Profil Petani Sawah di Desa Hulawa Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo

Melin Kaina, Ria Indriani, Echan Adam

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: Mengetahui Profil Petani Padi Sawah di Desa Hulawa Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Penelitian dilakukan di Desa Hulawa Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo pada Bulan Juni sampai dengan Bulan Juli tahun 2023 dengan metode penelitian survey atau wawancara, metode pengambilan sampel menggunakan rumus slovin. Jenis sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan yaitu analisis desktiptif. jumlah sampel dalam Penelitian di Desa Hulawa adalah 44 orang petani padi sawah. Hasil penelitian ini menunjukkan Rata-rata umur petani padi sawah di Desa Hulawa Berusia 40-55 tahun, yakni 30 orang pada kategori usia produktif yaitu 53 Tahun, tingkat Pendidikan di Desa Hulawa telah mendapatkan pendidikan paling tinggi yaitu SD, Untuk pengalaman dalam pemeliharaan tanaman memiliki pengalaman antara 8- 14 tahun, dengan Rata-rata memiliki Pengalaman 10 Tahun. Jumlah tanggungan keluarga petani Memiliki Rata-rata yaitu 3 Orang, Luas lahan padi sawah Memiliki Rata-rata 0,5 Ha dari keseluruhan jumlah sampel. jumlah lahan paling banyak adalah milik sendiri 20 orang Petani Responden, Produksi Petani Terbanyak di Desa Hulawa di bedakan dengan Kelompok Tani yaitu Kelompok Tani Karya Bakti Memiliki Jumlah 15 orang Petani Responden dengan Presentase 40% jumlah Produksi 13.205 Kg. Dengan Rata-rata Produksi 809,2 Kg dari keseluruhan jumlah Produksi Petani yang ada di Desa Hulawa Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo.


Keywords


Profil Petani Sawah

References


Arlis. 2016. Hubungan Karakteristik Petani Dengan Produksi Padi Sawah di Desa Rembah Tengah Barat Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu. Skripsi. Fakultas Pertanian. Universitas Pasir Pengaraian

Ashari, S. N. 2006. Analisis Kelayakan Finansial Konversi Tanaman Kayu Manis Menjadi Kakao Di Kecamatan Gunung Raya Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi. Skripsi. Program Studi Ekonomi Pertanian dan Sumberdaya. Fakultas Pertanian. Institut Pertanian Bogor.

Astuti. 2013. Analisis Pendapatan Usahatani Padi Sawah (oriza satival) di Kecamatan Kaway. XVI Kabupaten Aceh Barat. Skripsi. Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Teuku Umar.

Badan Pusat Statistik Provinsi Gorontalo. 2018. Luas Panen dan Produksi Padi di Gorontalo 2019 (Angka Tetap). Gorontalo: gorontalo.bps.go.id.

Badan Pusat Statistik Provinsi Gorontalo. 2020. Penduduk Pada Sektor Pertanian di Gorontalo 2021 (Angka Tetap).

Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni. 2015. Teori Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Choirotunnisa, Sutarto, dan Supanggyo. 2008. Hubungan Karakteristik Sosial Ekonomi Petani Dengan Tingkat Penerapan Modal Pengelolaan Tanaman Terpadu Padi Sawah Di Desa Joho Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo. Jurnal of Agricultural Extension. Vol. 24 No. 2 Hal. 97-105.

Effendy, Ferry dan Makhfudi. 2009. Keperawatan Kesehatan Komunita. Jakarta: Salemba Medika https://doi.org/10.20961/agritexts.v24i2.43568 https://doi.org/10.33964/jp.v27i3.397

Ken, Suratiyah. 2014. Ilmu Usahatani. Jakarta: Penebar Swadaya.

Kurniawan, Ikhsan. 2019. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Alih Fungsi Lahan Padi Sawah Menjadi Kebun Kelapa Sawit Di Kecamatan Talawi Kabupaten Batu Bara. Skripsi. Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan

Notarianto, D. 2011. Analisis Efisiensi Penggunaan Faktor-Faktor Produksi pada Usahatani Padi Organik dan Padi Anorganik (Studi kasus: Kecamatan Sambirejo, Kabupaten Sragen). Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang.

Purwono dan Purnamawati. 2007. Budidaya & Jenis Tanaman Pangan Unggul. Jakarta: Penebar Swadaya.

Risna, Risna, dan Yulianti Kalaba. 2018. Analisis Pendapatan Usahatani Padi Sawah Dengan Sistem Tanam Pindah di Desa Sibolang Kecamatan Sojol kabupaten donggala. Jurnal Pembagunan Agribisnis. Vol. 1 No. 1 Hal. 3-6.

Soekartawi. 2002. Analisis Usahatani. Jakarta: UI Press.

Soekartawi. 2003. Teori Ekonomi Produksi dengan Pokok Bahasan Analisis Cobb-Douglas. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta Sinaga.

Suratiyah. 2006. Ilmu Usahatani. Jakarta: Penebar Swadaya.

Syahri dan Somantri. 2016. Penggunaan Varietas Unggul Tahan Hama dan Penyakit Mendudukung Peningkatan Produksi Padi Nasional. J. Litbang Pertanian. Hal. 25-36

Thamrin, Yulris. 2012. Analisis Current Ratio (CR) dan Debt Equity Ratio (DER) Terhadap Return Saham Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin Makassar.

Tjitrosoepomo, G. 2013. Taksonomi Tumbuhan Spermatopyhta. Yogyakarta: UGM Press.

Tuminem, F. N. U. 2018. Peranana Komoditas Tanaman Pangan Unggulan Terhadap Kesempatan Kerja dan Pendapatan di Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Pangan. Vol. 27 No. 3 Hal. 203-214.

Utama, Zulman Harja. 2015. Budidaya Padi Lahan Marjinal Kiat Meningkatkan Produksi Padi. Yogyakarta: Andi

Widyawali, Retno Febriyastuti dan Arif Pujiyono. 2013. Pengaruh umur, jumlah tanggungan keluarga, luas lahan, pendidikan, jarak tempat tinggal pekerja ke tempat kerja, dan keuntungan terhadap curahan waktu kerja wanita tani sektor pertanian di Desa Tajuk kecamatan getasan kabupatrn semarang. Skripsi. Doctoral dissertation Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

Winarno, Winarno., Lina Nur Hidayanti, dan Arum Darmawati. 2015. Faktor-faktor yang Memengaruhi Profitabilitas Perusahaan Manufaktur yang Listed di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Economia. Vol. 11 No. 2 Hal. 143-149.




DOI: https://doi.org/10.37046/agr.v0i0.23241

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis (P-ISSN: 2597-7075, E-ISSN: 2541-6847) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS