESA MONGGUPO KECAMATAN ATINGGOLA KABUPATEN GORONTALO UTARA

Sintia Abbas, Asda Rauf, Ria Indriani

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu: 1) untuk mengetahui bagaimana saluran pemasaran jagung di Desa Monggupo Kecamatan Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara, 2) untuk mengetahui berapakah farmer’s share yang diterima petani jagung di Desa Monggupo Kecamatan Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara.Penelitian ini dilakukan di Desa Monggupo Kecamatan Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara pada bulan Januari sampai dengan bulan Maret 2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan melakukan observasi dan wawancara.Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis farmer’s share. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) saluran pemasaran jagung di Desa Monggupo memiliki 2 saluran pemasaran yang berlaku. Saluran I yaitu: Petani – Pedagang Besar – Antar Pulau dan saluran pemasaran II yaitu: Petani – Pedagang Pengumpul – Pedagang Besar – Antar Pulau. 2) nilai farmer’s share terbesar ada pada saluran pemasaranI yaitu dengan jumlah 79,04% dan yang terkecil yaitu saluran pemasaran II yaitu dengan jumlah 61,90%. Maka berdasarkan kaidah keputusan, saluran pemasaran I dikatakan efisien karena lebih dari 70% dan saluran pemasaranII dikatakan tidak efisien karena kurang dari 70%.


Keywords


Jagung, Saluran Pemasaran, Farmer’s Share

References


Abdi Ibrahim. 2018. Analisis Pemasaran Jagung (Studi Kasus: Desa Ambarisan Kecamatan Sidamanik Kabupaten Simalungun). Laporan Hasil Penelitian. Fakultas Pertanain Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Medan.

Antara Made. 2012. Agribisnis Dan Penerapannya Dalam Penelitian. Edukasi Mitra Grafika. Palu.

BP3K Kecamatan Atinggola. 2017. Produksi Jagung Kecamatan Atinggola Tahun 2017. Kecamatan Atinggola.

Dinas Pertanian Kabupaten Gorontalo Utara. 2020. Produksi Jagung Kabupaten Gorontalo Utara Tahun 2020. Dinas Pertanian Kabupaten Gorontalo Utara. Gorontalo Utara.

Fandy, Tjiptono Chandra. 2012. Pemasaran Strategik. CV Andi Offset. Yogyakarta.

Fatmawati, Zulham Sirajuddin. 2019. Analisis Margin Dan Efisiensi Saluran Pemasaran Petani Jagung Di Desa Suka Makmur Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo. Gorontalo Agriculture Technology Journal Vol 2 No 1.

Firdaus Muhammad. 2010. Manajemen Agribisnis. PT. Bumi Aksara. Jakarta.

IndiraniRia, Rahim Darma, Mahyuddin. 2019. Rantai Pasok Aplikasi Pada Komoditas Cabai Rawit Di Provinsi Gorontalo. Ideas Publishing. Gorontalo.

Khol dan Uhl. 2002. Marketing Of Agricultural Products. Mc Millan Publishing Company. New York.

Kotler Philips. 2000. Manajemen Pemasaran Edisi 12. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Mutmainnah. 2019. Analisis Kinerja Saluran Pemasaran Industri Tahu Di Desa Lambusa Kecamatan Konda Kabupaten Konawe Selatan. Laporan Hasil Penelitian. Program Studi Agribisnis Universitas Halu Oleo Kendari. Kendari.

Rahim dan Hastuti. 2007. Ekonomika Pertanian. Penebar Swadaya. Jakarta.

Remedy. 2015. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produksi Jagung (Studi Kasus Di Kecamatan Mraggen Kabupaten Demak). Laporan Hasil Penelitian. Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro. Semarang.

Rukmana Rahmat, Herdi Yudirachman. 2007. Jagung (Budidaya, Pascapanen, Dan Penganekaragaman Pangan). CV. Aneka Ilmu. Semarang.

Swastha Basu, 2010. Manajemen Pemasaran. BPFE. Yogyakarta.

Tim Agro Mandiri. 2016. Hama Tanaman Palawija Dan Pengendaliannya. Visi Mandiri. Surakarta.




DOI: https://doi.org/10.37046/agr.v6i2.15914

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis (P-ISSN: 2597-7075, E-ISSN: 2541-6847) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS