PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA TERHADAP KEBERHASILAN KEGIATAN PENYULUHAN PERTANIAN PADI DI KECAMATAN ANGGREK KABUPATEN GORONTALO UTARA

Larasati Sukmadewi Wibowo, Yanti Saleh, Liawati Lagarusu

Abstract


Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui bagaimana pengaruh pemanfaatan media terhadap keberhasilan kegiatan penyuluhan pertanian padi di Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Anggrek pada bulan November sampai Desember. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 49 orang, pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode Harry King Nomogram dengan teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda, diolah dengan SPSS 25.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media penyuluhan yang terdiri dari media LCD proyektor, brosur dan leaflet diperoleh nilai thitung sebesar 2,476 dimana nilai ini signifikan pada taraf = 0,05. Berdasarkan hasil tersebut dapat diartikan bahwa variabel media berpengaruh terhadap keberhasilan kegiatan penyuluhan pertanian padi di Kecamatan Anggrek.


Keywords


Agricultural Extension, Effect, Media

Full Text:

PDF

References


Apriliani, Nur Alfiah. (2014). Sistem Pengendalian Intern Pada Yayasan Sosial Kristen Salib Putih. Skripsi. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.

Ani Leilani, Nayu Nurmalia dan Patekkai Muh. (2017). Efektivitas Penggunaan Media Penyuluhan (Kasus pada Kelompok Ranca Kembang Desa Luhur Jaya Kecamatan Cipanas Kabupaten Lebak Provinsi Banten). Jurnal Penyuluhan Kelautan dan perikanan Indonesia, Volume 9 No (1). 14.

Astutik Tri. (2019). Studi Media Yang Efektif Dalam Penyampaian Materi Penyuluhan Pertanian di Kabupaten Banyuasin (Kasus Kelompok Tani di Kecamatan Air Salek). Skripsi. Jurusan Agribisnis. Universitas Muhammadiyah Palembang.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Gorontalo Utara. (2020). Kabupaten Gorontalo Utara Dalam Angka Tahun 2020.

Hasiholan Bukti. (2018). Wujud Makna Prinsip Penyuluhan Terhadap Azaz-Azaz Penyelenggaraan Penyuluhan Pembangunan Pertanian. Jurnal Ilmiah Skylandsea, Volume 2 Nomor 1, 37.

Makmur. (2015). Penerapan Media Audiovisual Pada Penyuluhan Pertanian Padi di Desa Parangbado Kecamatan Polongbangkaeng Utara Kabupaten Takalar. Jurnal PENA , Volume 3. No.1.

Marlina Rena. (2016). Kinerja Penyuluh Pertanian Pada Komoditas Padi Di Desa Banyusari Kecamatan Katapang Kabupaten Bandung. Skripsi. Jurusan Ilmu Administrasi Negara. Universitas Pasundan: Bandung.

Rustandi Warnaen. (2019). Media Penyuluhan. Bahan Ajar , 57.

Ruyadi Ida. (2015). Pemanfaatan Brosur dan Leaflet Sebagai Media Informasi dan Komunikasi Pertanian. Jurnal Buletin Agro-Infotek, Volume 1 (1). 67.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.37046/agr.v7i2.19629

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis (P-ISSN: 2597-7075, E-ISSN: 2541-6847) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS