ANALISIS PENDAPATAN DAN PRODUKTIVITAS SISTEM INTEGRASI USAHATANI JAGUNG-SAPI DI KABUPATEN BONE BOLANGO

Ferianto Manopo, Irwan Bempah, Amelia Murtisari

Abstract


Penelitian ini bertujuan :1) Mengetahui pendapatan petani pada sistem integrasi jagung sapi, 2) Mengetahui produktifitas lahan pada sistem integrasi jagung sapi. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Bone Bolango dari bulan Maret sampai dengan bulan Juni 2018 dengan jumlah sampel 35 orang petani integrasi jagung-sapi. Penelitian ini menggunakan analisis produktivitas dan pendapatan dengan pengambilan sampel data purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan : (1) Tingkat pendapatan usaha integrasi jagung sapi di Kabupaten Bone Bolango dengan total pendapatan usaha integrasi jagung sapi rata-rata per petani sebesar Rp.13.403.057 dan pendapatan usaha integrasi jagung-sapi untuk rata-rata per hektar sebesar Rp.12.706.511. (2) Produktivitas pada usahatani jagung di Kabupaten Bone Bolango mengalami fluktuasi selama 5 tahun terakhir. Yaitu nilai tertinggi berada pada tahun 2017, produktivitas usahatani jagung mencapai 4,883 Ton/ha, dan nilai terendah terjadi pada tahun 2015, dengan nilai produktivitas sebesar 4,54 Ton/ha. Produktivitas usaha ternak juga mengalami fluktuasi selama 5 tahun terakhir. Nilai tertinggi terjadi pada tahun 2017 dengan nilai produktivitas sebesar 3,62 Ekor/ha, dan nilai produktivitas terendah terjadi pada tahun 2013 dengan nilai produktivitas sebesar 2,8 Ekor/ha.

Keywords


Pendapatan, Produktivitas, Integrasi Jagung-Sapi

References


Badan Pusat Statistik Kabupaten Bone Bolango Dalam Angka 2018, Kecamatan Dalam Angka.

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Gorontalo, 2017

Soekartawi, 2010. Ilmu Usahatani dan Penelitian Untuk Pengembangan Petani Kecil. Jakarta: Universitas Indonesia.

Soekartawi, 2012. Teori Ekonomi Produksi Dengan Pokok Bahasan Analisis Fungsi Produksi Cob-Doglas, PT. Raja Grafindo Pesada, Jakarta.

Matondang, R, M, Rusliyadi 2015, “Pengkajian Sistem Integrasi Jagung-Sapi Di Provinsi Gorontalo Dengan Model Kemitraan” Provinsi Gorontalo.

Priyanti, A, 2007, Model Ekonomi Rumahtangga Petani Pada Sistem Integrasi Tanaman-Ternak: Konsepsi Dan Studi Empiris, Jl. Raya Pajajaran Kav. E59, Bogor 16151.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.