PERILAKU KOMUNITAS POLAHI DALAM PEMANFAATAN LAHAN PERTANIAN DI DESA BINA JAYA KECAMATAN TOLANGOHULA KABUPATEN GORONTALO

Yasin Kulimba, Wawan K Tolinggi, Amelia Murtisari

Abstract


Penelitian ini bertujuan : 1) Mengetahui perilaku pemanfaatan lahan pertanian komunitas Polahi di Desa Bina Jaya Kecamatan Tolangohula Kabupaten Gorontalo 2) mengetahui cara pemanfaatan lahan pertanian komunitas Polahi di Desa Bina Jaya Kecamatan Tolangohula Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Bina Jaya Kecamatan Tolangohula Kabupaten Gorontalo dari bulan Maret sampai bulan Mei dengan jumlah responden 6 orang yaitu 1 kepala desa 2 masyarakat setempat dan 3 komunitas Polahi. Metode penelitian ini adalah Jenis penelitian survei dengan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Sampai saat ini perilaku pemanfaatan lahan pertanian oleh komunitas Polahi masih mempertahankan tradisi bertani dan memanfaatkan lahan pertanian secara nomaden atau pertanian berpindah 2) Cara pemanfaatan lahan pertanian oleh komunitas polahi ini adalah mereka memanfaatkan lahan pertanian dengan menaman beberapa tanaman komoditi pertanian seperti jagung, padi ladang, kacang tanah, ubi kayu, dan komoditi tanaman lainya. Untuk mengolah lahan, kini mereka sudah menggunakan herbisida berjenis rambo, sedangkan benih yang mereka tanam yaitu didapatkan dari perkampugan atau dari orang-orang yang mereka kenali. Tanaman yang ditanam tidak diberi pupuk sama sekali melainkan dibiarkan tumbuh dan menyerap unsur hara yang ada didalam tanah.

Keywords


Perilaku, Polahi, Pertanian, Analisis Deskriptif

References


Gunarsa, D. S. Dan Gunarsa, D. Y. 2008. Psikologi Praktis Anak, Remaja Dan Keluarga. Penerbit PT BPK Gunung Mulia. Jakarta. Hanafie, R. 2010. Pengantar Ekonomi Pertanian. Penerbit CV Andi Offset. Yogyakarta.

Laurens. J. M. 2005. Arsitektur Dan Perilaku Manusi. Penerbit PT Grasindo. Jakarta.

Notoatmodjo, S. 1997. Pendidikan Dan Perilaku Kesehatan Dalam Ilmu Kesehatan Masyarakat. Penerbit Rineka Cipta. Jakarta.

Pieter, Z. H. dkk. 2011. Pengantar Psikopatologi Untuk Keperawatan. Penerbit Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Penerbit Alfabeta, CV. Bandung.

Sunaryo. 2004. Psikologi Untuk Keperawatan. Penerbit Buku Kedokteran EGC. Jakarta.

Syamsul. 2018. Membangun Pertanian Dan Pangan Untuk Mewujutkan Kedaulatan Pangan. Penerbit Deepublish. Yogyakarta.

Yuminarti, U. dkk. 2018. Studi Komparasi Praktik Perladangan Berpindah Dan Pertanian Menetap Untuk Mendukung Ketahanan Pangan Masyarakat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.