Pembelajaran Menulis Puisi Bebas dengan Pemodelan pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Kota Gorontalo Tahun Pelajaran 2020/ 2021

Muhammad Zaki Lazuardi, Supriyadi Supriyadi, Sitti Rachmi Masie

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kendala yang dialami siswa pada proses pembelajaran dalam menulis sebuah puisi bebas. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan sebuah perancangan pembelajaran tentang menulis puisi bebas dengan menggunakan metode pemodelan, kemudian pelaksanakan pembelajaran menulis puisi bebas dengan menggunakan pemodelan, lalu mencari sebuah kendala-kendala apa saja yang dialami saat pembelajaran menulis puisi bebas, selanjutnya mendapatkan solusi dan kendala yang dialami oleh sisiwa dalam menulis puisi bebas dengan menggunakan pemodelan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik wawancara, observasi, dan dokmentasi Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dan siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Kota Gorontalo, sedangkan objek penelitian ini adalah pembelajaran menulis puisi bebas kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Kota Gorontalo yang mencakup proses, metode, rpp,bahan ajar,media pembelajaran,dan evaluasi pembelajaran menulis puisi.. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Perencanaan pembelajaran telah dilakukan secara matang yang tertuang dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). (2) Pelaksanaan pembelajaran telah dilaksanakan sesuai perencanaan yang telah disusun secara matang dan terperinci dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran melalui tahapan kegiatan awal, inti dan akhir. (3) Kendala-kendala yang dialami dalam proses pelaksanaan pembelajaran terdiri dari (a1) Guru, (b) Siswa, (c) Orang Tua, (d) Fasilitas Penunjang, dan (e) Waktu. (4) Solusi terhadap hambatan, antara lain (a) Guru melakukan browsing internet untuk menambah referensi model puisi bebas, (b) Guru mencari informasi terbaru dari internet, majalah, koran dan lain-lain sebagai bahan variasi dalam pembelajaran, (c) Guru memanfaatkan WhatsApp Group orang tua untuk berkomunikasi dengan orang tua, (d) Sekolah melakukan himbauan kepada orang tua untuk memfasilitasi anak dalam pembelajaran, (e) Sekolah memfasilitasi kuota internet.

Keywords


pembelajaran, pemodelan, dan menuis puisi bebas

Full Text:

PDF

References


Aminuddin. (2011). Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Ananta, M.E. (2014). Problematika Pembelajaran Kontekstual Mata Pelajaran Bandung: PT Refika Aditama. Jakarta: Kencana.

Jaya, F. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Medan: Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Sumatera Utara.

Komalasari, K. (2010). Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.

Kristiyani, A. (2010). Pembelajaran Menulis Berbasis Pendekatan Kontekstual. staffnew.uny.ac.id, 1-19.

Moleong, Lexy J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nuryatin, A. (2010). Mengabadikan Pengalaman dalam Cerpen. Rembang: PKn. jurnal-online.um.ac.id. Yayasan Adhigama.

Rosyid, A. (2011). “Pengertian Puisi dan Unsur-unsur Puisi”. [tersedia]. http// blog. Hobiku menulis.com. [9 Mei 2020 jam 20.45 WIB].

Sanjaya, W. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Pendidikan.staffnew.uny.ac.id, 1-19.

Sutarno, S. (2018). Pembelajaran Menulis Puisi Bebas Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Siswa SMP. Stilistika: Kajian Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 4(2), 125-130.

Suwadi, S. (2018). Pembelajaran Menulis Eksposisi Dengan Metode Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Siswa Kelas VIII. Stilistika: Kajian Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 4(1), 95-102.

Taoziri, A. (2013). Penggunaan Teknik Akrostik Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Bebas Pada Siswa Kelas VIII C SMP Pasundan 4 Bandung Tahun Ajaran 2012/2013. Bahtera Bahasa: Antologi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 1-13.

Widayati, M. (2014). “Language of Poetry Balada Orang-Orang Tercinta, Empat Kumpulan Sajak, Blues untuk Bonnie, and Sajak-Sajak Sepatu Tua Written by W. S. Rendra”. Macrothink Institute, International Journal of Linguisitics, 6(3).




DOI: https://doi.org/10.37905/jbsb.v10i2.11075

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Dipublikasikan oleh:

p-ISSN: 2088-6020 dan e-ISSN: 2776-5733

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,  Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo, Jl. Prof. Dr. Ing. B.J. Habibie, Desa Moutong, Kec. Tilongkabila, Kab. Bone Bolango Telepon (0435) 821125  Fax. (0435) 821752, email: jurnalbdb@gmail.com | http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JBSP/

 

 

Indexed by: