FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN BERBELANJA DI Q_MART SUPER STORE KELURAHAN DULALOWO TIMUR KECAMATAN KOTA TENGAH KOTA GORONTALO

Febrianto Paputungan, Asda Rauf, Amir Halid

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh simultan dan parsial dari keenam variabel harga, pelayanan, promosi, kualitas produk, fasilitas, dan lokasi terhadap keputusan konsumen berbelanja di Q_Mart super store. Metode pengambilan sampel adalah dengan menggunakan Accidental Sampling dengan 50 sampel. Penelitian ini menggunakan analisis Regresi linear berganda dengan menggunakan aplikasi komputer SPSS 0.16. berdasarkan hasil analisis pengaruh simultan terhadap variabel harga (X1), pelayanan (X2), promosi (X3), kualitas produk (X4), fasilitas (X5) dan lokasi (X6) berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen berbelanja produk hortikultura di Q_Mart super store. Hasil analisis dengan uji t menunjukan bahwa variabel harga (X1), pelayanan (X2), kualitas produk (X4), fasilitas (X5), dan lokasi (X6) berpengaruh nyata signifikan terhadap keputusan berbelanja produk hortikultura di Q_Mart super store karena semua variabel yang memiliki thitung lebih besar dari ttabel 2,31, sedangkan variabel promosi (X3) tidak berpengaruh nyata terhadap keputusan konsumen berbelanja di Q_Mart super store, karena thitung 0,361 kurang dari ttabel 2,016, variavel yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap keputusan berbelanja di Q_Mart super store adalah variabel Harga (X1) karena memiliki nilai thitung terbesar 2,874.

Keywords


Analisis faktor, perilaku konsumen, keputusan berbelanja

References


Nugraha, Adi. 2011. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Memilih Carrefour Jember Sebagai Tempat Berbelanja. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universiras Jember, Jember.

Nugroho j. Setiadi. 2010. Perilaku konsumen. Perspektif Konteporer Pada Motif, Tujuan, dan keinginan konsumen. Edisi Revisi. Penerbit Kencana Prenada Media Group, Bandung.

Sugiarto, Endar. 2002. Psikologi Pelayanan dalam Industri Jasa. Gramedia Jakarta.

Sunanto, 2005. Pengaruh Penetapan Harga dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Apotik Sunfarm Tanggerang Selatan. Fakultas Ilmu Manajemen Universitas Pamulang Tanggerang Selatan. Jurnal Inovasi, ISSN 2356-2005

Tjiptono, Fandy. 2000. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi Offset.

Usman Rianse dan Abdi. 2012. Metodologi Penelitian Sosial Dan Ekonomi. Teori dan Aplikasi. Edisi pertama. Penerbit Alfabeta, Bandung.

Wijaya, Juhana. 1999. Pelayanan Prima. Armico Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.