HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSI DENGAN IMPULSE BUYING PADA KONSUMEN APEL DI HYPERMART GORONTALO DIMASA PANDEMI COVID-19

Muhamad Irsyad Olii, Irwan Bempah, Larasati Sukmadewi Wibowo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosi dengan impulse buying pada konsumen apel di Hypermart Gorontalo dimasa pandemi Covid-19. Penelitian ini dilaksanakan di Hypermart Gorontalo dari bulan Agustus sampai bulan oktober 2021. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang, pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Accidental Sampling. Pengumpulan data dilakukan secara langsung dari sumber pertama menggunakan kuesioner/angket. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Korelasi Product Moment Pearson, diolah dengan SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan negatif antara kecerdasan emosi dengan impulse buying dengan koefisien korelasi  rxy = -0,479 dengan nilai signifikansi p = 0,007. Sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin rendah kecerdasan emosi maka semakin tinggiimpulse buying pada saat pandemi Covid-19.

Keywords


Kecerdasan Emosi, Impulse Buying, Konsumen Apel

References


Anggita Genovida. 2014. Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Karyawan pada PT Sri Metriko Utamawidjaja Palembang. Skripsi. Jurusan Administrasi Bisnis Program Studi Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Sriwijaya.

Anggraeni Veliani, Zamhari, Nelly Astuti. 2021. Pengaruh Aspek Kelengkapan Produk, Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan dan Kenyamanan Berbelanja Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan (Studi Kasus Pada Permata Cell Kota Pangkalpinang). Jurnal Ilmiah Progresif Manajemen Bisnis (JIPMB), STIE-IBEK. Vol. 8, No. 2, November 2021. 10 h.

Badan Pusat Statistik. 2021. Direktori Perkembangan konsumsi Pangan.

Baskara Medha. 2010. Pohon Apel Itu Masih (Bisa) berbuah Lebat. Fakultas Pertanian - Universitas Brawijaya. Majalah Ilmiah Populer Bakosurtanal-Ekspedisi Geografi Indonesia 2010 Jawa Timur. 78-82 h.

Basuki Arie. 2021. Data Terkini Korban Virus Corona di Indonesia pada Juli 2021.https://www.merdeka.com/peristiwa/data-terkini-korban-virus-corona-di-indonesia-pada-juli-2021.html. Diakses pada tanggal 15 Juli 2021.

Buedincho, P. 2003. Impulse Purchasing: Trend or Trait?. Orlando:UCF

Fitriana Dan koentjoro. 2009. Kerajinan Berbelanja Pada Wanita Bekerja Fenomena. Jurnal Psikologi: Universitas Gadjah Mada. Vol. 7, No 1, Januari 2009, 48-57 h.

Goleman Daniel. 2002. Kecerdasan Emosional Untuk Mencapai Puncak Prestasi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Idrus Yolanda, Asda rauf, dan Irwan Bempah. 2021. Pengaruh Motivasi Terhadap Perilaku Kerja Petani Padi Sawah Di Kelurahan Bolihuangga Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis, Vol. 5, No. 3.198-206 h.

Karuehany Yavesa. 2017. Hubungan Antara Kontrol Diri dengan Perilaku Pembelian Impulsif Produk Fashion Secara Online pada Mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Skripsi. Program Studi Psikologi. Fakultas Psikologi. Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Kosyu, D. Asning, Kadarisman Hidayat, Yusri Abdillah. 2014. Pengaruh Hedonic Shopping Motives Terhadap Shopping Lifesytle dan Impulse Buying (Survei pada Pelanggan Outlet Stradivarius di Galaxy Mall Surabaya. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 14, No. 2 (2014), 1-7 h.

Merita, Egy S Putra, Silvia M Perdana, Ismi Nurwaqiah. 2020. Pandemi Covid-19 Terhadap Kebiasaan Konsumsi Buah, Susu dan Mulitivitamin Pada Orang Dewasa Di Provinsi Jambi. Jurnal Media Ilmu Kesehatan Vol. 9, No. 2. Agustus 2020. 118-126 h.

Miranda, Yosy Cynthia. 2016. Kajian Terhadap Faktor yang Mempengaruhi Impulse Buying dalam Online Shopping. Journal of Management Studies, Vol 10, No 1, April 2016, 64-76 h.

Mowen, John C. dan Michael Minor. 2002. Perilaku Konsumen. Alih Bahasa: Dwi Kartini. Edisi 5. Jilid 2.Jakarta: Erlangga.

Putra Frengki Kriswardana. 2016. Pegaruh Shopping Lifestyle Dan Gender Terhadap Impulse Buying Produk Fashion (Survey Pada Konsumen Produk Fashion Di Malang Town Square (MATOS). Jurnal Ilmiah. Vol. 6, No. 1. Tahun 2016, 1-12 h.

Qibtiyah Mariatul. 2015. Pengaruh Loneliness Terhadap Impulse Buying Produk Fashion pada Mahasiswi Konsumen Online Shop.Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Malang.

Kementrian Kesehatan, RI. (2021). Panduan Gizi Seimbang pada masa Pandemi Covid-19. (S. W. Sukotjo, Y. Ester, & Y. Zahraini, Eds.) Panduan Gizi Seimbang Covid-19, 1-30. https://infeksiemerging.kemkes.go.id. Diakses pada tanggal 7 september 2021.

Sudrartono Tiris dan Wiwi Warsiati. 2020. Dampak Pandemi Virus Covid-19 Terhadap Keputusan Menggunakan E-Learning di Politeknik Piksi Ganesha Bandung. Jurnal. JAMI Vol. 1 No. 2 (2020), 1-10 h.

Verplanken Bas dan Astrid Herabadi. 2001. Individual Differences in Impulse Buying Tendency: Feeling and no Thinking. European Journal of Personality. 15, S71-S83.

Seounmi Youn dan Ronald J. Faber. 2000. Impulse Buying: Its Relation to Personality Traits and Cues", in NA - Advances in Consumer Research Vol. 27, eds. Stephen J. Hoch and Robert J. Meyer, Provo, UT : Association for Consumer Research,179-185h.




DOI: https://doi.org/10.37046/agr.v7i1.18949

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis (P-ISSN: 2597-7075, E-ISSN: 2541-6847) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS