ANALISIS SALURAN PEMASARAN DAN PENDAPATAN USAHATANI JAGUNG DI KECAMATAN TOMILITO KABUPATEN GORONTALO UTARA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis :1) Pendapatan petani jagung di Kecamatan Tomilito Kabupaten Gorontalo Utara, 2) Saluran Jagung Di Kecamatan Tomilito Kabupaten Gorontalo Utara. Penelitian ini dilakukan Di Kecamatan Tomilito Kabupaten Gorontalo Utara dari Bulan Agustus sampai bulan Oktober Tahun 2021 dengan jumlah sampel 35 orang petani. Metode penelitian yang dilakukan adalah survey berdasarkan data primer dengan jumlah sampel 35 orang. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan metode penarikan sampel desa digunakan metode Stratifed Random Sampling dan penarikan sampel petani digunakan Purpose samplig. Metode analisis yang digunakan adalah Analisis Pendapatan Dan Analisis Saluran Pemasaran. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa; 1) Pendapatan usahatni jagung di Kecamatan Tomilito Kabupaten Gorontalo Utara dengan jumlah sampel masing-masing desa 18 dan 17 sampel. Di Desa Bulango Raya meraih keuntungan sebesar Rp.27.786.773 dengan rata-rata/petani dan di desa Molantadu sebesar Rp.27.925.063 dengan rata-rata/petani. 2) Saluran pemasaran di Kecamatan Tomilito Kabupaten Gorontalo Utara terdapat dua saluran pemasaran yaitu: (1) Petani – Pedagang Besar –Pedagang Antar Pulau, (2) Petani – Pedagang Pengumpul – Pedagang Besar – Pedagang Antar Pulau.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abdi, 2018 Prinsip- Prinsip Mnajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press.
Badan Pusat Statistik Nasional. 2016. Luas dan Produksi Jagung Nasional. Jakarta..
Buchari, 2004. Manajmen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta Bandung.
BP3K, Kecamatan Tomilito 2018. Kecamatan Tomilito Kabupaten Gorontalo Utara
Dinas Pertanian Kabupaten Gorontalo 2019. Produksi Jagung Kabupaten Gorontalo Utara 2019. Kabupaten Gorontalo Utara.
Daniel, 2001. Pengantar Ekonomi Pertanian. PT Bumi Aksara, Jakarta.
Hendra Kusuma, 2017. Analisis Pemasaran Jagung Merang Mandiri Mengakar Masyarakat(LM3) Agrina Di Tanjong Paya Kecamatan Peusanagan. Jurnal S Pertanian 1.
Kamaruddin, 2017. Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Gas Elpiji Jurnal Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal. Volume 4, Nomor 1, Juni 2017: 81-96.
Khotima Nurul, 2007.Budaya Tanaman Pangan. Jakarta: Cv Karya Mandiri Nusantara.
Kloter, dan Kelvin. 2007.Manajemen Pemasaran Mancamaya Cemerlang. Jakarta.
Kadir, 2018. Manajemen Stratrgi Pemasaran, CV Pustaka Setia, Bandung.
Nazir Moh, 2005. Metode Penelitian Jakarta: Ghalia Indonesia
Latuharhary dan Saputro. 2017.Respon Morfologi Tanaman Jagung (Zea mays) Varietas Bisma dan Srikandi Kuning pada Kondisi Cekaman Salinitas Tinggi.
Marzuki dan Suprato. 2005. Botani Tanaman Jagung. Sumatera Utara Universitas Utara Press.
Fakultas Pertanian Brawijaya, Malang. No 7. Volume 2
Subandi, 2018. Ekonomi Pertanian. Alfabeta Bandung
Shinta, 2011. Manajemen Pemasaran Dalam Penegembangan Kawasan Agribisnis Tebu. Jurnal Ilmiah Fakultas Pertanian Brawijaya Malang. No 7. Volume 2.
Tim Agro Mandiri, Hama Tanaman Palawijaya dan Pengendalianya. Surakarta: Visi Mandiri.
Tahir, 2017. Analisis Pendapatan Usahatani Jagung Pada Lahan Sawah dan Tagelan di Kecamatan Ulaweng Kabupaten Bone Sulawesi Selatan. Jurnal Galung Tropika, No 6. Vol 1. Hal 1-11
Wijayanti, 2010. Profit Usahatani. Laporan Penelitian Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan . Magelang.
Wahyudin, Ruminta dan Nursaripah. 2016. Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Jagung Zea Mays. Toleran Herbisida Aakibat Pemberian Bebagai Dosis Hebisida Glisofat. Jurnal Kulivasi. Vol 15 No 2.
DOI: https://doi.org/10.37046/agr.v6i3.16141
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis (P-ISSN: 2597-7075, E-ISSN: 2541-6847) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS