Strategi Pengembangan Koperasi Unit Desa (KUD) USRA di Kecamatan Tapa Kabupaten Bone Bolango

Widiawati Tajeb, Irwan Bempah, Yanti Saleh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal dan mengetahui bagaimana strategi pengembangan KUD USRA.Penelitian ini dilaksanakan di Desa Talulobutu dari bulan juni sampai semptember 2022. Menggunakan analisis SWOT. Berdasarkan penelitian Faktor internal kekuatannya yaitu: 1) Lokasi strategis dan berbadan hukum, 2) Adanya RAT setiap tahun, 3) Adanya SHU, 4) Sistem pembukuan yang jelas, 5) Bunga pinjaman rendah, 6) Berbagai jenis usaha koperasi. Kelemahannya yaitu: 1) Kurangnya kesadaran anggota, 2) Fasilitas belum lengkap, 3) Pengurus masih merangkap jabat, 4) Kurangnya promosi, 5) Tidak ada brand atau label produk. Faktor eksternal peluangnya yaitu :1) Pembinaan dan pelatihan koperasi, 2) Perkembangan teknologi yang semakin maju, 3) Penawaran dana dari LPDP dengan bunga yang rendah, 4) Adanya peluang pasar. Ancamannya yaitu 1) Pandemic, 2) Musim pancaroba, 3) Persaingan dengan usaha jenis lainnya, 4) Kenaikan harga BBM. Strategi pengembangan yang sesuai untuk KUD USRA adalah strategi S-O, Hasil dari perhitungan IFE-EFE perusahaan berada di kuadran 1 yaitu mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif atau Growth oriented strategy yaitu pengembangan produk/unit usaha baru, dan penetrasi pasar.


Keywords


Strategi Pengembangan, KUD, Analisis SWOT

References


Badan Pusat Statistik. (2021). Koperasi dan UMKM. BPS-Statistic Indonesia.

Bone Bolango Dalam Angka (2020). (Badan Pusat Statistik, Compiler). (2020). BPS Bone Bolango

Baidowi, F. A. (2020). Analisis Tingkat Kesehatan Pada Koperasi Wanita (KOPWAN) Dewi Sri Berdasarkan Perdep KUKM Nomor : 06/Per/Dep.6/IV/2016 . Malang: Universitas Islam Negeri (UIN).

David, F. R. (2006). Manajemen Strategis. Edisi kesepuluh.PT. Salemba Empat.Jakarta.

David, F. R. (2009). Manajemen Strategis, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

David, F. R. (2012). Manajemen Strategis Konsep Edisi 12.Terjemahan Dono Sunardi.Jakarta:Salemba Empat.Terjemahan dari Strategic Management Concept and cases,12th ed.

Monoarfa, F. Y. R., Halid, A., & Saleh, Y. (2020).Pengaruh Penerapan Dimensi Manajemen pada Produktivitas Koperasi Simpan Pinjam Budi Luhur di Kabupaten Gorontalo. Jurnal Ilmiah Agribisnis, Agrinessia 4(2), 95-100.

Nasution, Muslimin. 2008. Koperasi Menjawab Kondisi Ekonomi Nasional. Jakarta: Pusat Informasi Perkoperasian.

Rangkuti, F. (2009). Strategi Promosi yang kreatif dan analisis kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama

Wijayanti, H. (2019). Panduan Analisis SWOT untuk kesuksesan Bisnis. Yogyakarta

Yuvanda, S., Rachmad, H., M. (2021) Ekonomi Koperasi.Jambi.




DOI: https://doi.org/10.37046/agr.v0i0.18384

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis (P-ISSN: 2597-7075, E-ISSN: 2541-6847) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS