PEMANFAATAN MEDIA DIGITAL PADA PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI
Abstract
Karena adanya pandemic Covid-19 yang menyebar keseluruh wilayah Indonesia, maka pembelajaran yang semula dilakukan di sekolah kini digantikan dengan sistem online di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat teknologi pembelajaran online pada masa pandemi. Pemanfaatan media digital sebagai salah satu alternatif harus dilakukan oleh tiap satuan pendidikan untuk mempermudah dalam penyampaian materi pembelajaran dari guru kepada peserta didik. Terdapat banyak media digital atau platform digital yang dapat dimanfaatkan oleh satuan pendidikan dalam melaksanakan pembelajaran daring di Indonesia menggunakan platform google classroom, YouTube, WAG, Zoom, serta Googlemeet. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif yang mendeskripsikan serta menunjukkan bahwa teknologi ataupun media di gital memiliki banyak sekali peran dan manfaat dalam dunia pendidikan terlebih saat pembelajaran jarak jauh di tengah pandemi Covid-19 ini. Dengan metode yang di lakukan dalam penulisan artikel ini yaitu saya menggunakan metode studi pustaka dan literature.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aprilia Dewi Astuti, D. P. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Belajar Dengan Sistem Daring Ditengah Pandemi Covid-19. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.
Argubi, A. H. 2020. Transformasi Pendidikan Di Tengah Pandemi Covid-19 dan Revolusi Industri 4.0. (Online). Diakses pada tanggal 29 Oktober 2020 melalui https://kahaba.net/opini/76985 /transformasi-pendidikan-ditengah-pandemi-Covid-19- dan-revolusi-industri-4-0.html,
Ceraolo C, Giorgi FM. (2020). Genomic variance of the 2019‐n CoV coronavirus. Journal Med Virol, 9(2), 522– 8.
Hanum, N. S. (2013). Keefektifan Elearning Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Vokasi, 92.
Hasanah, dkk. 2020. Analisis Aktivitas Belajar Daring Mahasiswa Pada Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan, 1(1).
Munir. (2009). Pembelajaran Jarak jauh berbasis teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.
Sugiono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Yaumi, Muhammad. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.
DOI: https://doi.org/10.37905/jbsb.v11i2.14038
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Dipublikasikan oleh:
p-ISSN: 2088-6020 dan e-ISSN: 2776-5733 Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo, Jl. Prof. Dr. Ing. B.J. Habibie, Desa Moutong, Kec. Tilongkabila, Kab. Bone Bolango Telepon (0435) 821125 Fax. (0435) 821752, email: jurnalbdb@gmail.com | http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JBSP/ |
Indexed by: