EFISIENSI HARGA KOMODITAS BAWANG MERAH DI MALANG RAYA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tentang efisiensi harga pada transportasi dan processing yang terdapat pada pemasaran komoditas bawang merah. Metode pengambilan responden usahatani dilakukan dengan pendekatan probability sampling dengan metode rancangan sampel acak sederhana (simple random sampling). Adapun jumlah sampel yang didapatkan berdasarkan pengambilan rumus parel adalah 37 orang (dari populasi sebanyak 356 orang). penentuan responden ditentukan melalui pendekatan nonprobability sampling dengan metode snowball sampling yaitu mengikuti alur pemasaran mulai dari petani bawang merah sampai ke tingkat konsumen akhir. Pengukuran efisiensi harga dapat ditinjau menurut biaya fungsi transportasi dan biaya fungsi prosessing yang telah dikeluarkan untuk pemasaran bawang merah. Efisiensi harga berdasarkan fungsi transportasi yaitu selisih harga antar tempat pemasaran bawang merah di daerah penelitian dan tidak lebih besar daripada biaya transportasi yang dikeluarkan oleh lembaga pemasaran. Berdasarkan efisiensi harga, pemasaran bawang merah didaerah penelitian untuk semua saluran pemasaran dapat dikatakan telah efisien, hal tersebut dikarenakan proporsi keuntungan pemasaran yang didapatkan lebih besar dibandingkan dengan biaya pemasaran yang dikeluarkan.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Akhsani, S. (2019). Analisis Efisiensi Pemasaran Bawang Merah Di Puspa Agro Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, 7(4).
Ali, E., Talumingan, C., Pangemanan, P. A., & Kumaat, R. M. (2015). Efisiensi pemasaran bawang merah di Desa Tonsewer Kecamatan Tompaso Barat Kabupaten Minahasa. agri-sosioekonomi, 11(2A), 21-32.
Annisa, I., Asmarantaka, R. W., & Nurmalina, R. (2018). Efisiensi Pemasaran Bawang Merah (Kasus: Kabupaten Brebes, Provinsi Jawa Tengah). Mix: Jurnal Ilmiah Manajemen, 8(2), 254-271.
Apurwanti, E. D., Rahayu, E. S., & Irianto, H. (2020). Analisis Efisiensi Rantai Pasok Bawang Merah Di Kabupaten Bantul. Jurnal Pangan, 29(1), 1-12.
Arafah, N., Iskandar, E., & Fauzi, T. (2017). Analisis Pemasaran Bawang Merah (Allium cepa) di Desa Lam manyang Kecamatan Peukan Bada Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian, 2(1), 134-140.
Barakade A.J., Lokhande T.N.and Todkari G.U. (2011). Economics of onion cultivation and it’s marketing pattern in satara district of Maharashtra. International Journal of Agriculture Sciences. Vol. 3, Issue 3, 2011, PP-110-117.
Easwarana, Salvadi R and Ramasundaramb, P. (2008). Whether Commodity Futures Market in Agriculture is Efficient in Price Discovery? — An Econometric Analysis. Tamil Nadu Agricultural University, Anbil Dharmalingam Agricultural College and Research Institute, Tiruchirappalli.
Fitryani, H., Usman, M., & Zakiah, Z. (2019). Analisis Efisiensi Pemasaran Bawang Merah Dalam Meningkatkan Pendapatan Usahataninya Di Kecamatan Laut Tawar Kabupaten Aceh Tengah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian, 4(1), 302-313.
Hailu, Getu., Goddard, Ellen W., and Jeffrey, Scott R. (2005). Measuring Efficiency in Fruit and Vegetable Marketing Co-operatives with Heterogeneous Technologies in Canada. Agricultural Marketing and Business, Department of Rural Economy, University of Alberta. Canada.
Hidayat, Y. R., Jaeroni, A., & Sukanata, I. K. (2021). Komparasi Efisiensi Pemasaran pada Skema Rantai Pasokan Bawang Merah di Kabupaten Indramayu. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, 5(3), 641-654.
Lekatompessy, D. C., Turukay, M., & Parera, W. B. (2018). Analisis Pemasaran Bawang Merah (Allium Ascalonicum L.) Di Dusun Taeno Negeri Rumah Tiga Kecamatan Teluk Ambon Kota Ambon. Agrilan: Jurnal Agribisnis Kepulauan, 5(3), 262-275.
Layade A.A., dan Adeoye I.B.(2014). Analysis of Price and Market Integration for Onion in Rural-Urban Markets of Oyo State, Nigeria. International Journal of Economics, Finance and Management. Vol.3, No.5.
Marsha, Dhevi Aprilia. (2011). Analisis Agribisnis Komoditas Bawang Merah (Allium ascalonicum L.) di Kecamatan Sukomoro Kabupaten Nganjuk. Fakultas Pertanian. Universitas Brawijaya. Malang. Indonesia
Obasi I.O dan Emenam, O. (2014). Marketing Performance of Onions in Ikwuano and Umuahia Local Government Area, Abia State, Nigeria. European Journal of Business and Management. Vol.6, No.7
Pratiwiyanti, D., Nuraeni, N., & Hasan, I. (2018). Analisis produksi dan pemasaran bawang merah di kabupaten bantaeng (Studi kasus petani bawang merah di desa bonto marannu, kecamatan uluere). Wiratani, 1(1).
Rediansyah. 2003. Analisis Sistem Pemasaran Bawang Daun (Kasus di Desa Cijarian Pandai Kecamatan Kadudampit Kabupaten Sukabumi). Skripsi. Departemen Ilmu-ilmu Sosial Ekonomi Pertanian. Fakultas Pertanian. IPB. Bogor.Indonesia
Salazar, Rodrigo Andres Valdes. 2015. Market Intregation and Pricing Efficiency, Empirical Analysis to the Agribusiness Sector. Agricultural Economics at The Faculties of Agricultural Sciences. Georg-August University Gottingen. Germany.
Saragih, E. C., Wadu, J., & Mbana, F. R. L. (2022). Analisis efisiensi pemasaran bawang merah (allium ascalonicum l.) Di kelurahan malumbi kecamatan kambera kabupaten sumba timur. Agrivet: jurnal ilmu-ilmu pertanian dan peternakan (journal of agricultural sciences and veteriner), 10(1), 76-85.
Sumarni, B. (2021). Analisis farmer’s share komoditas bawang merah. Jurnal Agercolere, 3(2), 52-56.
Trisnawati, Y. (2019). Analisis Efisiensi Pemasaran Bawang Merah di Desa Banaran Kulon, Kecamatan Bagor, Kabupaten Nganjuk (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).
Warsana. (2007). Analisis Efisiensi Dan Keuntungan Usaha Tani Jagung (Studi Di Kecamatan Randublatung Kabupaten Blora. Program Studi Magister Ilmu Ekonomi Dan Studi Pembangunan Universitas Diponegoro Semarang. Indoesia
Wuisan, R. H. (2017). Analisis Penggunaan E-commerce Agibisnis pada Pemasaran Bawang Merah dan Cabai Merah (Studi Kasus Platform E-commerce
DOI: https://doi.org/10.37046/agr.v0i0.24871
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis (P-ISSN: 2597-7075, E-ISSN: 2541-6847) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS