ANALISIS PENDAPATAN USAHATANI KANGKUNG DARAT DI DESA BULOTALANGI KECAMATAN BULANGO TIMUR KABUPATEN BONE BOLANGO

Abdul Gias Djafar, Amelia Murtisari, Yanti Saleh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk:  Mengetahui berapa pendapatan yang didapat petani dari usahatani kangkung darat di Desa Bulotalangi. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Bulotalangi Kecamatan Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango selama satu bulan yaitu pada bulan November Tahun 2018. Metode yang digunakan adalah metode survei yaitu penelitian kuantitatif menggunakan pertanyaan terstruktur yang sama kepada beberapa orang (kuisioner). Teknik pengambilan sampel menggunakan metode sensus yang terdiri dari 37 petani responden. Jenis dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan adalah analisis penerimaan, analisis biaya dan analalisis pendapatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sumber pendapatan petani yang berada di Desa Bulotalangi berasal dari usahatani kangkung darat dengan nilai total biaya rata-rata yang dikeluarkan petani sebesar Rp.197,135 yang terdiri dari biaya tetap sebesar Rp.6,182 per petani dan biaya variabel Rp.191,135 per petani serta untuk penerimaan rata-rata petani itu sendiri yaitu sebesar Rp.755,000 dengan asumsi untuk satu bal (50 ikat) diberi harga Rp.50,000, maka pendapatan rata-rata yang didapat petani kangkung darat yaitu sebesar Rp.558,087.

Keywords


Kangkung Darat, Usahatani, Analisis Pendapatan

Full Text:

PDF

References


Ali. 2013. Penelitian Pendidikan Prosedur dan Strategi. Angkasa, Bandung.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Bone Bolango. 2017. Kabupaten Bone Bolango dalam Angka. Bone Bolango.

Burhansyah. 2012. Dinamika Indikator Kesejahteraan Petani Di Kabupaten Kubu Raya Dan Sanggau Provinsi Kalimantan Barat. Pusat Sosial Ekonomi Dan Kebijakan Pertanian, Kementrian Pertanian.

Dewi, P dan Fariyanti, A. 2014. Pendapatan Usahatani Bayam Di Desa Ciaruteun Ilir Kecamatan Cibungbulang Kabupaten Bogor Jawa Barat. Jurnal Ilmiah. Fakultas Ekonomi dan Manajemen Universitas Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Ginting. 2012. Kontribusi Usahatani Padi Dan Usaha Sapi Potong Terhadap Pendapatan Keluarga Petani Di Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan. Jurnal Ilmiah. Fakultas Pertanian Universitas HKBP Nommensen, Medan.

Hanafie, R. 2010. Pengantar ekonomi pertanian. CV Andi offset, Yogyakarta.

Mona dan Fallo. 2018. Analisis Pendapatan Usahatani Kangkung Darat di Desa Takin Kecamatan Bikomi Tengah Kabupaten Timor Tengah Utara. Jurnal Ilmiah. Fakultas Pertanian Universitas Timor, Timor Tengah Utara.

Nento. 2013. Analisis Keuntungan Usahatani Tomat Di Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Jurnal Ilmiah. Fakultas Pertanian Universitas Negeri Gorontalo, Kota Gorontalo.

Nutarianto. 2011. Analisis Efisiensi Penggunaan Faktor-Faktor Produksi Pada Usahatani Padi Organik Dan Padi Anorganik. Jurnal Ilmiah. Fakultas Pertanian Universitas Diponegoro, Semarang.

Purwadi. 2009. Analisis Pendapatan Usahatani Pisang Ambon Melalui Program Primatani Di Desa Talaga Kecamatan Cugenang Kabupaten Cianjur Jawa Barat. Juranal Ilmiah. Fakultas Pertanian Universitas Negeri Malang, Malang.

Ridwan, dkk. 2014. Analisis Pendapatan Petani Kangkung Darat Tradisional Di Kecamatan Mraggen. Jurnal Ilmiah. Fakultas Pertanian Universitas Wahid Hasyim, Semarang.

Rumangit, dkk. 2011. Pendapatan Usahatani Kacang Tanah Di Desa Kanonang Ii Kecamatan Kawangkoan. Jurnal Ilmiah. Universitas Diponegoro, Semarang.

Shinta. 2011. Manajemen Pemasaran Dalam Pengembangan Kawasan Agribisnis Tebu. Jurnal Ilmiah. Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya, Malang.

Siddik, dkk. 2017. Analisis Biaya, Pendapatan dan R/C Usaha Tani Kangkung Darat. Jurnal Ilmiah. Fakultas Pertanian Universitas Galuh, Ciamis.

Soekartawi, dkk. 2011. Ilmu Usahatani Dan Peneltian Untuk Pengembagan Petani Kecil. UI Pers, Jakarta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Suharasaputra, Uhar. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. PT Refika Aditama, Bandung.

Suradinarta. 2017. Analisis Pendapatan Usahatani Kangkung Di Desa Bojong Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor Studi Kasus Gabungan Kelompok Tani Ragusta. Jurnal Ilmiah. Fakultas Ekonomi dan Manajemen Universitas Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Tani,I dan Kune. 2016. Analisis Pendapatan Usahatani Sayur Kangkung Di Keluraha Bansone Kecamatan Kota Kafemenanu Kabupaten Timor Tengah Utara. Jurnal Ilmiah. Fakultas Pertanian Universitas Timor, Timor Tengah Utara.

Wanda. 2015. Analisis Pendapatan Usahatani Jeruk Siam Di Desa Padang Pagrapat Kecamatan Tanah Grogot Kabupaten Paser. Jurnal Ilmiah. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unversitas Mulawarman, Samarinda.

Winarti. 2008. Kontribusi Lahan Industri Terhadap Tingkat Kesejahteraan Rumah Tangga Petani Di Kecamatan Telukjambe Timur Kabupaten Karawang. Jurnlal Ilmiah. Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret, Surakarta.




DOI: https://doi.org/10.37046/agr.v3i2.9711

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis (P-ISSN: 2597-7075, E-ISSN: 2541-6847) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS