PENGARUH KARAKTERISTIK SOSIAL EKONOMI TERHADAP PENDAPATAN PETANI KOPI DI DESA BAGENG KECAMATAN GEMBONG KABUPATEN PATI

Marandita Ayun Kumaladevi, Lasmono Tri Sunaryanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pendapatan petani kopi dan menganalisis karakteristik sosial ekonomi yang mempengaruhi pendapatan petani kopi di Desa Bageng, Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati. Pemilihan lokasi penelitian dilakukan secara purposive dengan pertimbangan bahwa sebagian besar matapencaharian penduduk di wilayah tersebut adalah petani kopi. Penelitian dilakukan pada bulan Mei 2019. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 55 petani responden yang dihitung menggunakan rumus Slovin dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling.Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa usahatani kopi di Desa Bageng sudah menguntungkan dan layak diusahakan, upaya untuk meningkatkan pendapatan dapat dilakukan dengan memberikan pelatihan untuk mengolah biji kopi menjadi kopi bubuk sehingga dampak ekonomi lebih dirasakan oleh petani kopi. Karakteristik sosial ekonomi yang mempengaruhi pendapatan petani kopi di Desa Bageng ini adalah kepemilikan luas lahan, tingkat pendidikan, pengalaman berusahatani dan biaya sarana produksi sedangkan umur petani dan jumlah tanggungan keluarga tidak mempengaruhi pendapatan petani kopi.

Keywords


Karakteristik sosial ekonomi, usahatani kopi, pendapatan

References


Asih, D. N. (2009). Analisis karakteristik dan tingkat pendapatan usahatani bawang merah di Sulawesi Tengah. Agroland, 16(1).

Badan Pusat Statistik Kabupaten Pati. (2017). Kabupaten Pati Dalam Angka 2016 (Seksi Integrasi Pengolahan dan Diseminasi Statistik, Ed.). Pati: Badan Pusat Statistik Kabupaten Pati.

Chuzimah, Noprianto, Lasnawati, E., & Febriansyah, A. (2016). Pengaruh Karakteristik Sosial Ekonomi Petani Terhadap Pendapatan Usahatani Padi Lebak di Desa Pemulutan Uku. Fakultas Pertanian Universitas IBA.

Ginting, M. (2018). Hubungan dan Pengaruh Karakteristik Sosial Ekonomi Petani dan Input Terhadap Pendapatam Petani Kubis Bunga (Brassica oleracea L. var. botrytis L.) Dan Wortel (Daucus carota L.)(Studi Kasus: Desa Rumah Berastagi Kecamatan Berastagi Kabupaten Karo). Journal On Social Economic Of Agricultural And Agribussness, 9(5).

Hasan, I. (2000). Analisis produksi Kopi di Desa Mbenti Kecamatan Minyambow Kabupaten Manokwari. Retrieved from http://papuaweb.org/unipa/dlib-s123/hasan/s1.PDF

Kementerian Pertanian. (2017). Outlook 2017 Komoditas Pertanian Sub Sektor Perkebunan Kopi. Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian Sekertaris Jendral-Kementrian Pertanian.

Mantra, I. B. (2004). Filsafat penelitian & metode penelitian sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Maramba, U. (2018). Pengaruh Karakteristik Terhadap Pendapatan Petani Jagung di Kabupaten Sumba Timur (Studi Kasus: Desa Kiritana, Kecamatan Kambera, Kabupaten Sumba Timur). Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 2(2), 94ヨ101. https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2018.002.02.2

Mubyarto. (1989). Pengantar Ekonomi Pertanian. Jakarta: LP3ES.

Sarno. (2014). Karakteristik Sosial Ekonomi Yang Mempengaruhi Tingkat Pendapatan Petani Ubi Kayu di Desa Karanganyar Banjarnegara. Media Agrosains, 1 (01), 23ヨ26.

Sastraatmadja, E. (2010). Suara petani. Masyarakat Geografi Indonesia.

Soekartawi. (2009). Agribisnis. Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Rajawali Pers.

Soekarwati. (2006). Analisis Usahatani. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Suratiyah, K. (2015). Ilmu Usahatani (Revisi). Jakarta: Penebar Swadaya.

Waluwanja, A. R. (2014). Faktor-Faktor Sosial Ekonomi yang Mempengaruhi Pendapatan Petani Tembakau di Desa Batur Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang= The Social Economic Factors Affecting on Tobaco FarmersRevenue In Batur Village Getasan Subdistrict, Semarang Regency. Program Studi Agribisnis FPB-UKSW.

Yanutya, P. A. T. (2013). Analisis Pendapatan Petani Tebu di Kecamatan Jepon Kabupaten Blora. Economics Development Analysis Journal, 2, 4.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.