KARAKTERISTIK SOSIAL EKONOMI DAN PENDAPATAN PEDAGANG BUAH DI KECAMATAN TIBAWA KABUPATEN GORONTALO

Amriyanti Ayuba, Yanti Saleh, Yuriko Boekoesoe

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana masing-masing karateristik pedagang buah di Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo, dan mengetahui pendapatan pedagang buah di Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini dilakukan di Provinsi Gorontalo Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan adalah metode survei yaitu pengumpulan data berdasarkan wawancara dan observasi. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Jenis dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan sekunder. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis pendapatan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa karateristik pedagang buah di Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo lebihdominana berusia dibawah umur 50 tahun, pendidikan terakhir SMA, dengan jumlah tanggungan lebih dari 2 orang, modal pembelian buah antara Rp. 1.000.000-10.000.000, dengan lamannya berdagang buah dibawah 20 tahun dengan waktu operasionalnya 18 jam/ hari mulai dari membuka sampai dengan menutup lapak jualan buah. Dan untuk pemesanan buah-buahan responden pedagang buah memasok buah-buahan dari berbagai macam daerah, mulai dari Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat hingga Jawa Barat. Serta untuk pendapatan responden pedagang buah di Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo, Rata-rata pendapatan bersih yaitu sebesar Rp. 3.294.166. Hal ini di sebabkan oleh penerimaan pedagang buah lebih besar di bandingkan dengan total biaya.

Keywords


Karaktersik, Pendapatan, Pedagang, Buah-buahan

References


Amalia Rezki. 2015. Analisis Penawaran Tenaga Kerja di Sektor Informal Kota Makassar (Subsektor Pedagang Keliling). Skripsi. Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin Makasar. Makassar. (dipublikasikan)

Anggraini, Dina dan Fitrah Mulyani. 2016. Analisis Evektivitas dan Kontribusi Pajak Daerah Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Padang Panjang Periode 2011-2015. Jurnal Menara Ilmu, Vol. X Jilid 2 No. 73 (hlm:4)

Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustakan, 1998

Foster, Bill. 2001. Pembinaan Untuk Peningatkan Kinerja Karyawan. PPM: Jakarta

Hakim, Lukmanual. 2011. Perkembangan Tenaga Kerja Wanita Di Sektor Informal : Hasil Analisis Dan Proxy Data Sensus Penduduk 2011. Jurnal. Among Makarti, Vol. 4 No. 7. (hlm:24)

Halim, A. Ridwan. 1990. Hukum Pemburuan Dalam Tanya Jawab. Ghalia Indonesia. Jakarta

Lindarti, Eka. 2016. Profil Pedagang Buah Di Pasar Buah Kota Bumi Kabupaten Lampung Utama 2015. Skipsi. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung, Bandar Lampung. (dipublikasikan)

Mulyadi. 2015. Akuntasi Biaya, Edisi 5. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN

Rangkuti, Freddy. 2012. Studi Kelayakan Bisnis dan Investasi. Kompas Gramedia Building. Jakarta

Seti, Muhaimin LA, H. Rauf dan F. Tanipu. 2014. Sektor Informal Di Kota Gorontalo (Studi Tentang Pedagang Kaki Lima Di Pasar Satya Pradja). Tesis. Universitas Negeri Gorontalo. Gorontalo

(dipublikasikan)

Simanjuntak, Payaman. 2001. Pengantar Ekonomi Sumber Daya Manusia. Jakarta: LPFEUI

Soekartawi. 2003. Teori Ekonomi Produksi. Rajawali Press. Jakarta

Suroto. 2002. Makroekonomi. Edisi Perdana. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Syam Bahtiar Wali Tenri. 2010. Analisis Pendapatan Pedagang Buah di PD Pasar Induk Kramat Jati Jakarta Timur. Skripsi. Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor. (dipublikasikan)

Undang-undang SINDIKNAS. 2003. Lamanya Tingkat Pendidikan. DPR/MPR: Indonesia

Wahyono, Budi. 2017. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Di Pasar Buntul Kabupaten Buntu. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Yogyakarta (dipublikasikan)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.