Strategi Adaptasi Bauran Pemasaran pada UKM "Kedai Coffee Panda" di Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo (Studi Kasus di Kedai Coffee Panda)

Fitra Yunus, Ria Indriani, Irwan Bempah

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang dapat mendukung dan menghambat pemasaran di UKM Kedai Coffee Panda, dan menyusun strategi bauran pemasaran di UKM Kedai Coffee Panda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode studi kasus, yang merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Tehnik analisis data yang digunakan yaitu analisis SWOT melalui beberapa tahapan pembobotan dan peratingan menggunakan tabel IFE dan EFE. Hasil penelitian berdasarkan penetuan titik koordinat diagram faktor internal dan eksternal maka posisi kuadran usaha Kedai Coffee Panda berada di kuadran I (Grow Oriented Strategy) yang berarti kondisi usaha yang menguntungkan. Sehingga strategi yang baik digunakan berdasarkan analisis SWOT yakni: strategi SO: (1) mengikuti trend (2)menjaga kualitas produk (3) memanfaatkan lokasi yang strategis (4)sering mengadakan ivent tournament game (5)rutin mengupload informasi tentang kedai Coffee Panda. Strategi WO: (1) Menambah karyawan (2) memilih karyawan yang berpengalaman (3)menambah peralatan produksi (4)membangun sistem berbasis teknologi (5)melakukan riset (6) mengoptimalkan pengolahan data (7) membuat website (8) merekrut karyawan khusus mengelola website Kedai Coffee Panda. Strategi ST: (1) melakukan penyesuaian dengan pesaing bisnis (2) memberikan reward kepada pelanggan (3) perbaikan papan nama (baliho) (4) luncurkan promo spesial (5) perhatikan protokol kesehatan (6) menyediakan tempat mencuci tangan (7) menjaga jarak. Strategi WT: (1) meningkatkan pelayanan kepada konsumen. (2) menerapkan 5S pada karyawan yakni (senyum,sapa,sopan,santun dan sabar) terhadap konsumen (3) menyediakan sistem pembayaran noncash (4)meningkatkan kegiatan distribusi (5)membuat situs grabfood dan gofood.

Keywords


Bauran pemasaran,faktor internal dan eksternal, SWOT, strategi pemasaran

References


A.Mari Yusuf. 2014. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan & Penelitian Gabungan”. Jakarta Prenadamedia Group.

Amstrong, Gary dan Philip, Kotler. (2012). Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid 1, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jkarta: PenerbitPrenhalindo.

Archie Gredyon, dan Wulan. P. (2018). Kopi dan Bauran Pemasaran (Studi Fenomenologi Kedai 9 Cups Coffee and Roastery). Prologia. Vol. 2, No. 2, Desember 2018 , 2, 250-256.

Basril, Faisal 2002. “Prekonomian Indonesia”. Jakarta :Erlangga.

David FR. (2011). Strategic managemen (CONCEPTS AND CASES). New Jersey (US): Pearson Education, Inc.

Freddy Rangkuti. (2003). Analisis SWOT Tehnik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.

International Coffee Organization (ICO). 2018. “Indonesia Masuk Daftar Konsumsi Kopi Tebesar di Dunia.”

Kotler, Philip. 2012. Manajemen Pemasaran Edisi 13, Bahasa Indonesia Jilid 1 dan 3 Cetakan. Jakarta : Rajawali

Pollack,S. (2012, March 21). What, Exactly, Is Business Develoment? Retrived September 22, 2014.

Purhantara, Wahyu. Metode Penelitian Kualitatif untuk Bisnis. Yokyakarta : Graha Ilmu, 2010.

Rafika, 2010. “ Analisis Pengaruh Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Gabungan Kelomopok Tani Coklat dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat (Studi Kasus di Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar). Skripsi

Ekonomi Islam, Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Raden Fatah Palembang.Provinsi Palembang

Rahardjo, Susilo dan Gudnanto. (2011). Pemahaman Individu Tekhnik Non Tes. Kudus: Nora Media Enterprise.

Sari,Y. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Kopi Aceh. (Fitrah, Ed.) No.17, Januari 2020 , 1-94.

Sugiyono. 2010. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Watae,Reynaldo, Fredik G. Worang, Djurwanto Soepeno. (2017). Pengaruh Faktor-Faktor Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Kopi Billy Samrat di Manado. Jurnal EMBA. Vol.5 No.3 September 2017, Hal. 4245-4254




DOI: https://doi.org/10.37046/agr.v0i0.18370

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis (P-ISSN: 2597-7075, E-ISSN: 2541-6847) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS