Analisis Kesalahan Berbahasa Bidang Morfologi pada Opini Terbuka Suaramerdeka.com

Akhmad Mukhibun, Faruqi Anindita Zuhri, Divany Nurcholifah Ekasaputri Bami, Chafit Ulya

Abstract


Penelitian ini dibuat untuk mengetahui kesalahan berbahasa bidang morfologi di media massa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kesalahan berbahasa bidang morfologi dalam teks opini terbuka Suaramerdeka.com, (2) memberikan perbaikan atas kesalahan berbahasa dalam opini terbuka Suaramerdeka.com dari segi morfologi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan sumber data teks opini terbuka dalam laman berita Suaramerdeka.com. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak dan catat. Teknik simak dilakukan untuk memperoleh data dengan menyimak penggunaan suatu bahasa dan teknik catat dilakukan untuk mencatat suatu kata atau kalimat untuk dianalisis. Penelitian ini sangat penting dilakukan sebab bermanfaat untuk evaluasi dan refleksi penggunaan bahasa Indonesia dalam ranah media massa. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat 35 kesalahan berbahasa bidang morfologi pada opini terbuka Suaramerdeka.com. Bentuk kesalahan yang ditemukan yakni penggunaan kata tidak baku sebanyak 24 kesalahan, kesalahan afiksasi sebanyak 10 kesalahan, kesalahan reduplikasi sebanyak 1 kesalahan, dan kesalahan pemajemukan sebanyak 0 kesalahan. Simpulan penelitian ini yakni masih ditemukan kesalahan berbahasa bidang morfologi. Kesalahan paling banyak yakni pada penggunaan kata tidak baku. Perbaikan pada kesalahan berbahasa bidang morfologi diperbaiki dengan pedoman PUEBI, KBBI, dan Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia.


Keywords


Kesalahan berbahasa; Kesalahan bidang morfologi; Opini terbuka

References


Alfin, Jauharoti. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: LKiS.

Alwi, Hasan., Dardjowidjojo, Soenjono., Lapoliwa, Hans., & Moeliono, Anton M. (2010). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Chaer, Abdul. (2008). Morfologi Bahasa Indonesia: Pendekatan Proses. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. (2014). Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta

Hariyani, E. (2013). Analisis Kesalahan Berbahasa Bidang Morfologi pada Surat Kabar Harian Jateng Pos Edisi Januari 2013 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Miles, M.B & Huberman A.M. (1984). Analisis Data Kualitatif Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi (1992). Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Nababan, Diana. (2008). Intisari Bahasa Indonesia Untuk SMA. Jakarta: Kawan Pustaka.

Nisa, K. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Berita Dalam Media Surat Kabar Sinar Indonesia Baru. Jurnal Bindo Sastra, 2(2), 218-224.

Peraturan Presiden Nomor 63 Tahun 2019 Tentang Penggunaan Bahasa Indonesia

Ramlan, M. (2009). Morfologi Suatu Tinjauan Deskriptif. Yogyakarta: CV Karyono

Sari, S. W., Qoryah, A. N., & Aprilia, O. Y. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa Bidang Morfologi pada Portal Radar Solo Tema Covid-19. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 82-92.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriani, & Siregar. (2016). Penelitian Analisis Kesalahan Berbahasa. Jurnal Edukasi Kultura, 67-78.

Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan

Tarigan, Djago & Tarigan, H. G. (1988). Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. (1997). Pengajaran Analisis Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Verhaar, J. W. M. (2012). Asas-Asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.




DOI: https://doi.org/10.37905/jbsb.v12i1.12439

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Dipublikasikan oleh:

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,  Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo, Jl. Prof. Dr. Ing. B.J. Habibie, Desa Moutong, Kec. Tilongkabila, Kab. Bone Bolango Telepon (0435) 821125  Fax. (0435) 821752, email: jurnalbdb@gmail.com | http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JBSP/

 

 

Indexed by: