PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS OUTDOOR LEARNING DALAM PELAJARAN MENGONSTRUKSI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TELAGA
Novianti Umamit, Fatmah AR Umar, Muslimin Muslimin
Abstract
Peneliti ini bertujuan untuk penerapan metode pembelajaran berbasis outdoor learning dalam pelajaran mengonstruksi teks laporan hasil observasi pada siswa kelas VII smp negeri 1 telaga . Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah penerapan metode pembelajaran berbasis outdoor learning dalam pelajaran mengonstruksi teks laporan hasil observasi pada siswa kelas VII Smp Negeri 1 Telaga, (2) bagaimanakah kendala yang di hadapi dalam penerapan metode pembelajaran berbasis outdoor learning dalam pelajaran mengonstruksi teks laporan hasil observasi pada siswa kelas VII Smp Negeri 1 Telaga, dan (3) bagaimanakah upaya dalam mengatasi penerapan metode pembelajaran berbasis outdoor learning dalam pelajaran mengonstruksi teks laporan hasil observasi pada siswa kelas VII Smp Negeri 1 Telaga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian penerapan metode pembelajaran berbasis outdoor learning dalam pelajaran mengonstruksi teks laporan hasil observasi pada siswa kelas VII Smp Negeri 1 Telaga. Dalam penelitian ini, peneliti menerapkan materi dengan menyesuaikan RPP. Adapun penerapannya ialah, pendahuluan, melakukan apresepsi, menjelaskan materi, penyampaian tentang metode outdoor learning dan pembagian kelompok. Pada tahap kegiatan inti, peneliti memanfaatkan sumber/media di luar kelas, melaksanakan kegiatan refleksi, memberikan kesimpulan materi yang telah di ajarkan.
Keywords
Penerapan, Outdoor Learning, Mengonstruksi Teks Laporan Hasil Observasi
Basrowi, dan Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Dakhir. 2004. Perencanaan dan pengembangan kurikulum. Jakarta: Rineka Cipta
Husamah. 2013. Pembelajaran luar kelas Outdoor Learning. Jakarta: Prestasi Pustakarya.
Pramono, Rivan. 2020. Penerapan Metode Outdoor Learning dalam Pembelajaran Mengkonstruksi Teks Eksplanasi Pada Peserta Didik Kelas XI Sma Negeri 1 Godong Grobogan Tahun Pelajaran 2019/2020. Dwijaloka Volume 1, Nomor. 1.
Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Syamsudin A.R, M.S dan Damaianti, Vismai. 2006. Metode penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Yumnah, Siti. dkk. 2019. Outdoor Learning Belajar di Luar kelas. Malang: Literasi Nusantara.
Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo, Jl. Prof. Dr. Ing. B.J. Habibie, Desa Moutong, Kec. Tilongkabila, Kab. Bone Bolango Telepon (0435) 821125 Fax. (0435) 821752, email: jurnalbdb@gmail.com | http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JBSP/