PERAN PENYULUHAN TERHADAP PELAKSANAAN PROGRAM PERHUTANAN SOSIAL DI DESA BONDAWUNA KECAMATAN SUWAWA SELATAN KABUPATEN BONE BOLANGO

Erwin Hujani, Irwan Bempah, Yanti Saleh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran penyuluhan terhadap pelaksanaan program perhutanan sosial di Desa Bondawauna Kecamatan Suwawa Selatan Kabupaten Bone Bolango. Metode pengambilan sampel adalah dengan menggunakan Purposive Sampling dengan 24 sampel. Penelitian ini menggunakan analisis Deskriptif. Analisis Deskriptif menunjukan bahwa karakteristik responden berdasarkan umur rata-rata usia responden termasuk dalam karegori berpoduktif 95.8% yang tidak produktif 4.1%. sedangkan dari tingkat pendidikan responden masih tergolong tamat SD 83.3%, SLTA 12.5% dan Strata 1 4.1%. responden berdasarkan lama tetap masih tergolong dalam masyarakatat asli 50% transmigrasi 45.8% dan 4.1%. dan karakteristik responden berdasarkan pekerjaan rata-rata responden berpropesi sebagai petani 87.5% sedangkan rendah aparat 12.5%. kategori selanjutnya yaitu peran penyuluhan terhadap pelaksanaan program perhutanan sosial dimana total hasil persentasenya sebesar 74.16% dengan memiliki kategori baik. hasil analisis menunjukan bahwa peran penyuluhan terhadap pelaksanaan program perhutanan sosial di Desa Bondawuna sudah berjalan dengan baik sesuai dengan peraturan Perhutanan Sosial.

Keywords


Peran, Penyuluhan Pelaksanaan Program, Perhutanan Sosial

References


Anjasari, R. 2009. Pengaruh Hutan Tanaman Industri (HTI) terhadap Kondisi SosialEkonomi Masyarakat di KecamatanKampar Ilir. Tugas Akhir JurusanPerencanaan Wilayah dan Kota. Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Semarang.

Aris Jatmiko, Ronggo Sadono, Lies Rahayu Wijayanti Faida, 2012. Evaluassi kegiatan rehabilitas hutan dan lahan menggunakan analisis multikriteria (studi kasus di Desa Butuh Kidul Kecamatan Kalikajar, Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah).

Abdul Rahman Yunus, 2015. Metode penyuluhan pada petani padi sawah di kecamatan kota timur kota gotontalo

Ryan Azami, 2018. Presepsi penyuluh kehutanan dan petani terhadap hutan rakyat di kabupaten bogor jawa barat.

Beyin R. Asiku 2015. Analisis faktor kinerja penyuluh pertanian pada usahatani padi sawah di kecamatan kabila kabupaten bone bolango.

Badan Pusat Statistik, 2013. Analisis Rumah Tangga Sekitar Kawasan Hutan di Indonesia.

Dian Kagungan, 2008. Kebijakan Hutan Kemasyarakatan (Hkm)Di Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung

Iskandar, Hasan Almutahar, M. Sabran, 2013. Kajian Sosiologis Terhadap Peran Penyuluh Kehutanan Dalam Pemberdayaan Masyarakat Pada Pengelolaan Hasil Hutan Bukan Kayu (Hhbk) Di Desa Tunggul Boyok Kecamatan Bonti Kabupaten Sanggau.

Syahrizal, 2015. Strategi pengembangan hutan kemasyarakatan dengan pola agroforestry di Desa Amal Kecamatan Sindue Kabupaten Donggala.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.