PENGARUH PENERAPAN DIMENSI MANAJEMEN PADA PRODUKTIVITAS KOPERASI SIMPAN PINJAM BUDI LUHUR DI KABUPATEN GORONTALO

Febri Yanti R. Monoarfa, Amir Halid, Yanti Saleh

Abstract


Pada penelitian ini difokuskan pada manajemen perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi, bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh penerapan dimensi manajemen pada produktivitas KSP Budi Luhur di Kabupaten Gorontalo. Metode pengambilan sampel adalah dengan menggunakan porpusive sampling dengan 40 sampel. Penelitian ini menggunakan analisis linier berganda dengan menggunakan aplikasi komputer SPSS 0.16. Berdasarkan hasil analisis secara simultan variabel perencanaan (X1), pengorganisasian (X2), pelaksanaan (X3), dan evaluasi (X4) berpengaruh signifikan terhadap produktivitas Koperasi Simpan Pinjam Budi Luhur. Dapat dilihat dari Adjusted R Square yaitu sebesar 0,607 yang menunjukkan bahwa keempat variabel tersebut seacar simultas memberikan pengaruh positif sebesar 60,7% dalam mempengaruhi produktivitas Koperasi Simpan Pinjam Budi Luhur. Sedangkan hasil analisis secara parsial nilai t-hitung variabel perencanaan (X1) adalah sebesar 2,769 atau lebih besar dari nilai t-tabel sebesar 2,030, pengorganisasian (X2) t-hitung sebesar 2,644 atau lebih besar dari t-tabel 2,030, pelaksanaan (X3) t-hitung sebesar 2,047 atau lebih besar dari t-tabel sebesar 2,030, dan evaluasi (X4) t-hitung sebesar 2,981 atau lebih besar dari t-tabel sebesar 2,030. Dapat dilihat dari nilai t-hitung lebih besar dari pada t-tabel yang artinya keempat variabel berpengaruh signifikan terhadap produktivitas koperasi simpan pinjam Budi Luhur.

Keywords


Pengaruh Penerapan Dimensi Manajemen

References


BPS Kabupaten Gorontalo. 2017.

Faridah. 2016. Penerapan Manajemen Pada Koperasi Pondok Pesantrem AL-Amanah AL Gontory Parigi Baru Pondok Aren Kota Tanggerang Selatan. Skripsi. Jurusan Manajemen Dakwah. Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta

Lamusu. 2015. Analisis Produktivitas Dan Pengaruh Luas Lahan Terhadap Pendapatan Usahatani Kelapa Di Desa Libungo Kecamatan Suwawa Selatan Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Jurusan Agribisnis. Fakultas Pertanian. Universitas Negeri Gorontalo.Gorontalo

Lizwaril. 2015. Pengukuran Kinerj Koperasi Dengan Balanced Scorecard. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Humanika JINAH Vol. 4, No.2 Singaraja, Juni 2015.

Papina. 2014 . Audit manajemen untuk meniai efektivitas atas fungsi sumber daya manusia pada lottermart wholesale yogyakarta.

Purwantini, dkk. 2016. Kajian Pengelolaan Dana Koperasi Simpan Pinjam Konvensional Di Kota Semarang. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, Volume 18, Nomor 1, Juni 2016.

Suwito. 2016 . Manajemen koperasi makmur bersama kapet di desa harapan kecamatan wonosari kabupaten boalemo. Skripsi. Jurusan Agribisnis. Fakultas Pertanian. Universitas Negeri Gorontalo. Gorontalo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.