Pesan Keluarga Sakinah dalam Teks Puisi Lisan Palebohu (Suatu Penelitian Berdasarkan Kajian Hermeneutika)

Nurfaizah Abdullah, Herman Didipu, Jafar Lantowa

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kandungan pesan keluarga sakinah dalam teks puisi lisan palebohu. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif analisis. Data dari penelitian ini bersumber dari teks palebohu yang telah didokumentasikan dalam buku, diantaranya: Buku II Tata Cara Adat Perkawinan (Pada Masyarakat Adat Suku Gorontalo), cetakan pertama tahun 2003, yang disusun oleh Hi. Medi Botutihe dan Farha Daulima, dan buku lainnya yang terdapat puisi lisan palebohu. Teknik pengumpulan data yaitu studi dokumentasi, baca dan catat. Teknik analisis data mencakup tiga hal, yaitu: Pertama, mendudukkan teks sebagai sebuah struktur. Kedua, menganalisis teks. Ketiga, memperlakukan teks dalam unsur-unsur. Hasil penelitian menunjukkan terdapat tujuh karakteristik: pertama, kuatnya hubungan dengan Allah, hal ini dapat dicapai dengan dua hal, yaitu; a) beribadah kepada Allah (Hablun minallah) dan b) memelihara hubungan sesama manusia (Hablun minannas). Kedua, kasih sayang, yang dalam palebohu digambarkan dalam dua bentuk, yaitu; a) Kasih sayang dalam gambaran secara langsung, dan b) kasih sayang melalui perbuatan. Ketiga, saling terbuka, santun dan bijak. Dalam palebohu hal ini dapat dicapai dengan; a) sikap saling terbuka, dan b) bersikap santun dan bijak. Keempat, komunikasi dan musyawarah. Kelima, toleran dan pemaaf. Keenam, adil dan persamaan. Sikap adil dan persamaan dalam palebohu dapat dicapai dengan; a) teguh pendirian. Ketujuh, sabar dan syukur, yang oleh peneliti ditemukan dalam palebohu yaitu; a) rasa sabar, dan b) rasa syukur.


Keywords


pesan, keluarga sakinah, palebohu, hermeneutika.

Full Text:

PDF

References


Baruadi, Moh. Karmin. 2014. Sastra Lisan Gorontalo Bagian Dari Tradisi Lisan Universal. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajaran. Vol. 4 No. 1.

Basri, Hasan. 1995. Keluarga Sakinah: Tinjauan Psikologi dan Agama. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Chadijah, Siti. 2018. Karakteristik Keluarga Sakinah dalam Islam. Jurnal Rausyan Fikr. Vol. 14, No. 1.

Didipu, Herman. 2013. Sastra Daerah (Konsep Dasar dan Ancangan Penelitiannya). Yogyakarta: Deepublish.

Grondin, Jean. 2017. Sejarah Hermeneutik (Dari Plato Sampai Gademer). Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Hutomo, S.S. 1991. Mutiara yang Terlupakan: Pengantar Studi Sastra Lisan. Surabaya: HISKI Komisariat Jawa Timur.

Tuloli, Nani. 1995. Khazanah Sastra Lisan. Gorontalo: STKIP Gorontalo.




DOI: https://doi.org/10.37905/jbsb.v11i2.10113

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Dipublikasikan oleh:

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,  Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo, Jl. Prof. Dr. Ing. B.J. Habibie, Desa Moutong, Kec. Tilongkabila, Kab. Bone Bolango Telepon (0435) 821125  Fax. (0435) 821752, email: jurnalbdb@gmail.com | http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JBSP/

 

 

Indexed by: