SUMBANGAN ANALISIS WACANA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA

Fatmah AR Umar

Abstract


Pembelajaran bahasa dan sastra selain ditujukan untuk mengembangkan kemampuan berbahasa dalam berbagai aspek serta kemampuan mengapresiasi sastra dalam berbagai bentuknya juga diorientasikan pada pengembangan daya keberwacanaan dalam bidang sosial budaya maupun dalam konteks perubahan ideologi. Pembelajaran bahasa Indonesia selain menjadi wahana penciptaan bentuk hubungan sosial juga menjadi sumber pengetahuan dan pemahaman. Pembelajaran bahasa Indonesia dan sastra bukan hanya dapat dijadikan medan pengembangan kemampuan menyimak, wicara, membaca, dan menulis, tetapi juga dapat dijadikan wahana pemberwacanaan bidang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, maupun dalam kehidupan sosial masyarakat pada umumnya.

Keywords


Analisis Wacana, pembelajaran bahasa dan sastra

Full Text:

PDF

References


Barker, Chris. 2000. Cultural Studies:Teori dan Praktek. Diterjemahkan oleh Nurhadi. 2006. Yogyakarta: Kreasi Wacana

Brown, Gillian dan Yule, George. 1993. Analisis Wacana. Terjemahan oleh I. Sutikno. 1996. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Butler, Cristoher S. 2003. Struktur and Function: A Guide to Three Major Structural-Functional Theoris. Amsterdam: John Binjamins Publishing

Chaer, Abdul. 2003. Psikolingistik: Kajian Teoretik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Coulthard, Malcolm. 1979. An Introduction to Discourse Analysis. London: Longman.

Darma, Yoce Aliah. 2009. Analisis Wacana Kritis. Bandung: Yrama Widya

Djajasudarma, T. Fatimah. 2006. Wacana: Pemahaman dan Hubungan Antarunsur. Bandung: Refika Aditama

Foucault, Michel. 1971. Kritik Wacana Bahasa, terjemahan Inyiak Ridwan Muzr 2003.Yogyakarta: IRCiSoD.

Foucault, Michel. 1972. Arkeologi Pengetahuan, terjemahan Moetchar Zoerni 2002. Ygyakarta: Qalam.

Jorgensen, Marianne dan Philips, Louise J. tanpa tahun. Analisis Wacana: Teori dan Metode. Diterjemahan oleh Abdul Syukur Ibrahim (Ed.) 2007. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

M.K.Halliday- Ruqaiyah Hasan. 1985. Bahasa, Konteks, dan Teks: Aspek-aspek Bahasa dalam Pandangan Semiotik Sosial. Diterjehkan oleh Asrudin Barori Tou. 1992. Yogyakarta: Gajah Mada University Press

Pradotokusumo, Sarjono Partini. 2005. Pengkajian Sastra. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Ratna, Nyoman Kutha. 2009. Stilistika Kajian Puitika Bahasa, Sastra, dan Budaya. Yogyakarta:Pustaka Pelajar

Ricoeur, Paul. Tanpa tahun. Filsafat Wacana: Membelah Makna dalam Anatomi Bahasa. Terjemahan oleh Damanhuri Muhamad (Peny). 2002. Yogyakarta: IRCiasOd

Ricoeur, Paul. 1981. Heremenutika Ilmu sosial. Terjemahan oleh Muhamad Syukri. 2006. Yogyakarta: Kreasi Wacana

Roekhan. 2002. “Permainan Maksim Tutur dalam Sastra dan Nilai fungsionalnya” dalam jurnal Bahasa dan Seni Tahun 29, Edisi khusus, hlm 358-377.

Satoto, Soediro dan Fananie Zainuddin. 2000. Sastra: Idiologi, Politik, dan Kekuasaan. Surakarta: Muhammadiyah University Press

Schiffrin, Deborah. 1994. Ancangan Kajian Wacana . Diterjemahkan oleh Abdul Syukur Ibrahim (Ed.). 2007. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Schiffrin, Deborah. 1994. Approach to Discourse. Cambridge: Blackwell Publishers.

Titscher, Stefan dan Michael Mayer, Ruth Wodak, serta Eva Vetter. 2000. Metode Analisis Teks & Wacana. Diterjemahkan oleh Abdul Syukur Ibrahim (Ed.). 2009. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

van Dijk, Teun Adrianus. 1981b. Discourse Studies and Education, (Online, (htt:/www.danepraire.com, diakses 17 Agustus 2009).

van Dijk, Teun Adrianus. 1985 vol.2. Handbook of Discourse Analysis, Dimnesion of Discourse. New York: Academic Press

van Dijk, Teun Adrianus.1986. Text and Context: Explanation in the Semantics and Pragmatics of Discourse. New York: Longman

van Dijk, Teun Adrianus. 1990. Social Cognitif and Discourse, (Online), (http://www.daneprairie.com, diakses 17 Agustus 2009).

van Dijk, Teun Adrianus. 1993. Principle of Critical Discourse Analysis (Online). http:www.discourses.org. Diakses 16 Agustus 2009

van Dijk, Teun Adrianus. 2001. Discorse, Idiologi, and Context, (Online), (http://www.daneprairie.com, diakses 11 Juli 2009).

van Dijk, Teun Adrainus. 2004. From Text Grammar To Critical Discourse Analysis A Brief Acadenic Autobiography. Barcelona:Universitas Pompeu Fabra, (Online), (http://www.discoursees.org, diakses 28 Juli 2009).

van Dijk, Teun Adrianus. 2006. Critical Discourse Analysis, (Online), (http:www.discourses.org, diakses 18 Maret 2008).

Wahab, Abdul. 1998. Isu Linguistik: Pengajaran Bahasa dan Sastra. Surabaya: Airlangga University Press.

Yule, George. 1985. The Study of Languange. Cambridge: Cambridge University Press.




DOI: https://doi.org/10.37905/jbsb.v1i1.10178

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Dipublikasikan oleh:

p-ISSN: 2088-6020 dan e-ISSN: 2776-5733

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,  Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo, Jl. Prof. Dr. Ing. B.J. Habibie, Desa Moutong, Kec. Tilongkabila, Kab. Bone Bolango Telepon (0435) 821125  Fax. (0435) 821752, email: jurnalbdb@gmail.com | http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JBSP/

 

 

Indexed by: