Analisis Pemasaran Kopra di Kecamatan Bonepantai Kabupaten Bone Bolango

Mohammad Rivaldi Pakaya, Yanti Saleh, Larasati Sukmadewi Wibowo

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui saluran pemasaran kopra yang ada di Kecamatan Bonepantai, Kabupaten Bone Bolango (2).Menganalisis efisiensi pemasaran kopra di Kecamatan Bonepantai Kabupaten Bone Bolango. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah tehnik analisis kualitatif yang digunakan dalam mendeskripsikan saluran pemasaran. responden yang dijadikan sampel teridiri dari produsen kopra, pedagang pengumpul dan pedagang besar. Pengambilan sampel produsen kopra dilakukan dengan menggunakan metode (puposive Sampling) kemudian penggambilan sampel pedagang dilakukan dengan cara metode penjajakan (tracking Sampling). Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif analisis margin pemasaran dan efisiensi pemasaran. Hasil analisis pemasaran menunjukan bahwa saluran pemasaran kopra di Kecamatan Bonepantai melalului dua saluran pemasaran yaitu Petani Pedagang pengumpul Pedagang besar Pabrik, Petani Pedagang besar  Pabrik. Hasil analaisis margin pemasaran kopra saluran I yaitu Rp.3.000/Kg sedangkan saluran kedua Rp.1.000/Kg. Farmer share yang diterima petani kopra pada saluran I yaitu sebesar 70% sedangkan saluran kedua yaitu 90%. Efisiensi pemasaran pada saluran pertama sebesar 10,5% sedangkan nilai efisiensi saluran kedua adalah 5,5%, sehingga dari kedua saluran tersebut, saluran yang yang paling efisien yaitu saluran kedua dengan nilai efisiensi sebesar 5,5%

 

Kata Kunci: Analisis Pemasaran, margin, Efisiensi Pemasaran


Keywords


Analisis Pemasaran, Margin, Efisiensi Pemasaran

References


Angipora, M. 2005. Dasar-dasar Pemasaran. Edisi Kedua. Raja Grafindo Persada. Jakarta

Anonim, 2011.Kelapa sawit, Usaha Budidaya, Pemanfaatan Hasil Dan Aspek Pemasaran. Penerba Swadaya. Jakarta

Amin, Sarmidi. 2009. Coc opreneurship. Aneka Peluang Bisnis dari Kelapa. Lily Publisher. Yogyakarta.Baskara, A.Y. dan Supriono.(2018). Analisis Daya Saing Ekspor Kelapa Indonesia di Pasar Internasional Studi Pada Industri kopra Jawa Timur).Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. No 208-214.

BPS Kabupaten Bone Bolango. 2021. Kabupaten Bone Bolango dalam Angka 2021. BPS Kabupaten Bone Bolango/BPS-Statistics Of Bone Bolango Regency , Gorontalo.

Hanafie, Rita 2010. Prinsip Dasar Ekonomi Pertanian (Teori dan Aplikasi). PT Raja Grafindo Persada. Jakarta

Kementrian Perdagangan. 2017. Pembenihan Tanaman Kelapa. Jakarta : Direktorat Jendral Perkebunan Kementrian Perdagangan.

Kementrian Perdagangan. (2013). Market Brief Kelapa Sawit dan Olahannya. ITPC Hamburg, 1-35

Mubyarto. 1989. Pengantar Ekonomi Pertanian, LP3ES, Jakarta.

Muslim, C. dan V. Darwis. 2012 Keragaan Kedelai Nasional dan Analisis Farmer Share Serta Efisiensi Saluran Pemasaran Kedelai Di Kabupaten Cianjur. Jurnal Sepa. 1(9): 7-9.

Malau Harman. 2017. Teori Dan aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global. Penerbitan, Bandung : Alfabeta, 2017

Philip Kotler. 2002. Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, Jilid 2, PT Prenhallindo, Jakarta

Rahmawati, I. (2019). Tren dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Volume Ekspor Kopra Indonesia. Skripsi. Fakultas Pertanian Jenderal Soedirman, Purwokerto.

Rahim.Abd. Dan Hastuti. DRW. 2007. Ekonomika Pertanian. (pengantar teori, dan kasus). Penerbitan Jakarta : Penebar Swadaya.

Riyadh, M.I. (2018). Analisis Saluran Pemasaran Lima Pangan Pokok dan Penting di Lima Kabupaten Sumatera Utara.

Roesnawati, Henny 2011. Analisis Efisiensi Pemasaran Pisang Produksi Petani Di Kecamatan Lengkiti Kabupaten Ogan Komering Ulu.Jurnal Jurusan/Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Baturaja.

Saefuddin AM. 2007. Tataniaga Hasil Perikanan.Universitas Indonesia,Press

Suminartika, E., dan Iin, D. (2017). Efisiensi Pemasaran Beras di Kabupaten Ciamis dan Jawa Barat

Soekartiwi. (2005). Agroindustri Dalam Persperkstif Sosial Ekonomi. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Surhayani, 2012.Daya Hambat Asap Cair Tempurung Kelapa Terhadap Pertumbuhan Jamur Pada Kopra Selama Penjemuran Dan Kualitas Minyak Yang Dihasilkan. Jurnal Diakses pada tanggal 15 November 2018.

Thamrin dan Francis.2012 Manajemen Pemasaran.PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Thantiyo, Farray. 2010. Analisis Kontribusi Nilai Tambah Industri VCO (Virgin Coconut Oil) pada PT. BUMISARIMAS Indonesia di sumatera barat (Skripsi).Padang. Fakultas Pertanian Universitas Andalas.

Widianti, Noor dan Goni, 2008. Agribisnis Tanaman Perkebunan. Penebar Swadaya Jakarta. Yogyakarta: Kanisius Budidaya Kelapa Genjah. Kanisius: Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.37046/agr.v0i0.18527

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis (P-ISSN: 2597-7075, E-ISSN: 2541-6847) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS