Strategi Penyuluhan Pertanian Dalam Meningkatkan Pengetahuan Petani Jagung Di Desa Tanjung Harapan Kecamatan Wonosari

Yulinda Bempah, Irwan Bempah, Larasati Sukmadewi Wibowo

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui deskripsi bentuk penyuluhan pertanian di Desa Tanjung Harapan Kecamatan Wonosari dan strategi penyuluhan pertanian dalam meningkatkan pengetahuan petani jagung di Desa Tanjung Harapan Kecamatan Wonosari. Metode penelitian menggunakan tehnik analisis deskriptif untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi petani dalam meningkatkan pengetahuan petani jagung dan untuk menentukan strategi penyuluhan pertanian dianalisis dengan menggunakan analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity, Threats). Tekhnik pengambilan sampel yaitu menggunakan disproportionate stratified random sampling dengan sampel berjumlah 53 petani. Hasil Penelitian bahwa berjumlah 83.49%. Persentase faktor Peluang (Opportunities) berjumlah 78.96%. Persentase Faktor kekuatan berjumlah 79.53%. Strategi penyuluhan pertanian dalam meningkatkan pengetahuan petani jagung di Desa Tanjung Harapan Kecamatan Wonosari Berdasarkan analisis Swot menggambarkan ada strategi penyuluhan pertanian dalam meningkatkan pengetahuan petani jagung di Desa Tanjung Harapan Kecamatan Wonosari dengan skor tertinggi pada kategori positif dengan jumlah rata-rata S-O skoring 80.94, W-O skoring 81.23,  S-T skoring 81.23 dan W-T skoring 81.51. Sehingga Strategi yang akan digunakan adalah strategi defensif. Strategi defensif ini lebih fokus kepada W-T (Weakness-Threats), Sehingga perlu dilakukan penyuluhan yang rutin agar anggota dapat memperolah informasi atau pengetahuan dalam mengelola lahan tanaman jagung dan penguasan teknologi pertanian.


Keywords


Strategi Penyuluhan Pertanian, Pengetahuan Petani Jagung

References


Badan Pusat Statistik. 2018. Provinsi Gorontalo

Badan Pusat Statistik. 2020. Provinsi Gorontalo

Deptan. 2016. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2006 Tentang Sistem Penyuluhan Pertanian, Perikanan Dan Kehutanan, Departemen Pertanian. Jakarta

Gaib, S. Y., Rauf, A., & Saleh, Y. (2017). Strategi Penyuluhan Dan Komunikasi Pertanian Dalam Merubah Paradigma Petani Pada Penerapan Sistem Jajar Legowo Di Kecamatan Dungaliyo Kabupaten Gorontalo. Agrinesia: Jurnal Ilmiah Agribisnis, 2(1), 43-55.

Ilham, Tawakal. 2010. Diversifikasi Pangan dan Penyuluhan Pertanian Sebagai Upaya Mewujudkan Ketahanan Nasional. Kompas. [ 29 Oktober 2013].

Soekartawi, 2015. Analisis usahatani, UI-Pres, Jakarta. Subandi dan Zubachtirodin. 2008. Peningkatan efisiensi pupuk N, P, K dan pro-duktivitas jagung pada lahan Ultisol Kalimantan Selatan. Jurnal Penelitian Tanaman Pangan. Vol. 27. No. 1. Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan. Badan Penelitian Dan Pengem-bangan Pertanian.

Suhardiyono L. 2012. Penyuluhan : Petunjuk Bagi Penyuluh Pertanian. Jakarta. Erlangga.

Van Den Ban & Hawkins. 2011. Penyuluhan Pertanian. Yogyakarta: Kanisius.




DOI: https://doi.org/10.37046/agr.v0i0.18388

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis (P-ISSN: 2597-7075, E-ISSN: 2541-6847) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS