MORALITAS TOKOH UTAMA DALAM NOVEL CALABAI: PEREMPUAN DALAM TUBUH LELAKI KARYA PEPI AL-BAYQUNIE

Lady Yunita Djei, Sayama Malabar, Sitti Rachmi Masie

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bentuk moralitas tokoh utama ditinjau dari prinsip sikap baik, prinsip keadilan, prinsip hormat terhadap diri sendiri dalam novel  Calabai: Perempuan dalam Tubuh Lelaki Karya Pepi Al-Bayqunie. Teori yang melandasi penelitian ini yaitu teori moral yang dikemukakan oleh Frans Magniz Suseno. Data dalam penelitian terdiri atas bentuk moralitas ditinjau dari prinsip sikap baik, prinsip keadilan, dan prinsip hormat terhadap diri sendiri. Sumber datanya diperoleh dari kutipan-kutipan cerita tokoh utama dalam novel tersebut. Data-data tersebut dikumpulkan dengan menggunakan teknik dokumentasi, teknik baca, dan teknik catat. Data-data yang terkumpul dianalisis dengan cara mengidentifikasi, mengklasifikasikan, menganalisis, dan menginterpretasi bentuk-bentuk moralitas, serta menyimpulkan hasil penelitian. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa (1) bentuk-bentuk moralitas tokoh utama ditinjau dari prinsip sikap baik ditampilkan dalam bentuk kejujuran, nilai-nilai otentik, kesediaan bertanggungjawab, kemandirian moral, keberanian moral, kerendahan hati, realistik, dan kritis; (2) bentuk-bentuk moralitas tokoh utama ditinjau dari prinsip keadilan ditampilkan dalam bentuk adil dalam bersikap, dan adil dalam mengambil keputusan; dan (3) bentuk-bentuk moralitas tokoh utama ditinjau dari prinsip hormat terhadap diri sendiri ditampilkan dalam bentuk kesadaran, dan hormat terhadap diri sendiri dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa moralitas tokoh utama dalam novel  Calabai: Perempuan dalam Tubuh Lelaki Karya Pepi Al-Bayqunie terdiri atas tiga bentuk prinsip.

Keywords


moralitas, tokoh utama, novel.

Full Text:

PDF

References


Didipu, H. (2018). Dasar-Dasar Apresiasi, Kajian, dan Pembelajaran Prosa Fiksi. Gorontalo: CV. Athra Samudra .

Firwan, M. (2017). Nilai Moral dalam Novel Sang Pencerah Karya Akmal Nasrey Basral. Jurnal Bahasa dan Sastra, 2(2):49-60.

Madina, L. O. (2018). Analisis Penokohan Pada Novel “Tentang Kamu” Karya Tere Liye. Jurnal Soscied, 1(1):35-45.

Massie, S. R. (2016). Eksistensialisme Tokoh Dalam Novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck Karya Hamka dan Bumi Cinta Karya Habiburrahman Elshirazy (Sebuah Refleksi Menghadapi Era Disrupsi). Manajemen Perubahan Era Disruption (hal. 59). Gorontalo: ideas Publishing.

Nurgiyantoro, B. (1998). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Suseno, F. M. (1987). Etika Dasar Masalah-Masalah Pokok Filsafat Moral. Yokyakarta: PT. Kanisius .

Wicaksono, A. (2017). Pengkajian Prosa Fiksi. Yogyakarta: Garudhawaca.




DOI: https://doi.org/10.37905/jbsb.v11i1.10102

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Dipublikasikan oleh:

p-ISSN: 2088-6020 dan e-ISSN: 2776-5733

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,  Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo, Jl. Prof. Dr. Ing. B.J. Habibie, Desa Moutong, Kec. Tilongkabila, Kab. Bone Bolango Telepon (0435) 821125  Fax. (0435) 821752, email: jurnalbdb@gmail.com | http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JBSP/

 

 

Indexed by: