Hegemoni Kekuasaan Kamandaka dalam Menaklukkan Pasir Luhur

Widya Putri Ryolita, Octaria Putri Nurharyani

Abstract


Penelitian mengenai Hegemoni Kekuasaan Kamandaka dalam Menakhlukan Pasir Luhur merupakan salah satu penelitian yang mengangkat bentuk praktek kekuasaan untuk mempengaruhi seseorang agar penguasa tersebut senantiasa menjadi subjek. Dengan metode deskriptif dengan fokus hegemoni kekuasaan, penelitian ini bertujuan membongkar bagaimana strategi Kamandaka dalam menakhlukan Pasir Luhur sehingga Kamandaka menjadi penguasa tanpa ada permusuhan dengan penguasa Pasir Luhur. Hasil yang diperoleh, Kamandaka berhasil menakhlukan Pasir Lihur dan menjadi adipati menggantikan Kandhadaha. Strategi yang dilakukan yaitu dengan menakhlukan Ciptarasa, merebut hatinya dan menikahinya. Strategi ini berhasil karena Kamandaka sebelumnya sudah mengetahui silsilah Pasir Luhur. Adipati Kandhadaha hanya memiliki 24 putri dan sudah menikah semua dengan raja dari kerajaan lain. Tersisa Ciptarasa yang baru mau akan dilamar oleh Pulebahas. Kesempatan ini tidak disia-siakan oleh Kamandaka. Akhirnya dia mencoba masuk ke Pasir Luhur dan berhasil menahlukan Ciptarasa dan menggantikan Kandhadaha sebagai Adipati selanjutnya..

Kata-kata kunci : Legenda Kamandaka; Hegemoni; Kekuasaan

Keywords


Legenda Kamandaka; Hegemoni; Kekuasaan

Full Text:

PDF

References


Gramsci, Antonio. 2013. Prison Notebook (Catatan-Catatan Dari Penjara). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Knebel, J. 1900. “Babad Pasir, Volgenseen Banjoemaasch Handscrift, met Vertalingen,” Verhandelingen van het Koninklijk Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen, deel LI: 1-155.

Priyadi, Sugeng. 2008. Biografi Raden Kamandaka dan Sejarah Banyumas. Yogyakarta: Kaliwangi.

Hidayat, Rahman. 2006.” Bahasa dan Hegemoni Kekuasaan”. Jurnal Vol 12 No.1

Ratnayah, Wa Ode Siti dkk.2022. “Karakter Tokoh Dalam Novel Lelaki di Tengah Hujan Karya Wenri Wahar”. Jurnal BASTRA.Vol.7.No.3.

Ryolita, Widya Putri dkk. 2021. Kumpulan Naskah Nusantara. Makasar:Barcode.

Ryolita, Widya Putri. 2018. “Variasi Legenda Kamandaka Berdasarkan Transmisi Masyarakat Pendukung”. Haluan Sastra UNS. Vol 2: 239.

Santoso, Puji. 2015. Metodologi Penelitian Sastra: Paradigma, Proposal, Pelaporan, dan Penerapan. Yogyakarta: Azzagrafika.

Widya Putri Ryolita dan Octaria Putri. 2019. “Transformasi Sendratari Legenda Kamandaka dalam Upaya Melestarikan Kebudayaan Banyumas”.Jurnal Bahasa, dan Seni UM Malang. Vol 47. No.2.




DOI: https://doi.org/10.37905/jbsb.v12i3.15744

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Dipublikasikan oleh:

p-ISSN: 2088-6020 dan e-ISSN: 2776-5733

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,  Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo, Jl. Prof. Dr. Ing. B.J. Habibie, Desa Moutong, Kec. Tilongkabila, Kab. Bone Bolango Telepon (0435) 821125  Fax. (0435) 821752, email: jurnalbdb@gmail.com | http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JBSP/

 

 

Indexed by: