HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI DAN BUDAYA KERJA DENGAN KINERJA PENYULUH PERTANIAN DI KABUPATEN GORONTALO

Indrawati Akuba, Supriyo Imran, Asda Rauf

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Hubungan Antara Motivasi dan Budaya Kerja dengan Kinerja Penyuluh Pertanian di Kabupaten Gorontalo, 2) Besar Pengaruh Motivasi dan Budaya Kerja dengan Kinerja Penyuluh Pertanian di Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Gorontalo dari bulan November sampai bulan Desember. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 65 orang, pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode non probability sampling dengan teknik Pruposive sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi  dan analisis jalur (path analysis), diolah dengan SPSS 25.0. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hubungan antara motivasi dan budaya kerja dengan kinerja penyuluh pertanian di Kabupaten Gorontalo dengan menggunakan analisis korelasi secara bersama-sama diperoleh R square sebesar 23,1% dan faktor lainnya sebesar 76,9% dan Pengaruh motivasi dan budaya kerja dengan kinerja penyuluh pertanian dengan menggunakan analisis jalur (path analysis) secara bersama-sama motivasi dan budaya kerja berpengaruh terhadap kinerja sebesar 68%, secara masing-masing pengaruh motivasi terhadap kinerja sebesar 21% dan pengaruh budaya kerja terhadap pengaruh sebesar 47%. Artinya motivasi dan budaya kerja merupakan faktor yang dapat meningkatkan kinerja penyuluh dalam melaksanakan pekerjaan.


Keywords


Motivasi, budaya kerja, kinerja penyuluh, Analisis jalur

References


Ali Harisan, Wawan Tolinggi, dan Yanti Saleh. 2018. Persepsi Petani terhadap Kinerja Penyuluh Pertanian Lapangan di Desa Talumelito Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Jurnal Agrinesia. Vol. 2 No. 2, 111. Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Negeri Gorontalo.

Budi Setia. 2018. Penyuluhan Pertanian : Teori dan Penerapannya. Aceh: CV. Seva Bumi Persada.

Bukit Bejamin, Tasman Malusa, dan Abdul Rahmat. 2017. Pengembangan Sumber Daya Manusia (Teori, Dimensi Pengukuran, dan Implementasi dalam organisasi). Yogyakarta: ZAHR Publishing.

Dinas Pertanian Kabupaten Gorontalo, 2021.

Fatimah Siti. 2020. Pengaruh Budaya Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai di Kecamatan Sungai Geringging. Jurnal Mahasiswa Ilmu Administrasi, Volume 2 Nomor 3, 2. Jurusan Ilmu Administrasi Negara Universitas Negeri Padang.

Ghozali Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasdiah, Renil Darsa, Muhammad Rais Rahmat, dan Andi Astinah Adnan. 2018. Pengaruh Motivasi dan Budaya Kerja Terhadap Kinerja Pegawai di Kantor Sekertariat Daerah Kabupaten Enrekang. Jurnal APPPTMA. Magister Administrasi Publik sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Muhammadiyah Rappang.

Hasibuan dan Malayu. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hendrikus. 2016. Hubungan Budaya Organisasi dan Motivasi dengan Kinerja Guru Sekolah Don Bosco III Cikarang-Bekasi-Jawa Barat. Volume 5 Nomor 1. program Studi Magister Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Kristen Indonesia

Hernanda, Tiara Aprilia, Anna Fatchiya, dan Ma'mun Sarma. 2015. Tingkat Kinerja Penyuluh Pertanian di Kabupaten Ogan Komerin Ulu (OKU) Selatan. Jurnal Penyuluhan, Vol. 11 Nomor 1, 79. Pascasarjana Ilmu Penyuluhan Pembangunan Institut Pertanian Bogor.

Kadarisman. 2012. Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Mahanani Indah Woro, Nawazirul Lubis, dan Widiartanto. 2015. Pengaruh Budaya Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Komitmen Karyawan sebagai Variabel Antara (Studi Kasus Pada Karyawan Bagian Produksi Cetak Surat Kabar PT. Masscom Graphy Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis.Vol. 3, No. 4, 4. Universitas Diponegoro.

Mahyuddin Thursina, Hanisah, dan Rahmi. 2018. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Penyuluh Pertanian di Kabupaten Aceh Timur. Jurnal Penelitian Agrisamudra, Volume 5 Nomor 1, 3. Fakultas Pertanian Universitas Samudra

Mardikanto Totok. 2019. Metode dan Teknik Penyuluhan Pertanian. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka Tangerang Selatan.

Nuraldy Hafis Laksmana. 2020. Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Bangun Jaya Persada di Jakarta. Jurnal Manajemen dan Akuntansi , Vol. 15 No 2, 80. Fakultas Ekonomi Universitas Pamulag Tanggerang Selatan

Refiswal. 2018. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Penyuluh Pertania di kabupaten Langkat. JurnalAgrica Ekstensia, Volume 12 Nomor 2, 27. Program Studi Magister Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara.

Siregar Amelia Nani dan Tri Ratna Saridewi. 2010. Hubungan Antara Motivasi dan Budaya Kerja dengan Kinerja Penyuluh Pertanian di Kabupaten Subang, Provisi Jawa Barat. Jurnal Penyuluhan Pertanian Vol. 5 No. 1, Mei 2010, 24. sekolah Tinggi Pertanian Bogor.

Solahuddin Soleh. 2018. Pertanian : Harapan Masa Depan Bangsa. Bogor: IPB Press.

Sucihatiningsih Dian Wisika Prajananti. 2011. Strategi Penguatan Kinerja Penyuluh Pertanian. Semarang. Unnes Press.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tika. 2012. Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan. Jakarta : Bumi Aksara Jakarta

Wukir. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Organisasi Sekolah. Yogyakarta: Multi Persindo.




DOI: https://doi.org/10.37046/agr.v6i3.16140

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis (P-ISSN: 2597-7075, E-ISSN: 2541-6847) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS