DAMPAK PROGRAM PEKARANGAN PANGAN LESTARI (P2L) PADA PENINGKATAN PENDAPATAN RUMAH TANGGA PETANI PADI SAWAH DI DESA BULOTA KECAMATAN TELAGA JAYA KABUPATEN GORONTALO

Musdalifah Musdalifah, Mahludin H Baruwadi, Agustinus Moonti

Abstract


Memanfaatkan lahan pekarangan untuk menanam. Tujuan Penelitian ini adalah menganalisis pendapatan rumah tangga Petani Padi sawah di Desa Bulota, Kecamatan Telaga Jaya, Kabupaten Gorontalo, dan mengetahui dampak program pekarangan pangan lestari (P2L) pada peningkatan pendapatan rumah tangga petani padi sawah di Desa Bulota Kecamatan Telaga Jaya Kabupaten Gorontalo, dengan menggunakan Metode Survei. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus sampai September 2022 dengan populasi penelitian sebanyak 30 petani dan sampel diambil dari jumlah populasi (Sampel Total). Analisis data yang digunakan adalah analisis pendapatan rumah tangga dan analisis deskriptif kuantitatif untuk menjelaskan dampak program pekarangan pangan lestari pada peningkatan pendapatan rumah tangga petani padi sawah di Desa Bulota Kecamatan Telaga Jaya Kabupaten Gorontalo. Hasil penelitian menunjukkan: Pendapatan rumah tangga petani padi sawah di Desa Bulota Kecamatan Telaga jaya Kabupaten Gorontalo sebesar Rp. 63.306.656/musim. Dampak program pekarangan pangan lestari berdampak pada peningkatan pendapatan rumah tangga petani padi sawah di Desa Bulota Kecamatan Telaga Jaya Kabupaten Gorontalo, dampak yang diberikan sebesar 5%.


Keywords


Usahatani, Pendapatan Rumah Tangga, Dampak Program P2L

References


Aiydra Vebronia. 2021. Peran Dinas Pangan Program Pekarangan Pangan Lestari (P2L). Jurnal Ekonomi dan Manajemen, Vol. 18, No 4, 521-526.

Arsyad, Lincolin. 2004. Ekonomi Pembangunan. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta

Ashari Saptana dan Purwanti, TB. 2012. Potensi dan Prospek Pemanfaatan Lahan Pekarangan Untuk Mendukung Ketahanan Pangan. Jurnal Penelitian Agro Ekonomi. Vol. 30, No 1, 13-30.

Hardjowigeno, Sarwono dan Widiatmaka. 2007 Evaluasi Kesesuain Lahan dan Perencanaan Tataguna Lahan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press Indonesia. Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang pangan. Lembaran RI Tahun 2012 nomor 5360. Sekretariat Negara. Jakarta.

Juita Rahmadani Manik, Muhammad Alqamari, dan Andini Hanif. 2018. Usaha Pemanfaatan Lahan Pekarangan Budidaya Tanaman Sayuran Secara Vertikultur Pada Kelompok Ibu-Ibu ‘Aisyiyah. Jurnal Prodikmas: Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3 (1).

Made Sudiarta I, Elkawakib Syam’un., dan Rajuddin Syamsuddin. 2016. Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Padi Serta Produksi Ikan Nika Pada Sistem Tanam Jajar Legowo. Jurnal Sains & Teknologi, 16 (1), 70 – 8.

Mulyani Anny, S. Ritung, dan Irsal Las. 2011. Potensi dan Ketersediaan Sumber Daya Lahan untuk mendukung ketahanan pangan. Jurnal Litbang Pertanian, Vol. 30, No 2. Peraturan Menteri Pertanian Nomor 273/Kpts/OT/160/4/2007 Tentang Pedoman Pembinaan Kelembagaan Petani.

Purwanto. 2007. Membangun ekonomi Pertanian, Institut Pertanian Bogor.

Rizal Muhamad, Yossita Fiana. 2015. Teknologi Budidaya Tanaman Sayuran dan Toga di Perkotaan dan Perdesaan pada Kawasan Rumah Pangan Lestari dalam Mendukung Ketahanan Pangan di Kalimantan Timur, Jurnal Pros Sem Nas Masy Biodiv Indon Vol 1, No. 2.

Sunuharjo, Bambang Swasto. 2009. Kemiskinan dan Kebutuhan Pokok. Jakarta: Yayasan Ilmu Sosial.

Supriyanto, Teguh. 2014. Analisis Tingkat Ketahanan Pangan Rumah Tangga Tani Desa mandiri Pangan di Kecamatan Karanggede Kabupaten Boyolali. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret.

Suryana A. 2007. Menelisik Ketahanan Pangan, Kebijakan Pangan dan Swasembada Beras. Orasi Pengukuhan Profesor Riset Bidang Sosial Ekonomi Pertanian. Badan Litbang Pertanian. Bogor.

Wibowo Larasati S. 2012. Analisis Efisiensi Alokatif Faktor-Faktor Produksi dan Pendapatan Usahatani Padi di Desa Sambirejo, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun. Skripsi Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya Malang

Winardi. 1998. Ekonomi Inggris-Indonesia. Bandung: Mandar Maju.

Wirdatul, Zikra. 2016. Studi Komparatif Dinamika Kelompok Wanita Tani Pelaksana Konsep Pekarangan Pangan Lestari Di Kota Padang Panjang. Skripsi Universitas Andalas: Padang.

Zaki. 2015. Respon Pertumbuhan dan Produksi Beberapa Varietas Padi. Surabaya

Zulman Harja. 2015. Budidaya Padi pada Lahan Marginal: Kiat Meningkatkan Produksi Padi.




DOI: https://doi.org/10.37046/agr.v7i1.18954

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis (P-ISSN: 2597-7075, E-ISSN: 2541-6847) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS