PROFIL PETANI PADI SAWAH DI KECAMATAN BULANGO TIMUR KABUPATEN BONE BOLANGO

Hendra S Yubi, Asda Rauf, Yanti Saleh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil petani padi sawah di Kecamatan Bulango Timur Kabupaten Bone bolango, Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Bulango Timur, dilaksanakan pada bulan juni sampai agustus 2018. Metode yang digunakan adalah metode survey yang digunakan untuk mendapatkan data yang terjadi pada masa lampau atau saat ini. Dari hasil penelitian ini diperoleh profil petani padi sawah, diantaranya: 1) Dari hasil penelitian diperloh data Rata-rata umur petani di atas berkisar antara 15-60 tahun, 2) Tingkat pendidikan untuk petani responden yang ada di Kecamatan Bulango Timur masih didominasi oleh petani dengan tingkat pendidikan Sekolah Dasar (SD) dari 94 petani responden petani yang berpendidikan SD berjumlah 52 orang atau dengan jumlah persentase 55,3%, 3) Petani responden yang memiliki tanggungan 1-2 orang berjumlah 38 orang dengan nilai persentase sebesar 40,4% dan tanggungan 3-4 orang berjumlah 19 orang dengan nilai persentase 20,2% sedangkan 5-6 berjumlah 37 orang dengan nilai persentase 39,3%, 4) Pengalaman berusahatani petani responden di Kecamatan Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango yaitu kisaran 0-10 tahun berjumlah 58 orang atau dengan nilai persentase sebesar 61,7% sedangkan kisaran 11-20 tahun berjumlah 36 orang dengan nilai persentase 38,2%, 5) Produksi yang diperoleh sangat berfariasi, dimana untuk desa Bulotalangi 19 orang petani memiliki produksi sebesar 54,150 Kg, dan untuk desa Bulotalangi Timur 21 orang memiliki produksi 33,200 Kg, dan khusus untuk desa toluwaya 15 orang petani memiliki produksi 28,250 Kg.

Keywords


Profil Petani Padi Sawah

References


Astuti. 2013. Analisis Pendapatan Usahatani Padi Sawah (Oriza Satival) Di Kecamatan Kaway Xvi Kabupaten Aceh Barat. Universitas Teuku Umar: Aceh Barat

Badan Pusat Statistik. 2012. Provinsi Gorontalo. Badan Pusat Statistik Gorontalo

Choirutunnisa. 2008. Hubungan Karakteristik Sosial Ekonomi Petani Dengan Tingkat Penerapan Model Pengelolaan Tanaman Terpadu Padi Sawah Di Desa Joho Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo. Fakultas Pertanian Jurusan Penyuluhan Komunikasi Pertanian. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Hermanto. 1993. Ilmu Usahatani. Penebar Swadaya. Jakarta

Indrawan Rully dan Poppy Yaniawati. 2014. Metode Penelitian. Bandung: Rafika Aditama

Lestari Wahyu, dkk. 2011. Analisis Pendapatan Dan Titik Impas Usahatani Mentimun Desa Bangunrejo Kecamatan Tenggerang Seberang Kabupaten Kutai Kartanegara, Jurnal. Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, Samarinda.

Suripaty. 2011. Analisis Struktur Biaya Produksi Dan Kontribusi Pendapatan Komoditi Kakao (Theobroma Cacao L) Di Desa Latu. Jurnal Agroforestri VI(2)

Suratiyah Ken. 2009. Ilmu Usahatani. Jakarta: Penebar Swadaya

Soekartawi. 2002. Analisis usahatani. Jakarta: Universitas Jakarta

Soekartawi, 2008. Hubungan Karakteristik Sosial Ekonomi Petani Dengan Tingkat Penerapan Modal Pengelolaan Tanaman Terpadu Padi Sawah Di Desa Joho Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo. Agritexts No. 24 Desember, 2008

Sugiono. 2014. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sinaga. Azul Syahrul. 2009. Perbedaan Karakteristik Sosial Ekonomi, Sumber Informasi, Dan Pendapatan Petani Kopi Arabika Dengan Petani Kopi Robusta Kelurahan Sidiangkat Dan Kelurahan Bintang Hulu Kecamatan Sidikalang Kabupaten Dairi. Fakultas Pertanian Universitas Sumatra Utara Medan.

Thamrin Dkk 2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.