Analisis Perbandingan Pendapatan Petani Program READSI dan Non READSI di Desa Huntu Utara Kecamatan Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango

Atika Maneku, Ria Indriani, Yuriko Boekoesoe

Abstract


Penelitian ini bertujuan 1) mengetahui perbandingan pendapatan padi sawah antara petani program READSI dan petani yang non program READSI, 2) mengetahui kendala yang dihadapi petani padi sawah selama program READSI di Desa Huntu Utara Kecamatan Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data dalam penelitian ini yakni data primer dan sekunder. Tehnik analisis data yang digunakan yaitu analisis pendapatan dan analisis perbandingan pendapatan uji t hitung. Hasil penelitian yaitu: 1) Pendapatan petani padi sawah yang mengikuti program READSI sebesar Rp. 8.694.396 rata-rata/petani lebih tinggi dibandigkan dengan pendapatan petani padi sawah yang tidak mengikuti program READSI sebesar Rp. 6.894.325 rata-rata/petani. 2) Kendala petani tidak masuk program READSI mencakup: a) Petani tidak memiliki lahan untuk mengembangkan kegiatan ekonomi disector pertanian serta tidak aktif berpartisipasi dalam kegiatan peningkatan ekonomi disektor pertanian dengan dukungan proyek, b) Petani tidak dapat berperan sebagai “agen perubahan”, c) Petani tidak memiliki lahan sempit, d) Kepala keluarga tidak perempuan yang tidak akan difasilitasi oleh program READSI. 2) Kendala yang dihadapi petani program READSI mencakup: a) Permodalan, b) Keterlambatan saprodi dan kelangkaan saprodi, c) Fenomena cuaca yang sulit diprediksi, d) Ledakan hama penyakit, dan e) Harga produk tidak stabil.


Keywords


analisis pendapatan, analisis perbandingan dan kendala petani padi sawah

References


Ananta Dwi Wahyu, Ketut Budi S. dan I.W. Budiasa. 2017. Uji Pasar Terhadap Buah Pimento di Bali Studi Kasus di Wilayah Bandung dan Denpasar. Jurnal Manajemen Agribisnis. Vol. 5, No. 1.

BPS (Badan Pusat Statistik) Luas Panen Padi di Kabupaten Bone Bolango (2017-2020).

Hanafie, 2010. Pengantar Ekonomi Pertanian. CV Andi offset.

Purtikoningrum, Whenityas. 2009. Penggunaan Pupuk Organik Bokashi ditinjau dari Peningkatan Pendapatan Petani pada Usahatani Padi Varietas IR 64 di Kabupaten Kurang Anyar. skripsi Fakultas sastra dan seni rupa. Surakarta.

Rahim, Abd dan Diah Retno, Dwi Hastuti. 2007. Pengantar, Teori dan Kasus Ekonomika Pertanian. Penebar Swadaya. Jakarta. 204 hlm.

Rauf, Farlan. Suprio, Imran. dan Ria, Indriani. 2021. Produktivitas dan Pendapatan Usahatani Jagung di Desa Padengo Kecamatan Dengilio Kabupaten Pohuwato. Jurnal AGRINESIA. Vol 6. No 1. 2022.

Remedy, 2015. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produksi Usahatani (Studi Kausus Di Kecamatan Mraggen Kabupaten Demak). Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Di Ponegor. Semarang.

Shinta, A. 2011. Ilmu Usahatani. Universitas Brawijaya Press (UB-Pres). Malang.

Sri wahyuni. 2018. Teori Konsumsi dan Produksi Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Universitas Mulawarman.

Sugiyono,. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta: Bandung

Suratiyah, K. 2015. Ilmu Usahatani. Edisis Revisi. Penebar Swadaya, Jakarta Timur.




DOI: https://doi.org/10.37046/agr.v0i0.18366

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis (P-ISSN: 2597-7075, E-ISSN: 2541-6847) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS