PENGARUH KREDIT KOPERASI DESA TERHADAP MODAL USAHA PETANI DI DESA MONGOLATO KECAMATAN TELAGA KABUPATEN GORONTALO

Meylan Dai, Irwan Bempah, Yuriko Boekoesoe

Abstract


Penelitian ini bertujuan : 1) untuk mengetahui faktor pendorong petani melkukan kredit di KUD Berkat desa Mongoltao kecamatan Telaga kabupaten Gorontalo 2) mengetahui pengaruh kredit koperasi desa KUD Berkat terhadap modal usaha petani di desa Mongolato kecamatan Telaga kabupaten Gorontalo. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Mongolato Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo pada bulan Maret – April dengan sampel 40 responden tahun 2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian survei dengan menggunakan analisis Deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa 1) alasan utama faktor pendorong petani adalah untuk membiayai usaha tani mereka. 2) hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengaruh kredit KUD Berkat terhadap modal usaha petani terdiri dari Pelayanan, Bentuk Pengembalian, Lama Pinjaman dan Suku Bunga menunjukkan intensitas gejala yang berbeda yaitu, untuk Pelayanan adalah signifikan(0.031 < 0.1), bentuk pengembalian adalah tidak signifikan (0.985 > 0.1), Lama Pinjaman adalah signifikan (0.068 < 0.1) dan Suku Bunga adalah signifikan (0.001 < 0.1). indikasi tersebut menunjukkan bahwa bentuk pengembalian yang tidak signifikan masih memerlukan penyempurnaan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pelayanan, lama pinjaman dan suku bunga berpengaruh positif dan signifkan terhadap modal usaha petani. Faktor kredit lain yang juga berpengaruh dalam modal usaha petani adalah cara pengajuan atau prosedur peminjaman.

Keywords


Kredit, KUD, Pelayanan, Bentuk Pengembalian, Lama Pinjaman, Modal Usaha dan Analisis Regresi Linear Berganda

References


Algifari. 2000. Analisis Regresi Teori, Kasus dan Solusi. Cet. II. BPEE. Yogyakarta.

Amirullah dan Hardjanto, Imam. 2005. Pengantar Bisnis, Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Anogara, P dan Widiyanti N. 1995. Manajemen Koperasi. ISBN. PT. Dunia Pustaka. Jakarta.

Astuti, D. 2004. Manajemen Keuangan Perusahaan. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Badan Pusat Satatistik. 2016. Produk Domestik Regional Bruto Menurut Pengeluaran Kabupaten/Kota Di Provinsi Gorontalo, 2013-2017. Gorontalo. 46 hlm.

Chaniago, A. 1984. Perkoperasian Indonesia. Angkasa. Bandung.

Indriantoro, N. Dan Supomo, B. (2002). Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi & Manajemen, Cet Ke II. BPEE. Yoyakarta.

Iqbal, M. 2018.Pengolahan Data Dengan Regresi Linear Berganda (dengan SPSS Versi 19-22). 16 hlm.

Irawan, N. R. M. 2016. Pengaruh Modal Usaha Dan Penjualan Terhadap Laba Usaha Pada Perusahaan Penggilingan Padi Ud. Sari Tani Tenggerejo Kedungpring Lamongan. ISSN. Kutivasi Vol. I.(2) Juni 2016, 75-82.

Munawir, S. 2004. Analisis Laporan Keuangan, Edisi Ke-4, Liberty, Yogyakarta. Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI). 2004. Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK ). Jakarta: Salemba Empat.

Rangkuty, F. 1997. Riset Pemasaran. PT Gramedia Pustaka Utama Angkasa. Jakarta.

Riyanto, B. 2010. Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan Edisi Empat. BPFE. Yogyakarta.

Rosmiati, M. 2012. Pengaruh Kredit terhadap Perilaku Ekonomi Rumah Tangga Petani Padi Sawah: Aplikasi Model Ekonomi Rumah Tangga Usaha Tani.

Soetriono. Suwandari, A. Rijanto.2006. Pengantar Ilmu Pertanian. Bayumedia Publishing. Malang.

Sumarsono, S. 2004. Manajemen Koperasi: Teori Dan Praktek. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Suryanto, P. Dan Tohari., M. Sambas Sabarnurnudin. 2005. Dinamika sistem berbagi sumberdaya (resouces sharing) dalam agroforestri: dasar pertimbangan penyusunan strategi silvikultur. Jurnal Ilmu Pertanian. Vol 12 No.2, 2005: 165-178.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.