KONTRIBUSI TENAGA KERJA WANITA TANI PADA USAHATANI JAGUNG DI KECAMATAN RANDANGAN KABUPATEN POHUWATO

Alfin Nasution Suaib, Yuriko Boekoesoe, Irwan Bempah

Abstract


Penelitian ini bertujuan : 1) Mengetahui seberapa besar peran wanita tani dilihat dari kontribusi tenaga kerjanya pada usahatani jagung 2) Mengetahui pendapatan usahatani jagung di Kecamatan Randangan Kabupaten Pohuwato. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Randangan Kabupaten Pohuwato selama dua bulan yaitu pada bulan Juli sampai bulan Agustus 2018 dengan jumlah sampel 42 orang.  Metode yang digunakan adalah penelitian  survey dengan analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis pendapatan. Hasil penelitian menunjukan 1) Wanita tani di Kecamatan Randangan Kabupaten Pohuwato memberikan kontribusi terhadap usahatani jagung melalui penanaman, pemeliharaan, panen hingga pascapanen. Pada proses penanaman rata-rata terdapat 5 tenaga kerja wanita tani yang berkontribusi sehingga upah yang diterima adalah Rp. 35.000/wanita tani dengan waktu kerja rata-rata 5 sampai 6 jam/hari untuk wanita yang melakukan penanaman. Sedangkan wanita yang berperan dalam pembuatan lubang tanam diberi upah Rp 50.000/ wanita tani dengan waktu kerja rata-rata 5 jam/hari. Pada proses pemeliharaan, wanita hanya berkontribusi dalam melakukan pemupukan.  Dalam pemupukan rata-rata terdapat 3 wanita tani yang berkontribusi sehingga upah yang diterima adalah Rp. 30.000/wanita tani dalam waktu kerja 4 jam/hari. Pada proses panen rata-rata terdapat 5 wanita tani yang berkontribusi dalam pengupasan dengan upah Rp 7.000/karung. Sedangkan pada proses pasca panen, wanita tani ada yang membantu para suaminya dalam melakukan pekerjaannya dan ada juga wanita tani yang hanya membantu sebagai anggota keluarga. 2) Total pendapatan usahatani jagung di Kecamatan Randangan Kabupaten Pohuwato yaitu sebesar Rp 301.590.485 dengan nilai rata-rata Rp 7.180.726.

Keywords


Kontribusi, Tenaga Kerja Wanita, Usahatani Jagung

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. 2016. Penghitungan dan Analisis Kemiskinan Makro Indonesia Tahun 2015. Jakarta: BPS.

Badan Pusat Statistik. 2017. Provinsi Gorontalo dalam Angka. Provinsi Gorontalo.

Badan Pusat Statistik. 2015. Pohuwato dalam Angka. Kabupaten Pohuwato.

Damatun, Marlina. 2017. Peran Tenaga Kerja Wanita Dalam Usahatani Hortikultura Di Kelurahan Wailan, Tomohon Utara, Kota Tomohon. Jurnal. Agri-Sosial Ekonomi Unsrat, Volume 13 Nomor1A, 169 – 182.

Yuwono, Dian Maharso. 2013. Pengarusutamaan Gender Dalam Pembangunan Pertanian: Kasus Pada Pelaksanaan Program Feati Di Kabupaten Magelang. Jurnal. SEPA : Vol, 10 No, 1.

Ningtiyas, 2016. Curahan Waktu Wanita Tani Dan Kontribusinya Terhadap Pendapatan Keluarga Di Desa Jake Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi (Studi Kasus Buruh Tani Perkebunan Karet). Jurnal Jom Faperta Vol 2 No 1.

Rukmana, R. 2010. Jagung Budidaya, Pascapanen, dan Penganekargaman pangan. CV. Aneka Ilmu. Semarang.

Sondakh, Joula. 2016. Analisis Produksi Dan Rantai Pemasaran Usahatani Jagung Di Kabupaten Minahasa Selatan Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal. Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian. Vol. 19, No.3, 213-226.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cetakan kedua puluh. Penerbit ALFABETA, CV. Bandung.

Shinta, Agustina. 2011. Ilmu Usahatani. UB Press. Malang.

Soekartawi. 2006. Analisis Usahatani. Penerbit Universitas Indonesia, Jakarta.

Sulaksana, 2014. Tenaga Kerja dan Kontribusinya Terhadap Pendapatan Rumah Tangga (Suatu Kasus Pada Industri Rumah Tangga Emping Jagung di Desa Ciomas Kecamatan Sukahaji Kabupaten Majalengka). Jurnal. Ilmu Pertanian dan Peternakan.




DOI: https://doi.org/10.37046/agr.v3i2.9713

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis (P-ISSN: 2597-7075, E-ISSN: 2541-6847) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS