EMANSIPASI WANITA DALAM NOVEL AKU LUPA BAHWA AKU PEREMPUAN KARYA IHSAN ABDUL QUDDUS

Lily Alvionita Maksum, Sance A. Lamusu, Herman Didipu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan emansipasi wanita bidang pendidikan, mendeskripsikan emansipasi wanita bidang politik, mendeskripsikan emansipasi wanita bidang keluarga dan mendeskripsikan emansipasi wanita bidang pekerjaan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori feminisme sastra. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah, kata-kata, kalimat, dan paragraf yang mengungkapkan adanya emansipasi wanita berupa emansipasi dalam bidang pendidikan, emansipasi bidang politik, emansipasi bidang keluarga dan emansipasi bidang pekerjaan. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Aku Lupa Bahwa Aku Perempuan karya Ihsan Abdul Quddus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik baca dan teknik catat. Teknik analisis data yang dilakukan meliputi; mengidentifikasi, mengklasifikasikan, menganalisis, mendeskripsikan, menginterpretasi, menyimpulkan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa yang pertama, emansipasi wanita bidang pendidikan dalam novel Aku Lupa Bahwa Aku Perempuan adalah mengutamakan pendidikan dari pada menikah, melawan dominasi pria demi pendidikan; yang kedua, emansipasi bidang politik yang terwujud dalam tindakan yaitu menjadi pemimpin wanita, menomorsatukan politik, melakukan perlawanan demi karir politik; yang ketiga, emansipasi wanita bidang keluarga terwujud dalam bentuk tidak membatasi peran wanita, tidak membatasi peran wanita dengan menjadi ibu, melakukan perlawanan demi karir di ruang publik; yang keempat, emansipasi bidang pekerjaan terwujud dalam bentuk mengesampingkan peran wanita demi pekerjaan, mengesampingkan kepentingan pribadi demi pekerjaan, memperjuangan hak wanita demi pekerjaan.


Keywords


Emansipasi, novel Aku Lupa Bahwa Aku Perempuan, feminisme

Full Text:

PDF

References


Endraswara, Suwardi. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Media Pressindo. 2008.

Fakih, Mansour. Analisis Gender dan Transformasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2013.

Hapma, Hamdi. “Emansipasi Wanita di Era Globalisasi dalam Perspektif Hukum Islan”. Volume 8, No.2 (Juli, 2016).

Maleong Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2001.

Semi, M. Atar. Anatomi Sastra. Padang: Angkasa Raya. 1988.

Siregar, Eliana. “Pemikiran Qasim Amin Tentang Emansipasi Wanita”. Vol. VI No.2 (2016).

Sofia, Adib. Aplikasi Kritik Sastra Feminis: perempuan dalam karya-karya Kuntowijoyo. Yogyakarta: Citra Pustaka Yogyakarta. 2009.

Suguhastuti. Teori dan Apresiasi Sastra. Yogyakarya: Pustaka Pelajar. 2002.




DOI: https://doi.org/10.37905/jbsb.v11i2.10100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Dipublikasikan oleh:

p-ISSN: 2088-6020 dan e-ISSN: 2776-5733

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,  Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo, Jl. Prof. Dr. Ing. B.J. Habibie, Desa Moutong, Kec. Tilongkabila, Kab. Bone Bolango Telepon (0435) 821125  Fax. (0435) 821752, email: jurnalbdb@gmail.com | http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JBSP/

 

 

Indexed by: