BENTUK PENYAJIAN TARI MODUAI PADA PROSESI ADAT PENYAMBUTAN TAMU MASYARAKAT TOLITOLI DI KECAMATAN BAOLAN KABUPATEN TOLITOLI

Nurlia lia Djafar, sri astuti lasampo

Abstract


Moduai merupakan tarian penyambutan tamu yang berada pada urutan ke tiga dalam prosesi adat penyambutan tamu masyarakat Tolitoli. Moduai di Tampilkan pada saat penyambutan tamu-tamu kerajaan atau tamu kebesaran seperti bupati, dan pemangku adat yang datang berkunjung ke Tolitoli.

Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan Bentuk Penyajian tari Moduai yang berada di Kecamatan Baolan Kabupaten Tolitoli, karena tari Moduai sendiri sudah mengalami beberapa kali perubahan selama masa ke masa. Tarian Moduai saat ini adalah hasil pengembangan dari bapak Kiswan Ponulele yang merupakan seniman Tolitoli.

Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, Tehnik pengumpulan data diawali dengan observasi terlebih dahulu, kemudian melakukan wawancara dan mengamati secara langsung bentuk penyajian tari Moduai kemudian di dokumentasikan dalam bentuk foto dan video.

Dari hasil analisis tari Moduai di tarikan oleh 3 atau 5 orang penari putri yang memakai pakaian adat Tolitoli, memiliki 5 motif gerakdan 11 pola lantai dan di iringi oleh alat musik Gulintang, Gagandang dan Gong. Yang menjadi keunikan dari tari Moduai yakni berkaitan langsung dengan legenda asal muasal nama Kabupaten Tolitoli, sehingga tari Moduai di patenkan menjadi tari khas Tolitoli.

Keywords


Bentuk Penyajian, Moduai, Tolitoli

References


Aina, Janurul Dkk, (2017) Bentuk Penyajian Tari Linggang Meugantoe Di Sanggar Rampoe Banda Aceh. Volume 2 (2017) :162-163.

Hadi, Prof. Dr Y. Sumandiyo. 2007. Sosiologi Tari : Sebuah Pengenalan Awal. Yogyakarta. Kelompok Penerbit PINUS.

Hadi, Prof. Dr Y. Sumandiyo.. 2007. KAJIAN TARI: TEKS DAN KONTEKS. Yogyakarta. Pustaka Book Publisher.

Ilhamzyah, Nurnaningsih, (2020) Adat Mattampung di Desa Lebbae Kecamatan Ajangale Kabupaten Bone (Perspektif Hukum Islam). Volume 1 (2020) : 436

Ratna, Prof. Dr. Nyoman Kutha, SU. 2010. Metodologi Penelitian : Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora Pada Umumnya.Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Sediyawati, DR. Edi Dkk, 1986. Pengetahuan Elementer Tari Dan Beberapa Masalah Tari. Jakarta : Direktorat Kesenian Proyak Pengembangan Kesenian Jakarta Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.

Smith, Jacqueline. 1985. Komposisi Tari Sebuah Petunjuk Praktis Bagi Guru. Terjemahan Ben Suharto, S.S.T. Yogyakarta. Ikalasti Yogyakarta

Supriyono, 2011. Pengetahuan Komposisi Tari. Malang : Banyumedia Publishing




DOI: https://doi.org/10.37905/jbsb.v12i2.16334

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Dipublikasikan oleh:

p-ISSN: 2088-6020 dan e-ISSN: 2776-5733

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,  Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo, Jl. Prof. Dr. Ing. B.J. Habibie, Desa Moutong, Kec. Tilongkabila, Kab. Bone Bolango Telepon (0435) 821125  Fax. (0435) 821752, email: jurnalbdb@gmail.com | http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JBSP/

 

 

Indexed by: