PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS OUTDOOR LEARNING DALAM PELAJARAN MENGONSTRUKSI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TELAGA

Novianti Umamit, Fatmah AR Umar, Muslimin Muslimin

Abstract


Peneliti ini bertujuan untuk penerapan metode pembelajaran berbasis outdoor learning dalam pelajaran mengonstruksi teks laporan hasil observasi pada siswa kelas VII smp negeri 1 telaga . Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah penerapan metode pembelajaran berbasis outdoor learning dalam pelajaran mengonstruksi teks laporan hasil observasi pada siswa kelas VII Smp Negeri 1 Telaga, (2) bagaimanakah kendala yang di hadapi dalam penerapan metode pembelajaran berbasis outdoor learning dalam pelajaran mengonstruksi teks laporan hasil observasi pada siswa kelas VII Smp Negeri 1 Telaga, dan (3) bagaimanakah upaya dalam mengatasi penerapan metode pembelajaran berbasis outdoor learning dalam pelajaran mengonstruksi teks laporan hasil observasi pada siswa kelas VII Smp Negeri 1 Telaga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian penerapan metode pembelajaran berbasis outdoor learning dalam pelajaran mengonstruksi teks laporan hasil observasi pada siswa kelas VII Smp Negeri 1 Telaga. Dalam penelitian ini, peneliti menerapkan materi dengan menyesuaikan RPP. Adapun penerapannya ialah, pendahuluan, melakukan apresepsi, menjelaskan materi, penyampaian tentang metode outdoor learning dan pembagian kelompok. Pada tahap kegiatan inti, peneliti memanfaatkan sumber/media di luar kelas, melaksanakan kegiatan refleksi, memberikan kesimpulan materi yang telah di ajarkan.

Keywords


Penerapan, Outdoor Learning, Mengonstruksi Teks Laporan Hasil Observasi

Full Text:

PDF

References


Basrowi, dan Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Dakhir. 2004. Perencanaan dan pengembangan kurikulum. Jakarta: Rineka Cipta

Husamah. 2013. Pembelajaran luar kelas Outdoor Learning. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Pramono, Rivan. 2020. Penerapan Metode Outdoor Learning dalam Pembelajaran Mengkonstruksi Teks Eksplanasi Pada Peserta Didik Kelas XI Sma Negeri 1 Godong Grobogan Tahun Pelajaran 2019/2020. Dwijaloka Volume 1, Nomor. 1.

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Syamsudin A.R, M.S dan Damaianti, Vismai. 2006. Metode penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Yumnah, Siti. dkk. 2019. Outdoor Learning Belajar di Luar kelas. Malang: Literasi Nusantara.




DOI: https://doi.org/10.37905/jbsb.v11i2.10089

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Dipublikasikan oleh:

p-ISSN: 2088-6020 dan e-ISSN: 2776-5733

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,  Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo, Jl. Prof. Dr. Ing. B.J. Habibie, Desa Moutong, Kec. Tilongkabila, Kab. Bone Bolango Telepon (0435) 821125  Fax. (0435) 821752, email: jurnalbdb@gmail.com | http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JBSP/

 

 

Indexed by: