HUBUNGAN ANTARA DINAMIKA KELOMPOK TANI DENGAN TINGKAT ADOPSI TEKNOLOGI PADA USAHATANI PADI SAWAH DI DESA BONGOIME KECAMATAN TILONGKABILA KABUPATEN BONE BOLANGO

Ruslan Pondaag, Asda Rauf, Ramlan Mustafa

Abstract


Penelitian ini bertujuan : 1) Mengetahui tingkat dinamika kelompok tani pada usahatani padi sawah. 2) Mengindentifikasi tingkat adopsi pada usahatani padi sawah. 3) Menganalisis hubungan dinamika kelompok tani dengan adopsi teknologi pada usahatani padi sawah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh petani padi sawah yang masuk dalam anggota kelompok tani Tio Olami Desa Bongoime, dimana jumlah petani 202 orang, penentuan sampel dilakukan dengan metode slovin sebanyak 67 responden. Analisis yang digunakan yaitu analisis skala likert dan Chi Kuadrat (𝑥2). Hasil penelitian ini adalah (1) Tingkat dinamika kelompok tergolong tinggi dengan jumlah 4,11 menunjukan bahwa tujuan, struktur, fungsi dan tugas, suasana, ektivitas, dan kekompakan kelompok yang dimiliki setiap anggota kelompok tergolong tinggi sehingga mereka menjalankan tugas dan kewajiban secara efektif dan efisien. (2) Adopsi teknologi usahatani padi sawah yang dilakukan setiap anggota kelompok tani tergolong tinggi dengan skor 29,84. Namun ada beberapa indikator perlu ditingkatkan petani yaitu adopsi teknologi pada proses penyiangan dan proses pengendalian HPT. (3) Dinamika kelompok tani dan penerapan teknologi memiliki hubungan erat dan signifikan dengan taraf kepercayaan 95 %, berarti jika dinamika kelompok meningkat maka akan meningkat pula partisipasi kelompok dalam adopsi teknologi usahatani padi sawah.

Keywords


Dinamika, Tingkat Adopsi Teknologi, Usahtani Padi Sawah

References


Anantanyu, sapja. 2017. Kelembagaan Petani: Peran Dan Strategi Pengembangan Kapasitasnya. Jurnal Sepa. Vol. 7 No.2 Pebruari 2011:102 – 109.

Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Tilongkabila 2022

Badan Pusat Statistik Provinsi Gorontalo 2021

Kasriani. 2018. Peran Kelompok Tani Dalam Meningkatkan Produktivtas Tanaman Padi (Studi Kasus di Desa Awolagading, Kecamatan Awangpone, Kabupaten Bone). Skripsi. Fakultas Pertanian Universitas Hasanudin Makasar.

Emanuel, Kelbulan., Jane Tambas., Oktavianus Parajow. 2018. Dinamika Kelompok Tani Kalelon Di Desa Kauneran Kecamatan Sonder. Jurnal Agri- SosioEkonomi Unsrat. Volume 14 Nomor 3, September 2018 : 55 – 66.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang

Mahfud, Rahmawati. 2017. Penerapan Teknologi Produksi Dalam Usahatani Padi Sawah Di Desa Kanjilo Kecamatan Barombong Kabupaten Gowa. Skripsi. Fakultas Pertanian Universitas Negeri Makasar.

Maulana, Andi Ratu. 2019. Peran Kelompok Petani Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Petani Di Desa Temmabarang Kecamatan Penrang Kabupaten Wajo (P. 1). Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Makassar.

Purwansyah, Tedy Sigit., Rosianti Dewi., Kartika Trimis. 2021. Morfometri Beberapa Varietas Tanaman Padi ( Oryza Sativa L .) Di Kecamatan Pulau Rimau Banyuasin. Jurnal Indobiosains. Vol.3 No. 2 Edisi Agustus 2021

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&d, Bandung: Alfabeta

Sukratman, I Made., Ulyasniati, Tauwi. 2021. Hubungan Antara Dinamika Kelompok Tani Dengan Tingkat Penerapan Teknologi Pada Usaha Tani Kakao Di Desa Silea Kecamatan Onembute Kabupaten Konawe. Jurnal Ilmiah Multidisiplin. Vol.1, No.2.

Wicaksono, Surya Aditiya., Subekti, Sri., Sofia. 2017. Hubungan Dinamika Kelompok Tani Dengan Adopsi Good Tobacco Practices (Gtp) Tembakau Voor-Oogst Kasturi. Jsep. Journal Of Social And Agricultural Economics. Vol. 1. No. 2.




DOI: https://doi.org/10.37046/agr.v0i0.21751

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis (P-ISSN: 2597-7075, E-ISSN: 2541-6847) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS