Nilai Personal dan Nilai Pendidikan dalam Legenda Kampung Payol oleh Samsuni

Martina Musadi, Fatmah AR. Umar, Zilfa Ahmad Bagtayan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai personal dan nilai pendidikan dalam legenda Kampung Payol oleh Samsuni. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik studi pustaka, teknik baca dan teknik catat. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah kutipan-kutipan yang menggambarkan nilai personal dan nilai pendidikan dalam legenda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai personal dan nilai pendidikan yang terdapat dalam legenda dapat menghasilkan pribadi yang mampu bekerjasama, empati, dapat berpikir kritis, kemampuan berimajinasi, kepercayaan adanya Tuhan, memiliki nilai hedonik, nilai artistik, nilai kultural, nilai etis dan nilai praktis.


Keywords


Nilai personal, nilai pendidikan, legenda

Full Text:

PDF

References


Hadiyatno, (2016). Menyola Kehadiran Keindahan dan Seni. Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni. Vol.1, No.2.

Nurgiyantoro, Burhan. (2016). Sastra Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Panglipur, T. (2017). Peningkatan kemampuan pemahaman matematis dan sefefficacy siswa melalui penerapan discovery based learning. Tesis.Sekolah Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Rustanti, L. P., Indiatmoko, Bambang. (2017). Ajaran dan Pemikiran Sunan Kalijaga pada Legenda Penamaan Desa di Masyarakat Demak. SELOKA, 6(3), 265-272

Sarumpaet, Riris K. Toha. (2010). Pedoman penelitian sastra anak. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Wiguna, M. Z., & Alimin, A. A. (2018). Analisis nilai-nilai moral dalam cerita rakyat Kalimantan Barat. Jurnal Pendidikan Bahasa, Volume 7, Nomor 1 (Hlm.143-158).

Winarni, Retno. (2014). Kajian Sastra Anak.Yogyakarta: Graha Mulia.




DOI: https://doi.org/10.37905/jbsb.v13i3.10365

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Dipublikasikan oleh:

p-ISSN: 2088-6020 dan e-ISSN: 2776-5733

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,  Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo, Jl. Prof. Dr. Ing. B.J. Habibie, Desa Moutong, Kec. Tilongkabila, Kab. Bone Bolango Telepon (0435) 821125  Fax. (0435) 821752, email: jurnalbdb@gmail.com | http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JBSP/

 

 

Indexed by: